APAKAH KESELAMATAN DENGAN MENGIKUTI KEUMUMAN KAUM MUSLIMIN ? & ANAK KECIL MUSLIM YANG BELUM KHITAN ITU NAJIS..?

 

*APAKAH KESELAMATAN DENGAN MENGIKUTI KEUMUMAN KAUM MUSLIMIN ? & ANAK KECIL MUSLIM YANG BELUM KHITAN ITU NAJIS..?*

 

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Faedah Tanya Jawab

 

_*TANYA :*_

Assalamualaikum. Afwan ada soalan:

Bagaimana dengan ucapan seorang ustadz yg mengatakan bahwa di era sekarang sangat sulit mengetahui mana yg haq dan mana yg batil, kecuali oleh orang² yg memiliki mata batin saja. Maka yg lebih selamat adalah mengikuti keumuman mayoritas kaum muslimin.

Barokallohufikum

 

_*JAWAB :*_

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

*Yang lebih selamat adalah mengikuti dalil.*

 

Az-Zuhri rohimahullôh berkata:

كَانَ مَنْ مَضَى مِنْ عُلَمَائِنَا يَقُولُونَ: إِنَّ الِاعْتِصَامَ بِالسُّنَّةِ نَجَاةٌ.

Pendahulu dari ‘Ulama-‘Ulama kita mengatakan: _*Berpegang teguh dengan Sunnah adalah keselamatan.”*_ [Lihat “Al-Hilyah” (3/369)]

 

Al-Hafidz Ibnu Hajar rohimahullôh mengatakan:

*فَالسَّعِيدُ مَنْ تَمَسَّكَ بِمَا كَانَ عَلَيْهِ السَّلَفُ* وَاجْتَنَبَ مَا أَحْدَثَهُ الْخَلَفُ

_*“Maka  orang yang beruntung adalah orang yang berpegang teguh dengan apa yang dilakukan Salaf.*_ dan menjauhi apa yang diada-adakan oleh orang Kholaf.” [Lihat “Fathul Bâri” (13/253)]

 

*Maka pendapat yang banyak maupun sedikitnya manusia bukan tolak ukur cari kebenaran dan keselamatan.*

 

Ibnu Hazm rohimahullôh mengatakan:

بَلِ الحَقُّ حَقٌّ وَإِنْ لَمْ يَقُلْ بِهِ أَحَدٌ وَالبَاطِلُ بَاطِلٌ وَلَو اتَّفَقَ عَلَيهِ جَمِيْعُ أَهْلِ الأَرضِ.

_*“Bahkan kebenaran tetaplah kebenaran walaupun tidak ada yang satu pun yang berpendapat tentang hal tersebut. Dan kebathilan tetaplah kebathilan walaupun telah disepakati padanya seluruh penduduk bumi.”*_ [Lihat “Al-Ihkâm Fie Ushûli AhKâm” (2/54)]

 

Syaikhuna Muhammad bin Mâni hafidzohullôh mengatakan:

وَلاَ عِبْرَةَ بِكَثْرَةِ القَائِلِيْنَ أَو قِلَّتِهِمْ، وَإِنَّمَا العِبْرَةُ بِمُوَافَقَةِ الحَقِّ وَالسُّنَّةِ، وَهَذَا مَا قَرَّرَهُ السَّلَفُ.

_*“Tidaklah teranggap tentang banyak maupun sedikitnya orang yang berpendapat, akan tetapi yang teranggap adalah kecocokan dengan alhaq dan as-sunnah, maka inilah yang ditetapkan oleh salaf.”*_ [Lihat “Al-Fawâkih Al-Janiyyah” (hal.75)]

 

_*TANYA :*_

Bismillah.. Assalamu alaikum ustadz afwan ada yg nitip pertanyaan.. Apabila ada anak kecil blm di khitan sholat di mesjid dan bersentuhan dgn orang dewasa.. Sholatnya sah ga? (yg nanya orang awam) ..brngkali ada dalil yg menerangkan hal tsbt

 

_*JAWAB :*_

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

_*Anak kecil yang belum dikhitan tidaklah najis.*_

 

Allôh azza wa jalla berfirman:

۞وَلَقَدۡ كَرَّمۡنَا بَنِيٓ ءَادَمَ وَحَمَلۡنَٰهُمۡ فِي ٱلۡبَرِّ وَٱلۡبَحۡرِ وَرَزَقۡنَٰهُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ وَفَضَّلۡنَٰهُمۡ عَلَىٰ كَثِيرٖ مِّمَّنۡ خَلَقۡنَا تَفۡضِيلٗا ٧٠

_“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.”_ [QS. Al-Isro’:70]

 

Pemulian Bani Adam mengharuskan tentang thoharohnya mereka ketika hidup maupun mati. [Lihat "Al-Iqná" oleh Syarbini Al-Khothîb (1/30)]

 

Nabi shollallôhu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الْمُسْلِمَ لَا يَنْجُسُ»*

_*“Sesungguhnya seorang muslim tidaklah najis.”*_ [HR. Al-Bukhôri dan Muslim dari Abu Huroiroh rodhiyaAllôhu ‘anhu].

 

Ibnu ‘Abbâs rodhiyaAllôhu ‘anhu berkata:

*الْمُسْلِمُ لاَ يَنْجُسُ حَيًّا وَلاَ مَيِّتًا.*

_*“Seorang muslim tidaklah najis dalam keadaan hidup maupun mati.”*_ [HR. Al-Bukhôri secara ta’liq]

 

Maka oleh karena itu sholatnya tetap sah.

 

🏼 _*Dijawab oleh:*_ Ustadz Abu Muhammas Fuad Hasan bin Mukiyi Al Jawiy (Ngawi) -hafidzhohulloh-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar