RINGKASAN FATWA2 ‘ULAMA AHLUSSUNNAH SEPUTAR DAKWAH DGN VIDEO BERGAMBAR

 🏮 RINGKASAN FATWA2 ‘ULAMA AHLUSSUNNAH SEPUTAR DAKWAH DGN VIDEO BERGAMBAR

 

1⃣ Lajnah Dâimah

SOAL:

هَلِ التَّصْوِيْرُ الَّذِي تَسْتَخْدِمُ فِيْهِ كَامِيْرَا الفِيْدِيُو يَقَعُ حُكْمُهُ تَحْتَ التَّصْوِيْرِ الفُوتُوغْرَافِي؟

Apakah gambar yg menggunakan pdnya kamera video hukumnya sperti gambar fotografi..?"

JAWAB:

نَعَم ، حُكْمُ التَّصْوِيْرِ بِالفِيدِيُو حُكْمُ التَّصْوِيْرِ الفُوتُوغْرَافِيِّ بِالمَنْع وَالتَّحْرِيمِ لِعُمُومِ الأَدِلَّةِ».

Iya, hukum gambar dgn video adlh hukum gambar dgn fotografi dlm larangan dan keharomannya sesuai dgn keumuman dalil.” [📚 fatwa (no.16259)]

2⃣ Asy-Syaikh Muhammad Nâshiruddîn Al-Albânîy rohimahullôh mengatakan:

كُلُّ الصُّوَرِ مُحرَّمَةٌ سَوَاءٌ كَانَتْ يَدَوِيَّةٌ أَو فُوتُو غْرَافِيَّةٌ أَو هَذِهِ (الموضة) الجَدِيْدَةُ الَّتِي سَمَّيْتَهَا -آنِفاً- (فِيْدِيُو)، كُلُّ هَذِهِ وَهَذِهِ وَهَذِهِ مُحرَّمَةٌ».

Setiap gambar adlh harom, sama saja dgn cara tangan, fotografi atau model baru yg skrg engkau namakan dgn (video), maka semua ini, ini dan ini adlh harom.” [📚 “Al-Ibrôz li aqwâlil ‘Ulamâ fie hukmit tilfâz” (hal.14)]

3⃣ Asy-Syaikh Ibnu Bâz rohimahulloh.

SOAL:

س: مَا حُكْمُ التَّغْسِيْلِ وَالتَّكْفِيْنِ عَنْ طَرِيْقِ الفِيْدِيُو؟

Apa hukum memandikan dan mengkafani (jenazah) melalui cara video ?"

JAWAB:

ج: التَّعْلِيْمُ يَكُونُ بِغَيْرِ الفِيْدِيُو لِمَا فِي الأَحَادِيْثِ الكَثِيْرَةِ الصَّحِيْحَةِ مِنَ النَّهْيِ عَنِ التَّصْوِيْرِ وَلَعْنِ المُصَوِّرِيْنَ».

Pengajaran dilakasanakan dgn tanpa video karena terdpt pd hadits2 yg byk lagi shohih, yg melarang dari menggambar dan melaknat org2 yg menggambar.” [📚 “As’ilah Al-Jam’iyyah Al-Khoiriyyah bi Syaqrô”]

Beliau juga mengatakan:

«وَظُهُورُ صُورَتِي لَيْسَ دَلِيْلاً عَلَيَّ اِجَازَتِي التَّصْوِيْر وَلاَ عَلَى رِضَايَ بِهِ فَاِنِّي لَمْ أَعْلَمْ أَنَّهُمْ صَوَّرُونِي».

Nampaknya gambarku bukanlah dalil pembolehan dariku ttg gambar, tdk pula juga bentuk keridhoanku pdnya, karena aku tdklah tahu bhwasanya mrka (mengambil) gambarku.” [📚 “Lajnah Dâimah” (1/460)]

4⃣ Asy-Syaikh Muqbil bin Hâdî Al-Wâdi’îy rohimahulloh mengatakan:

»وَمُنْكَرٌ عَظِيْمٌ أَنْ يَقُومَ المُحَاضِرُ فِي المَسَاجِدِ يُحَاضِرُ النَّاسَ وَالمُصَوَّرَة أي الكَامِيْرَا مُوَجَّهَةٌ اِلَيْهِ ..... وَالبَثُّ المُبَاشِرُ أَيّ النَّقْلُ الحَيُّ دَاخِلٌ فِي التَّحْرِيْمِ فَهُوَ يُعْتَبَرُ صُوْرَةً وَالنَّاسُ يُسَمَّونَهَا صُورَةً فَهِيَ مُحَرَّمَةٌ«

Kemungkaran yg besar adlh ketika seorg pemberi ceramah di Masjid; memberikan ceramah kpd org2 dlm keadaan kamera menghadap ke arahnya... dan siaran langsung masuk juga pdnya dlm hal yg harom, maka hal tsb termasuk gambar, dan org2(pun) menamakannya juga gambar, dan ini adlh harom.”

[📚 “Hukmu Tashwîr” (70-71)]

5⃣ Asy-Syaikh Ahmad bin Yahyâ An-Najmîy rohimahullôh mengatakan:

«أَمَّا يَعْنِي ظُهُورُهُ عَلَى الشَّاشَةِ هَذَا لاَ شَكَّ أَنَّهُ مُنْكَرٌ ..»

Adapun nampaknya da’i di layar (TV), ini tdklah diragukan bhw itu mungkar.” [📚 “Al-Ibrôz li aqwâlil ‘Ulamâ fie hukmit tilfâz” (hal.32)]

6⃣ Asy-Syaikh Shôlih Al-Fauzân hafidzohullôh.

SOAL:

مَا حُكْمُ اسْتِخْدَامِ الوَسَائِلِ التَّعْلِيْمِيَّةِ مِن فِيدِيُو وَسِيْنِمَا وَغَيرِهِمَا فِي تَدْرِيْسِ المَوَّادِ الشَّرْعِيَّةِ كَالفِقْهِ وَالتَّفْسِيْرِ وَغَيرِهَا مِنَ المَوَّادِ الشَّرْعِيَّةِ‏؟‏ وَهَلْ فِي ذَلِكَ مَحْذُورٌ شَرْعِيٌّ‏؟‏ أَفْتُونَا مَأجُورِيْنَ‏.

"Apa hukukmnya menggunakan wasilah utk pengajaran dgn video dan sinema atau selain keduanya dlm mengajarkan bidang syari’ah seperti Fiqh, Tafsir atau selain keduanya dari bidang syari'ah..? Apakah dlm hal tsb ada larangan secara syari’at..? Berikanlah kami fatwa, semoga anda diberikan pahala.

JAWAB:

الَّذِي أَرَاهُ أَنَّ ذَلِكَ لَا يَجُوزُ؛ لِأَنَّهُ لاَبُدَّ أَن يَكُونَ مَصْحُوبًا بِالتَّصْوِيْرِ، وَالتَّصْوِيْرُ حَرَامٌ، وَليسَ هُنَاك ضَرُورَة تَدْعو إِلَيهِ‏.‏ والله أعلم

Dan yg aku pandang (dlm hal ini) adlh tdk boleh !, karena diharuskan darinya disertai dgn (pengambilan) gambar, dan gambar adlh harom. Dan tdklah ada disana namanya darurat yg dibutuhkan pdnya, Wa Allôhu a’lam.” [📚 “Al-Muntaqo” (no.513)

 

🏼 Disusun oleh: Ust Abu Muhammad Fuad Hasan Ngawi -hafidzhohulloh-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar