Jika Gurunya Buku, maka Banyak Salahnya

🛡 Perkataan : Jika Gurunya Buku, maka Banyak Salahnya 🛡

🍃قال الشيخ مقبل الوادعي -رحمه الله تعالى-:
*"فإن تيسر لك من يعلمك ممن تثق بعلمه ودينه فاحرص على مجالسته ودعوة الناس إليه، وإلا فأنصحك بتكوين مكتبة تجمع جل كتب السنة والعكوف فيها حتي يفتح الله عليك.*
-وأما قول من قال: *من كان شيخه الكتاب كان خطؤه أكثر من الصواب، فهذا إذا لم يحسن اختيار الكتاب ويودع عقله مع الكتاب أما كتب السنة فلا يكون كذلك".*
📓النصح لطلبة العلم وسائر السلفيين |
صـ ٥٨ - ٥٩

منقول من أخ أبي موسى كُنيْنغان

Berkata Syeikh Muqbil _rohimahullooh_:
Apabila dimudahkan bagimu ada seorang yg mau mengajarimu sedang dia termasuk terpercaya keilmuan dan agamanya, maka semangatlah untuk duduk bermajelis dgnya dan mengajak orang [untuk belajar] kepadanya. 

Kalau memang [tidak didapati pengajar seperti itu], maka saya nasehatkan untuk membuat perpustakaan yg mengumpulkan kitab² sunnah lalu mendiami perpustakaan tersebut (membacanya) sampai Allooh membukakan [jalan terbaik] bagimu.

Adapun perkataan orang yg mengatakan "barangsiapa yg gurunya adalah kitab maka kesalahannya akan lebih banyak daripada benarnya", maka perkataan ini *jika memang ia tidak bisa memilih kitab dan ia menyerahkan akalnya kepada kitab tersebut, adapun kitab² sunnah maka tidaklah seperti itu*.

📙an nushhu li tholabatil ilmi wa saa irs salafiyin. 58-59

✍🏼 diterjemahkan oleh akh abu musa

Menjama' di antara dua sholat wajib ketika hujan

✯◈🔰•°• 👑 •°•🔰◈✯
📚🛡Fatwa Syaikh Yahya Al-Hajury حفظه الله🛡📚
⛈Judul Fatwa:



Menjama' di antara dua sholat wajib ketika hujan


pertanyaan:


Apa hukum menjama' sholat ketika hujan?
💦Jawaban:


Yang menjama' ketika hujan adalah berdalil dengan hadits ibnu abbas:


"nabi صلى الله عليه وآله وسلم menjama' sholat di madinah tanpa ada khouf (takut musuh) dan tanpa ada hujan",


maka disebutkan/dimaksudkan hujan pada hadis tersebut mafhumnya (yang dipahami) adalah baiknya menjama' ketika hujan,


begitulah pendapat jumhur ahlul ilmi.

✵Ketika meninjau permasalahan dari sisi dalil-dalil dari Nabi صلى الله عليه وآله وسلم dimana terjadinya hujan di zaman beliau, dilihat bahwasanya beliau tidak menjama' sholat ketika hujan,


dan tatkala beliau berdoa meminta hujan kemudian turun hujan tidak ternukilkan beliau menjama' di antara dua shalat wajib selama satu minggu turunnya hujan itu seluruhnya.
Adapun dari ahlul ilmi yang menjama' ketika hujan maka mereka berpegang atas atsar ibnu abbas di atas,

akan tetapi sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم ,

dan seandainya menjama' adalah disyariatkan maka sungguh rasululloh صلى الله عليه وآله وسلم akan melakukannya walaupun satu kali saja.

¤═════¤۩🔲۩¤═════¤

Di Syariatkannya MengHajr dan Mentahdzir Para Pelaku Bid'ah dan Ahlul Ahwa

DISYARIATKANNYA MENGHAJR DAN MENTAHDZIR DARI PARA PELAKU BID'AH DAN AHLUL AHWA


PERTANYAAN:

bismillah, ust mau tanx, apaka sikap qita terhadap seseorng dahulu kami sejalan di atas agama alloh yn suci ini dn di atas manhaj salaf, ktika terjadi fitna luqmaniyyun&rojaliyyun qita berselisih, dn suda ma'ruf bahwasanya beliau skrg suda di kenal pgekor hawa nafsu dn meyebarkan subhat2 ktika qita meyikapi orang tersebut qita suda tidak lagi menyapaya atw megucapkan salam kepadaya bahkan qita bersegera lari dariya ketika qita melihatya, apaka di benarkan dalam islam sikap qita tersebut? mohon penjesalasaya ust..

JAWABAN:

Tidak diragukan sikap yg antm sebutkan ini adalah sikap yang tepat dan dibenarkan dalam islam, dan dalil2 akan hal ini amat banyak kita sebutka beberapa yang Allah mudahkan di antarax:

(فَأَعْرِضْ عَنْ مَنْ تَوَلَّىٰ عَنْ ذِكْرِنَا وَلَمْ يُرِدْ إِلَّا الْحَيَاةَ الدُّنْيَا)

"Berpalinglah dari orang2 yg berpaling dr peringatan kami dan tidak menginginkan melainkan kehidupan dunia.
Imam ibnu katsir rahimahullah berkata pada tafsir ayat ini:


أي أعرض عن الذي أعرض عن الحق واهجره.


Yakni berpalinglah dari orang yang berpaling dari kebenaran dan menghajrnya (memboikot tidak menyapa dan memberi salam).

Demikian kisah hajr Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan sahabatnya trhdp 3 org yg tdk ikut berangkat perang atas perintah Allah hingga Allah menerima taubat mereka
Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

«القدرية مجوس هذه الأمة، إن مرضوا فلا تعودوهم، وإن ماتوا فلا تشيعوهم»

Qodariyyah adalah majusi ummat ini apabila mereka sakit maka janganlah kalian menjenguknya dan apabila mereka mati maka janganlah kalian mengantarkan jenazahnya kepamakaman. HR. Ahmad, Abu Daud, ibnu Abi Ashim hadits shahih dgn seluruh jalur2x.
Terlebih lagi apabila dia penerbar syubhat dan menyeru manusia kpd kebathilannya, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ سَمِعَ بِالدَّجَّالِ فَلْيَنْأَ عَنْهُ فَوَاللَّهِ إِنَّ الرَّجُلَ لَيَأْتِيهِ وَهُوَ يَحْسِبُ أَنَّهُ مُؤْمِنٌ فَيَتَّبِعُهُ مِمَّا يَبْعَثُ بِهِ مِنْ الشُّبُهَاتِ أَوْ لِمَا يَبْعَثُ بِهِ مِنْ الشُّبُهَاتِ هَكَذَا قَالَ

Barangsiapa yg mendengar keberadaan dajjal hendaknya ia menjauh darinya
Sungguh demi Allah seseorang mendatanginya dan menyangka dia itu mukmin hingga diapun mengikutinya disebabkan apa yang dia tebarkan berupa syubhat2 demikian beliau bersabda.
Hr. Abu Daud, Ahmad
Dr hadits Imran bin Hushoin rhadiyallahu anhu.

Dan ahlul bida' dan ahwa adalah orng2 yg suka mencari2 ayat2 mutasyabih utk diplintir kpd makna yg membenarkan kebathilannya dan dijadikan sbg syubhat utk menipu manusia
Allah berfirman:

فأما الذين في قلوبهم زيغ فيتبعون ما تشابه منه ابتغاء الفتنة وابتغاء تأويله

Adapun org2 yg dalam hatinya penyimpangan/condong kpd kesesatan maka mereka akan mengikuti ayat2 yang mutasyabihaat utk menimbulkan fitnah (menyesatkan) dan menginginkan pemalingan dr makna yg sebenarnya.
Setelah membaca ayat di atas dgn lengkap Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"إذا رأيتم الذين يجادلون فيه فهم الذين عنى الله فاحذروهم"

Apabila kalian melihat org2 yg berdebat dgn ayat2 tsb maka merekalah yg Allah maksudkan maka waspadalah kalian dari mereka. Hr. Ahmad dmkn di shahihan semaknax.
Demikian para salaf dahulu menghajr para pengekor hawa nafsu 
Ayyub ketika ada dr ahlul ahwa mengatakan biarkan saya berbicara kpdmu dgn satu kalimat, maka beliau menjawab walau setengah kalimat.

Ibnu Qudamah rahimahullah berkata:
Bahwasanya termasuk dari sunnah menghajr ahlul bida' dan menjauhi mereka dan meninggalkan debat serta pertengkaran dalam agama.
Dan selainnya dari sikaf2 salaf

Walhamdulillah


Dari Al Ustâdz Abû 'Abdirrohmân Shiddêq Al Bughêsê
حفظه الله

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...