⏳ *APAKAH HUKUM BERSIWAK SUNNAH SECARA MUTLAK UNTUK SETIAP KALI SHALAT ATAU TIDAK?.*
Ada 3 pendapat dalam masalah ini :
1️⃣. Pendapat pertama:
Disunnahkan ketika ada hajat. Maka tidak disunnahkan lagi jika ia bersiwak untuk shalat fardhu (wajib), kemudian dia bersiwak lagi untuk shalat sunnah setelahnya, dan jika dia bersiwak untuk wudhu maka tidak disunnahkan bersiwak lagi untuk shalat setelahnya.
Dan ini adalah madzhab malikiyyah dan pendapat ini yang dipilih oleh Abu Syaamah Al_Maq'dasi Asy_syafi'i.
📚 Lihat syarh sunan Abi Dawud karya Al_'Aini 1/175, At_tamhid 7/200, Ik'mal al_Mu'lim 2/56, Al_Mughni 1/78, At_tabashshur 1/15, Asy_syarh ash_shagir 1/88, Asy_syarh Al_kabir 1/102
🖋️ Berkata Abu Syamah Al_Maqdasi rahimahullah :
اذا استاك للفريضة كفاه لما يصليه بعدها من النوافل تبعاً لها وكذا إذا توضأ لفريضة واستاك في وضوئه وصلى عقب الوضوء بحيث لم يتخلل زمان يتغير فيه الفم لا يحتاج إلى إعادة السواك عند الدخول في الصلاة... فلا يستحب تجديد السواك. كراهة ما يفعله عوام النساك من استصحابهم السواك إلى المساجد واستعمالهم فيها عند افتتاحهم لكل صلاة من فرض ونفل وبعد كل ركعتين.
"Jika ia bersiwak untuk shalat fardhu maka itu mencukupinya terhadap shalat setelahnya dari shalat sunnah, karena diikutkan pada shalat fardhu, dan demikian pula jika dia berwudhu untuk shalat fardhu dan dia bersiwak pada saat berwudhu, kemudian langsung shalat setelah wudhu dari sisi di sela waktu itu mulut tidak berubah baunya, maka tidak butuh lagi mengulangi bersiwak ketika hendak memulai shalat, ...maka tidak disunnahkan pemberbaharui sunnah bersiwak..
Dan dibenci apa yang dilakukan sebagian orang awwam dari mereka yang mengikutsertakan siwak ke dalam masjid dan menggunakan didalam masjid setiap kali pembukaan shalat fardhu atau sunnah dan selepas shalat dua rakaat.
📚 As_siwak wamaa asybaha dzaka hal 55_72.
Berdalilkan :
Dalil pertama :
Dengan apa yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad (7513) dan Nasa’I di Sunan Kubro (3027) dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:
لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي ، لَأَمَرْتُهُمْ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ بِوُضُوءٍ ، ومَعَ كُلِّ وُضُوءٍ بِسِوَاكٍ ، وَلَأَخَّرْتُ عِشَاءَ الْآخِرَةِ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ
“Kalau sekiranya tidak memberatkan umatku, saya akan perintahkan mereka setiap akan shalat dengan berwudu. Pada setiap kali wudu dengan menggunakan siwak. Saya akan akhirkan waktu isya’ akhir sampai sepertiga malam.” (Dihasankan oleh Albani menghasankan di ‘Shohih Jami’ (5318))
Sisi pendalilan :
كما ان الوضوء لا يندب للراتبة التى بعد الفريضة فكذلك السواك
Sebagaimana wudhu tidak disunnahkan untuk shalat rawatib (sunnah) yang dilakukan setelah shalat fardhu, maka demikian pula bersiwak.
📚 Fathul bari 2/376
Dail kedua :
لم يرد عن النبي صلى الله عليه وسلم الاستياك عند كل صلاة فلم ينقل عنه أنَّه يفتتح كل صلاة بسواك
"Tidak datang dari nabi shalallahu alaihi wasallam bahwa beliau bersiwak setiap kali shalat dan tidak pula dinukil dari beliau bahwa beliau shalallahu alaihi wasallam mengawali shalatnya dengan bersiwak.
📚 Kasyfu Al_litsam 1/269
Dalil ketiga :
لم ينقل عن النبي صلى الله عليه وسلم أنَّه جدد الوضوء لشيء من السنن إذا كان على طهارة فكذا إذا كان على سواك لكن لو تغير فمه استاك كما لو أحدث توضأ
"Tidak dinukil dari Nabi shalallahu alaihi wasallam bahwa beliau memperbaharui wudhunya untuk sesuatu dari shalat ² sunnah jika beliau dalam keadaan suci, maka demikian pula jika beliau telah bersiwak, akan tetapi jika bau mulutnya berubah beliau bersiwak sebagaimana jika beliau berhadats, beliau berwudhu lagi".
📚 Lihat As_siwak wama Asybaha dzaka hal 59
Dalil yang keempat:
كما أنَّه على وضوء فهو على سواك
Sebagaimana beliau dalam keadaan wudhu maka beliau juga dalam keadaan telah bersiwak"
📚 As_siwak wama Asybaha dzaka hal 55.
Dalil kelima :
شرع السواك لإكمال التنظيف والمصلي يناجي ربه فاستحب أن يناجيه طيب الفم فإذا تغير الفم شرع له السواك
"Siwak disyariatkan untuk kesempurnaan kebersihan dan orang yang shalat itu sedang bermunajat kepada rabbnya, maka disunnahkan bermunajatnya dia dalam keadaannya mulut harum, maka jika mulut berubah baunya maka disyariatkan bersiwak.
📚 Syarh At_talqin 1/167
2️⃣ Pendapat kedua :
Bersiwak itu pada saat wudhu, maka tidak disunnahkan lagi pada shalat kecuali jika ia tidak bersiwak sebelumnya ketika berwudhu.
Dan ini adalah madzhab hanafiyyah.
🖋️ Berkata az_zubaidy rahimahullah :
عندنا من سنن الوضوء وعند الشافعي من سنن الصلاة وفائدته إذا توضأ للظهر بسواك وبقي على وضوئه إلى العصر أو المغرب كان السواك الأول سنة للكل عندنا وعنده يسن أن يستاك لكل صلاة، وأمَّا إذا نسي السواك للظهر ثم ذكر بعد ذلك فإنَّه يستحب له أن يستاك حتى يدرك فضيلته.
" Bersiwak di sisi kami termasuk dari sunnah wudhu dan di sisi Imam Asy_syafi'i termasuk dari sunnah shalat. Dan faedahnya : jika dia berwudhu untuk shalat Dzuhur dengan bersiwak dan masih tetap dalam keadaan wudhunya suci hingga shalat ashar atau maghrib, maka bersiwak yang pertama adalah sunnah untuk semua shalat di sisi kami, dan di sisi imam asy_syaf'ii disunnahkan dia bersiwak untuk setiap shalat. Dan adapun jika lupa bersiwak untuk shalat Dzuhur kemudian teringat setelah shalat berikutnya maka disunnahkan untuknya bersiwak sampai ia mendapatkan keutamaan bersiwak ..
📚 Al_bahr Ar_raaiq 1/42, Hasyiah Ibnu Abidin 1/233
Dalil mereka:
Dalil pertama :
Dari Abu Hurairah , dari Rasulullah shalallahu alaihi wasalla, beliau bersabda:
لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ وُضُوءٍ.
“Seandainya tidak memberatkan umatku, pasti aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali berwudlu.” (HR Malik, Ahmad, dan an-Nasa`i mengeluarkannya, Ibn Khuzaimah menshahihkannya, dan al-Bukhari menyebutkannya secara ta’liq)
Dalil kedua '
dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:
لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي ، لَأَمَرْتُهُمْ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ بِوُضُوءٍ ، ومَعَ كُلِّ وُضُوءٍ بِسِوَاكٍ ، وَلَأَخَّرْتُ عِشَاءَ الْآخِرَةِ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ
“Kalau sekiranya tidak memberatkan umatku, saya akan perintahkan mereka ada setiap akan shalat dengan berwudu. Pada setiap kali wudu dengan menggunakan siwak. Saya akan akhirkan waktu isya’ akhir sampai sepertiga malam.”
Jadi sisi pendalilannya :
السواك مستحب للوضوء
Siwak disunnahkan ketika berwudhu.
📚 Lihat As_siwak wamaa asybaha dzaaka 65, Syarh Al_hidayah 1/145, Ma'arif As_sunan 1/146.
3️⃣. Pendapat ketiga.
Disunnahkan bersiwak ketika hendak shalat secara mutlak sama saja dia telah bersiwak saat wudhu atau tidak, ataukah dia telah shalat sebelumnya dengan shalat yang dia bersiwak di situ atau tidak. Dan ini adalah pendapat sebagian dari hanafiah dan ini adalah madzhab Syafi'iiyyan dan hanabilah dan pendapat ini yang dipilih oleh Ibnu Hazm.
📚 Lihat Hasyiah Ibnu Abidin 1/234, Al_Majmu: 1/274, Al_Iq'na ma'a khasyiah Al_khatib 1/181, Al_mughni 1/78, Al_furu' 1/126, Al_inshaf 1/118, dan Al_Mum'ti' 1/165. Al_muhalla 1/147.
Dalil mereka:
Yang pertama:
Dari shahabat Abu Huroiroh rodhiyallahu ‘anhu , Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ
“Jikalau tidak memberatkan umatku; Niscaya akan aku perintahkan mereka untuk bersiwak di setiap kali hendak sholat.” (HR. Muslim)
Lafadz Bukhari:
مع كل صلاة
"Bersama setiap kali shalat"
Sisi pendalilan :
كل من ألفاظ العموم فيعم كل صلاة.
"Dan kullu dari lafadz umum yang mencakup semua shalat"
📚 Lihat Al_Maj'mu' 1/274, Syarh Al_'Umdah liibnil Ath_thar 1/147.
Dan pendapat yang kuat adalah pendapat ketiga :
Disunnahkan bersiwak : setiap kali shalat sama saja dia telah bersiwak sebelumnya saat berwudhu atau tidak, ataukah :
setiap kali hendak shalat sama saja didahului shalat dengan bersiwak atau tidak. Maka hadits hadits bersiwak ketika hendak shalat itu umum.
Dan ini dikuatkan oleh Syaikh Al_Allamah Ibnu baz dan Al_allamah Al_Utsaimin rahimahumallaah.
🖋️Berkata Ibnu baz rahimahullah :
ويستحب السواك أيضًا عند الدخول في الصلاة قبل أن يكبر للإحرام يستاك، ثم يكبر، سواء كان إمامًا أو مأمومًا أو منفردًا؛ لقول النبي ﷺ: لولا أن أشق على أمتي لأمرتهم بالسواك مع كل وضوء وفي اللفظ الآخر: مع كل صلاة
"Disunnahkan bersiwak setiap kali masuk shalat sebelum imam bertakbiratul ihram, dia bersiwak kemudian bertakbir, sama saja dia sebagai Imam atau makmum atau sendiri. Berdasarkan hadits nabi : seandainya tidak memberatkan ummatku, aku akan memerintahkan bersiwak bersama setiap kali shalat".
📚 Fatwa Nur 'Ala Darb 9//351.
🖋️ Berkata Asy_Syaikh Al_Allamah Al_Utsaimin rahimahullah :
السواك عند الصلاة سنة كما نص على ذلك أهل العلم مستدلين بقول النبي -صلى الله عليه وسلم-: «لولا أن أشق على أمتي؛ لأمرتهم بالسواك عند كل صلاة» ولا شك أن السواك إذا قرب من الصلاة كان أطهر للفم؛ لأنك لو تسوكت مثلاً قبل أن تدخل المسجد فإنه فيما بين دخولك المسجد والصلاة قد يتغير الفم، لكن السواك عند الصلاة أطهر للفم.
"Bersiwak ketika hendak shalat adalah sunnah sebagaimana telah ditegaskan oleh ahli ilmu berdalilkan dengan sabda nabi shalallahu alaihi wasallam :
Seandainya aku tidak memberatkan ummatku pasti aku memerintahkan mereka bersiwak ketika hendak shalat. Dan tanpa diragukan lagi bahwa bersiwak ketika dekat waktu shalat maka itu lebih membersihkan mulut, sebab seandainya jika kamu bersiwak sebelum masuk dalam masjid, maka diantara masuknya kamu dalam masjid dan shalat kadang bau mulut berubah. Akan tetapi bersiwak ketika hendak shalat maka itu lebih mensucikan mulut".
📚 Liqo Asy_syahri 9.
✍ Di susun :
Abu Hanan As_Suhaily
15 rabiul awwal 1444_12/10/2022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar