๐ŸŒผ~*Sholat Sunnah Subuh*~

_*BISMILLAAH*_ 

๐ŸŒผ~*SHOLAT SUNNAH SUBUH*~  


Shalat Sunnah Fajar dengan Dua Raka’at Ringan

Dalil yang menunjukkan bahwa shalat sunnah qobliyah Shubuh atau shalat Sunnah Fajar dilakukan dengan raka’at yang ringan, adalah hadits dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar yang berkata bahwa Ummul Mukminin Hafshoh pernah mengabarkan,

ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูƒَุงู†َ ุฅِุฐَุง ุณَูƒَุชَ ุงู„ْู…ُุคَุฐِّู†ُ ู…ِู†َ ุงู„ุฃَุฐَุงู†ِ ู„ِุตَู„ุงَุฉِ ุงู„ุตُّุจْุญِ ูˆَุจَุฏَุง ุงู„ุตُّุจْุญُ ุฑَูƒَุนَ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุฎَูِูŠูَุชَูŠْู†ِ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْ ุชُู‚َุงู…َ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉُ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga shalat Shubuh. Sebelum shalat Shubuh dimulai, beliau dahului dengan dua raka’at ringan.” (HR. Bukhari no. 618 dan Muslim no. 723).

Dalam lafazh lain juga menunjukkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat Sunnah Fajar dengan raka’at yang ringan. Dari Ibnu ‘Umar, dari Hafshoh, ia mengatakan,

ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุฅِุฐَุง ุทَู„َุนَ ุงู„ْูَุฌْุฑُ ู„ุงَ ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฅِู„ุงَّ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุฎَูِูŠูَุชَูŠْู†ِ

“Ketika terbit fajar Shubuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah shalat kecuali dengan dua raka’at yang ringan” (HR. Muslim no. 723).

‘Aisyah juga mengatakan hal yang sama,

ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฑَูƒْุนَุชَู‰ِ ุงู„ْูَุฌْุฑِ ุฅِุฐَุง ุณَู…ِุนَ ุงู„ุฃَุฐَุงู†َ ูˆَูŠُุฎَูِّูُู‡ُู…َุง

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah mendengar adzan, beliau melaksanakan shalat sunnah dua raka’at ringan” (HR. Muslim no. 724).

Dalam lafazh lainnya disebutkan bahwa ‘Aisyah berkata,

ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฑَูƒْุนَุชَู‰ِ ุงู„ْูَุฌْุฑِ ูَูŠُุฎَูِّูُ ุญَุชَّู‰ ุฅِู†ِّู‰ ุฃَู‚ُูˆู„ُ ู‡َู„ْ ู‚َุฑَุฃَ ูِูŠู‡ِู…َุง ุจِุฃُู…ِّ ุงู„ْู‚ُุฑْุขู†ِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu shalat sunnah fajar (qobliyah shubuh) dengan diperingan. Sampai aku mengatakan apakah beliau di dua raka’at tersebut membaca Al Fatihah?” (HR. Muslim no. 724).

_*•๐ŸŒนsemoga bermanfaat•*_

๐Ÿƒ Apakah orang yang musafir dalam menunaikan umroh meninggalkan semua sholat Sunnah rawatib.??

ู†ุตู€ูŠู€ุญู€ุฉ ู„ู„ู€ู†ู€ู€ุณุงุก:
๐Ÿƒ Apakah orang yang musafir dalam menunaikan umroh meninggalkan semua sholat Sunnah rawatib.??

๐Ÿ“™ Soal dari Humairo Jakarta digroup wa Nashihatulinnisa 

Titipan pertanyaan : jika seorng dr mlysia umroh travel buat progrm madinah enam hr, mekkah tujuh hr, apkh selama dimdnah dam kota makkah tidak sholat sunnah rawatib sm skli krn trhitung musafir

๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

๐Ÿ”ด Diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari Hafs bin Ashim bin Umar  ia berkata:

 ุตَุญِุจْุชُ ุงุจْู†َ ุนُู…َุฑَ ูِู‰ ุทَุฑِูŠู‚ِ ู…َูƒَّุฉَ – ู‚َุงู„َ – ูَุตَู„َّู‰ ู„َู†َุง ุงู„ุธُّู‡ْุฑَ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุซُู…َّ ุฃَู‚ْุจَู„َ ูˆَุฃَู‚ْุจَู„ْู†َุง ู…َุนَู‡ُ ุญَุชَّู‰ ุฌَุงุกَ ุฑَุญْู„َู‡ُ ูˆَุฌَู„َุณَ ูˆَุฌَู„َุณْู†َุง ู…َุนَู‡ُ ูَุญَุงู†َุชْ ู…ِู†ْู‡ُ ุงู„ْุชِูَุงุชَุฉٌ ู†َุญْูˆَ ุญَูŠْุซُ ุตَู„َّู‰ ูَุฑَุฃَู‰ ู†َุงุณًุง ู‚ِูŠَุงู…ًุง ูَู‚َุงู„َ ู…َุง ูŠَุตْู†َุนُ ู‡َุคُู„ุงَุกِ ู‚ُู„ْุชُ ูŠُุณَุจِّุญُูˆู†َ. ู‚َุงู„َ ู„َูˆْ ูƒُู†ْุชُ ู…ُุณَุจِّุญًุง ู„ุฃَุชْู…َู…ْุชُ ุตَู„ุงَุชِู‰ ูŠَุง ุงุจْู†َ ุฃَุฎِู‰ ุฅِู†ِّู‰ ุตَุญِุจْุชُ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูِู‰ ุงู„ุณَّูَุฑِ ูَู„َู…ْ ูŠَุฒِุฏْ ุนَู„َู‰ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุญَุชَّู‰ ู‚َุจَุถَู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุตَุญِุจْุชُ ุฃَุจَุง ุจَูƒْุฑٍ ูَู„َู…ْ ูŠَุฒِุฏْ ุนَู„َู‰ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุญَุชَّู‰ ู‚َุจَุถَู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุตَุญِุจْุชُ ุนُู…َุฑَ ูَู„َู…ْ ูŠَุฒِุฏْ ุนَู„َู‰ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุญَุชَّู‰ ู‚َุจَุถَู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุซُู…َّ ุตَุญِุจْุชُ ุนُุซْู…َุงู†َ ูَู„َู…ْ ูŠَุฒِุฏْ ุนَู„َู‰ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุญَุชَّู‰ ู‚َุจَุถَู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَู‚َุฏْ ู‚َุงู„َ ุงู„ู„َّู‡ُ (ู„َู‚َุฏْ ูƒَุงู†َ ู„َูƒُู…ْ ูِู‰ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฃُุณْูˆَุฉٌ ุญَุณَู†َุฉٌ ) 

“Aku pernah menemani Ibnu ‘Umar di suatu jalan di Makkah,“Dia lalu shalat zhuhur dua raka’at mengimami kami, setelah itu dia berjalan dan kami pun berjalan bersamanya hingga dia mendatangi barang-barang bawaannya. Lalu dia duduk dan kami pun duduk bersamanya, kemudian dia menoleh ke tempat yang sebelumnya beliau pergunakan untuk shalat. Dia melihat orang-orang berdiri, dia bertanya; “Apa yang sedang mereka lakukan?” Aku menjawab; “Mereka tengah melakukan shalat sunnah!” Ibnu Umar berkata; “Sekiranya aku melakukan shalat sunnah, niscaya aku akan menyempurnakan shalatku (maksudnya tidak diqashar -pent) wahai anak saudaraku, aku pernah menemani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam safar, beliau tidak menambah lebih dari dua rakaat hingga Allah mewafatkannya, dan aku juga pernah menemani Abu Bakar, namun dia tidak pernah (mengerjakan shalat) lebih dari dua rakaat hingga Allah mewafatkannya, aku juga pernah menemani Umar bin Khattab, namun dia tidak pernah (mengerjakan shalat) lebih dari dua rakaat hingga Allah mewafatkannya, kemudian aku menemani Utsman bin Affan, namun dia tidak pernah (mengerjakan shalat) lebih dari dua rakaat hingga Allah mewafatkannya, sedangkan Allah berfirman; Sungguh pada diri Rasulullah terdapat teladanan yang baik bagimu.” QS. Ahzab 21.

๐Ÿ‘‰๐Ÿผ Sisi pendalilannya :

pengingkaran Ibnu Umar terhadap pelaksanaan shalat sunnah baik rawatib atau lainnya, ketika safar, kecuali hanya melaksanakan dua rakaat (di qashar). Dan seandainya jika ada (shalat Sunnah) tentunya Ibnu Umar akan memilih melaksanakan shalat wajib sempurna, bukan dengan qashar ketika safar


๐Ÿ”ดDan dari Ibnu Umar ketika haji dalam keadaan safar di Muzdalifah

dari Ibnu’ Umar radliallahu ‘anhuma berkata; 

ุฌَู…َุนَ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุจَูŠْู†َ ุงู„ْู…َุบْุฑِุจِ ูˆَุงู„ْุนِุดَุงุกِ ุจِุฌَู…ْุนٍ ูƒُู„ُّ ูˆَุงุญِุฏَุฉٍ ู…ِู†ْู‡ُู…َุง ุจِุฅِู‚َุงู…َุฉٍ ูˆَู„َู…ْ ูŠُุณَุจِّุญْ ุจَูŠْู†َู‡ُู…َุง ูˆَู„َุง ุนَู„َู‰ ุฅِุซْุฑِ ูƒُู„ِّ ูˆَุงุญِุฏَุฉٍ ู…ِู†ْู‡ُู…َุง 


“Nabi Shallallahu’alaihiwasallam menjama’ shalat Maghrib dan ‘Isya’ di Jama’ (Muzdalifah), pada setiap shalat tersebut iqamat sholat, namun beliau tidak shalat sunnah diantara keduanya dan juga tidak setelah keduanya”. (Hadits riwayat Imam Bukhari).

๐Ÿ‘‰๐Ÿผ Sisi pendalilannya :

secara manthuq (apa yang ditunjukkan oleh lafazh) menafikan adanya shalat rawatib ba’diyah ketika safar, secara mafhum muwafaqah (sesuatu yang didiamkan itu sesuai dengan terhadap apa yang dilafadzkan dengannya) termasuk didalamnya salat rawatib qabliyah. 

๐Ÿ‘๐ŸปTapi itu tidak menafikan akan adanya shalat Sunnah sebelum subuh sebagai pengecualian, dan juga sholat Sunnah lainnya.

 Dari Aisyah Rodhialloohu Anha berkata :

ู„َู…ْ ูŠَูƒُู†ْ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุนَู„َู‰ ุดَูŠْุกٍ ู…ِู†ْ ุงู„ู†َّูˆَุงูِู„ِ ุฃَุดَุฏَّ ู…ِู†ْู‡ُ ุชَุนَุงู‡ُุฏًุง ุนَู„َู‰ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْ ุงู„ْูَุฌْุฑِ 

 “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah memiliki perhatian yang luar biasa dalam menjaga shalat Sunnah (rawatib dalam keadaan mukim ataupun safar) selain shalat sunnah fajar.” (Hadits riwayat imam Bukhari)


Dari shohih muslim dari Abi Qatadah bahwa 

ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุตู„ู‰ ุฑุงุชุจ ุงู„ุบุฌุฑ ูู‰ ุงู„ุณูุฑ

Nabi shollallaahu alaihi wa sallam sholat Sunnah rawatib fajr (dua raka'at sebelum subuh) dalam safar.

Dan juga dalam shohih Bukhori dan Muslim 

ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ุถุญู‰ ุซู…ุงู† ุฑูƒุนุงุช ูู‰ ู…ูƒุฉ ูŠูˆู… ูุชุญ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ู…ูƒุฉ

Bahwa Nabi shollallaahu alaihi wa sallam sholat Dhuha 8 raka'at di Makkah pada hari di mana Alloh memberikan kemenangan Makkah atas beliau.


Dan juga diriwayatkan oleh imam Bukhari 

 ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุตู„ู‰ ุงู„ูˆุชุฑ ููŠ ุงู„ุณูุฑ . 

Bahwa Nabi shollallaahu alaihi wa sallam sholat witir dalam safar

๐Ÿ–‹ Berkata Imam Ibnul Qayyim Rohimahullooh :

ูˆูƒุงู† ู…ู† ู‡ุฏูŠู‡ ูู‰ ุณูุฑู‡ ุงู„ุฅู‚ุชุตุงุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ูุฑุถ ูˆู„ู… ูŠุญูุธ ุนู†ู‡ ุฃู†ู‡ ุตู„ู‰ ุณู†ุฉ ุงู„ุตู„ุงุฉ ู‚ุจู„ู‡ุง ูˆู„ุง ุจุนุฏู‡ุง ุงู„ุง ู…ุง ูƒุงู† ู…ู† ุงู„ูˆุชุฑ ูˆุณู†ุฉ ุงู„ูุฌุฑ ูุฅู†ู‡ ู„ู… ูŠูƒู† ู„ูŠุฏุนู‡ู…ุง ุญุถุฑุง ูˆู„ุง ุณูุฑุง
Dan diantara dari petunjuk beliau dalam safarnya adalah dengan mencukupkan sholat wajib, dan tidak terjaga dari beliau akan hadits bahwa ia sholat Sunnah qabliyyah (sebelum sholat wajib) dan ba'diyyah (setelah sholat wajib) kecuali dari sholat Sunnah witr, dan Sunnah fajar, sebab Nabi Shollallaahu Alaihi wasallam tidak pernah meninggalkan kedua sholat Sunnah tersebut dalam keadaan muqim dan tidak pula safar.

๐Ÿ“š Zaadul Ma'ad 1/473

๐Ÿ–‹ Karena itulah Asy Syaikh Al Utsaimin Rohimahullooh Berkata:

"ูˆุฃู…ุง ุงู„ุฑูˆุงุชุจ ، ูุฅู†ู†ูŠ ุชุฃู…ู„ุช ู…ุง ุฌุงุกุช ุจู‡ ุงู„ุณู†ุฉ ููŠ ุงู„ู†ูˆุงูู„ ، ูˆุชุจูŠู† ู„ูŠ ุฃู† ุฑุงุชุจุฉ ุงู„ุธู‡ุฑ ، ูˆุงู„ู…ุบุฑุจ ، ูˆุงู„ุนุดุงุก ู„ุง ุชุตู„ู‰ ، ูˆู…ุง ุนุฏุง ุฐู„ูƒ ู…ู† ุงู„ู†ูˆุงูู„ ูุฅู†ู‡ ูŠุตู„ู‰ ู…ุซู„ ุณู†ุฉ ุงู„ูุฌุฑ ، ูˆุณู†ุฉ ุงู„ูˆุชุฑ ، ูˆุตู„ุงุฉ ุงู„ู„ูŠู„ ، ูˆุตู„ุงุฉ ุงู„ุถุญู‰ ، ูˆุชุญูŠุฉ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุญุชู‰ ุงู„ู†ูู„ ุงู„ู…ุทู„ู‚ ุฃูŠุถุง" ุงู‡ู€ .
Adapun sholat Sunnah rawatib, maka aku telah perhatikan apa yang Sunnah telah datang dengannya dalam sholat Sunnah Nafilah, dan telah nampak padaku bahwa rawatib Dzuhur, magrib , isya itu tidak dilakukan , adapun selain itu dari sholat Sunnah, maka ia sholat, semisal sholat Sunnah fajar, sholat malam, sholat Dhuha, tahiyyatul masjid, sampai juga sholat Sunnah mutlak.

๐Ÿ“š Majmu Fatawa 15/258.


๐Ÿ”Ž Kesimpulan : Orang yang musafir maka ia boleh sholat Sunnah yang ia inginkan, kecuali sholat Sunnah rawatib sebelum dan sesudah dzhuhur, dan Sunnah rawatib setelah Maghrib dan isya, adapun selain itu dari sholat sholat Sunnah, maka ia lakukan, seperti sholat witir, dua raka'at sebelum subuh, sholat malam qiyamullail, sholat yang mempunyai sebab seperti sholat setelah wudhu, tahiyyatul masjid, dua raka'at setelah thawaf, dan sholat mutlak lainnya.


๐Ÿ‘‰๐Ÿผ Soal penanya kami ajukan pada ulama Yaman 

[9/10 19:32] ุงุจูˆ ุญู†ุงู† : ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡ 

ุงุญุณู† ุงู„ู„ู‡ ุงู„ูŠูƒ ูŠุง ุดูŠุฎู†ุง 

ุฑุฌู„ ู…ู† ู…ุงู„ูŠุฒูŠุง ุณูŠุนุชู…ุฑ،ูˆู‡ูˆ ุณูŠู…ูƒุซ ูู‰ ู…ุฏูŠู†ุฉ ุฎู…ุณุฉ ุฃูŠุงู…، ูˆูู‰ ู…ูƒุฉ ุฎู…ุณุฉ ุฃูŠุงู…،ู‡ุฐุง ุงู„ุฌุฏูˆุงู„ ู…ู† ุงู„ูˆูƒุงู„ุฉ. ูู‡ู„ ุงู„ุฃูุถู„ ู„ู‡ ุฃู† ูŠุตู„ู‰ ุณู†ุฉ ุงู„ุฑูˆุงุชุจ ุงู„ุธู‡ุฑ، ูˆุงู„ู…ุบุฑุจ ูˆุงู„ุนุดุงุก، ุฃูˆ ูŠุชุฑูƒู‡ุง؟؟؟ ู…ุน ุฃู†ู‡ ุณูŠุตู„ู‰ ูู‰ ู…ุณุฌุฏ ุงู„ู†ุจูˆูŠ ูˆู…ุณุฌุฏ ุงู„ุญุฑุงู… ู…ุน ุงู„ุฌู…ุงุนุฉ ู…ุน ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ู…ู‚ูŠู…

๐Ÿ“ Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh, Ahsanalloohu ilaika ya syaihkana , seorang akan umroh dari Malaysia, dan akan tinggal di Madinah lima hari, dan di Makkah lima hari, dan ini adalah program dari travel, apakah yang afdhol untuknya ia sholat Sunnah rawatib Dzuhur, magrib , isya atau ia meninggalkannya??

Bersamaan dengan itu ia akan sholat di masjid Nabawi dan masjid Al haram bersama jamaah dengan imam yang muqim ??

๐Ÿ–‹ Jawaban fadhilatusy Syaikh Al faqih Abu Hamzah Hasan basy syuaib hafidzahullooh :

[11/10 02:17] ุงู„ุดูŠุฎ ุญุณู† ุจุงู„ุดุนูŠุจ: ู‡ูˆ ู…ุณุงูุฑ
ูˆุงู„ู…ุณุงูุฑ ุชุดุฑุน ู„ู‡ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุณู†ู† ุงู„ู†ูˆุงูู„ ุฅู„ุง ุฑุงุชุจุฉ ุงู„ุธู‡ุฑ ูˆุงู„ู…ุบุฑุจ ูˆุงู„ุนุดุงุก ูุงู„ุฃูุถู„ ุชุฑูƒู‡ุง

Dia adalah seorang musafir, dan musafir itu disyariatkan untuknya seluruh sholat Sunnah Nafilah kecuali sholat rawatib dzhuhur, magrib, isya, maka yang afdholnya ia meninggalkan ketiga sholat Sunnah rawatib tersebut.

๐Ÿ–‹ Jawaban fadhilatusy Syaikh Abdul Hamid Al hajury hafidzahullooh

[9/10 19:37] ุงู„ุดูŠุฎ ุนุจุฏ ุงู„ุญู…ูŠุฏ ุงู„ุญุฌูˆุฑูŠ ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡: ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡ ูŠุชุฑูƒู‡ุง

Ia meninggalkan sholat Sunnah rawatib dzhuhur, magrib, isya.

✍ Diterjemahkan oleh:

 Abu Hanan As-Suhaily Utsman As Sandakany

14 safar 1441- 13 Oktober 2019.


๐ŸŒพ *ู…ู† ู…ุฌู…ูˆุนุฉ ู†ุตูŠุญุฉ ู„ู„ู†ุณุงุก* ๐ŸŒพ

Biografi Singkat Al Imam Al Wadi’iy ‎ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡

Fawaid Maktabah Fairuz Ad Dailamiy:

Ditulis Oleh :
Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Indonesiy Al Qudsiy Al Jawiy ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡

------------------------ 

Sesungguhnya penelusuran jalan hidup seseorang itu penting sekali dalam menyingkap hakikat keadaan dan aqidah dirinya. Maka berikut ini biografi ringkas yang indah dari Al Imam Al Wadi’iy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ yang menunjukkan keimaman beliau dalam kebaikan.

Nasab beliau:

Beliau adalah Al Imam Al ‘Allamah Al Muhaddits Abu Abdirrohman Muqbil bin Hadi bin Qoyidah Al Hamdaniy Al Wadi’iy Al Yamaniy.

Tahapan beliau dalam menuntut ilmu:

Al Imam ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ memulai menuntut ilmu di Al Maktab hingga menyelesaikan masa belajar di situ, kemudian beliau pergi ke masjid Al Hadi, tapi beliau tidak terbantu untuk menuntut ilmu. Sekian lama setelah itu beliau pergi ke Tanah Suci dan Najd, lalu minta nasihat pada sebagian pemberi nasihat tentang apa sajakah kitab-kitab yang berfaidah untuk beliau beli? Maka sang penasihat membimbing beliau untuk membeli “Shohihul Bukhori”, “Bulughul Marom”, “Riyadhush Sholihih” dan “Fathul Majid”. Ketika itu beliau ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ bekerja sebagai penjaga gedung di Hajun. Lalu beliau tekun membaca kitab-kitab tadi. Dan kitab-kitab tadi menempel di benak beliau karena praktek amalan di negrinya berlainan dengan apa yang ada di dalam kitab itu, terutama “Fathul Majid”.

Selang waktu kemudian beliau pulang ke negrinya, dan mulai mengingkari perkara-perkara yang beliau dapati ada di masyarakat seperti penyembelihan untuk selain Alloh, pembangunan kubah di atas kuburan, seruan kepada orang mati, dan minta bantuan pada orang mati. Maka berita itu sampai kepada orang syi’ah sehingga membuat mereka marah. Di antara mereka ada yang berkata: “Barangsiapa menukar agamanya, maka bunuhlah dia.” Dan di antara mereka ada yang mengirim utusan pada kerabatnya dan berkata: “Jika kalian tidak menghalanginya maka kami akan memenjarakannya.”
 
Setelah terjadi berbagai tekanan, mereka membuat ketetapan yang tidak bisa dielakkan oleh beliau yaitu: mereka menetapkan untuk memasukkannya ke “Jami’ul Hadi.”
Manakala beliau mendapati bahwasanya kitab-kitab yang diajarkan itu tidak berfaidah selain “Nahwu”, dan beliau melihat bahwasanya kitab-kitab yang ditetapkan itu beraliran syi’ah mu’tazilah, beliau ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkonsentrasi pada ilmu “Nahwu”. Beliau sering menasihati seorang pengajar mereka yang bernama Muhammad bin Hauriyyah untuk meninggalkan ramalan bintang, tapi orang ini menolak dan bahkan dia menasihati para pengelola universitas ini untuk mengusir Asy Syaikh Muqbil ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡, tapi orang-orang memberikan syafa’at untuk beliau.

Ketika terjadi pemberontakan kaum republik, beliau ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ dan keluarganya meninggalkan negrinya dan tinggal di Najron. Beliau tekun menyertai syaikh beliau Abul Husain Majduddin Al Muayyad hingga beliau mengambil faidah darinya terutama ilmu bahasa Arob. Beliau tinggal di situ sekitar dua tahun, kemudian pergi ke Tanah Suci dan Najd. Beliau tinggal di Najd sekitar satu setengah bulan di Madrosah Tahfizhil Qur’an dibawah pengelolaan Asy Syaikh Muhammad bin Sinan Al Hadaiy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡. Syaikh ini sangat memuliakan beliau dikarenakan melihat beliau sangat bisa mengambil faidah ilmu.

Kemudian beliau berangkat ke Mekkah. Jika mendapatkan pekerjaan, beliau bekerja, dan menuntut ilmu di malam hari, hadir di majelis ta’lim Asy Syaikh Yahya bin Utsman Al Bakistaniy pada pelajaran “Tafsir Ibnu Katsir”, “Shohihul Bukhoriy” dan “Shohih Muslim”. Beliau juga belajar syaikh yang mulia dan tinggi ilmunya: Hakim Yahya Al Asywal Al Yamaniy di pelajaran “Subulussalam” dan yang lainnya. Beliau juga belajar syaikh yang mulia dan tinggi ilmunya: Abdurrozzaq Asy Syahidziy Al Mahwitiy, di sebagian kitab-kitab yang beliau minta untuk diajarkan.

Ketika Ma’hadul Haromil Makkiy dibuka, beliau masuk ke situ dan belajar di sebagian masyayikh yang terkemuka seperti: Asy Syaikh Abdulloh bin Muhammad bin Humaid, dan demikian pula Asy Syaikh Muhammad As Subayyil.

Setelah beliau menetap di ma’had itu, berangkatlah beliau ke Najron untuk mengambil kelu

arganya, kemudian beliau tinggal di Makkah sepanjang masa belajar di Ma’had itu selama enam tahun. Beliau belajar di antara waktu maghrib dan ‘Isya kepada Asy Syaikh Abdul ‘Aziz bin Rosyid An Najdiy. Dan belajar ke Asy Syaikh Muhammad bin Abdillah Ash Shoumaliy sekitar enam bulan, syaikh ini merupakan ayat Alloh dalam mengenal para rowi “Shohihain”. Beliau mengambil faidah yang banyak dari syaikh tadi dalam ilmu hadits.
Kemudian beliau pindah ke Madinah ke Al Jami’atul Islamiyyah di kuliah Da’wah Wal Ushuluddin. Dan termasuk syaikh beliau yang paling menonjol adalah Asy Syaikh As Sayyid Muhammad Al Hakim Al Mishriy, Asy Syaikh Mahmud Abdul Wahhab Faid Al Mishriy. 

Dan pada musim liburan beliau masuk ke kuliah syari’ah, sehingga beliau ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ menyelesaikan dua kuliah dan diberi dua ijazah. Beliau ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata: “Dan aku dengan pujian kepada Alloh tidaklah diriku peduli dengan dua ijazah itu. Yang terpandang di sisiku adalah ilmu.”

Dan pada tahun itu dibukalah di universitas itu pendidikan tinggi yang dinamakan dengan Majister. Maka beliau masuk ke pendidikan itu, yang mengkhususkan pada bagian ilmu hadits. Dan Asy Syaikh Muhammad Al Amin Al Mishriy, Asy Syaikh As Sayyid Muhammad Al Hakim Al Mishriy, Asy Syaikh Hammad bin Muhammad Al Anshoriy. Dan di sebagian malam beliau menghadiri pelajaran Al Imam Abdul ‘Aziz ibnu Baz di Al Haromul Madaniy dalam “Shohih Muslim”, juga pelajaran Al Imam Al Albaniy dalam majelis-majelis beliau yang khusus untuk para pelajar untuk mengambil faidah.

( “Tadzkirul ‘Ibad ‘Ala Ahliyyatil ‘Alamain Al Wadi’iy Wal Hajuriy Lil Ijtihad Wa Baroatuhuma Min Juhaiman Wa Jama’atil Fasad” |Terjemah Bebas:
“Kemilau Muhaddits Salafiy: Al Muhaddits Muqbil Al Wadi’iy, dan Al Muhaddits Yahya Al Hajuriy” | Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Jawiy )

๐Ÿ“š Ⓙⓞⓘⓝ Ⓒⓗⓐⓝⓝⓔⓛ ๐Ÿ“š
               ๐Ÿ“’๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™ 

Lanjutan Biografi Al Imam Al Wadi'i

Dakwah Beliau di Saudi:

Sejak beliau tinggal di Al Haromil Makkiy beliau senantiasa mengajari sebagian penuntut ilmu kitab “Qothrun Nada”, dan “At Tuhfatus Saniyyah”. Di Madinah beliau mengajari para penuntut ilmu kitab “At Tuhfatus Saniyyah”, dan di rumahnya beliau mengajarkan “Jami’ut Tirmidziy”, “Qothrun Nada” dan “Ba’itsul Hatsits”. Maka tersebarlah dakwah yang besar di Madinah sepanjang enam tahun itu, yang dilaksanakan oleh beliau dan sebagian rekan beliau. Dan berlangsunglah safari dakwah di seluruh penjuru kerajaan Saudi, sehingga masyarakat bisa mengambil faidah dan mencintai dakwah.

Ketika fitnah Juhaiman dan gerombolannya menyala, pemerintah Saudi memerintahkan untuk memulangkan seluruh orang asing.

Ketika tiba di Yaman, pulanglah Al Imam Al Wadi’iy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ke desa beliau dan tinggal di sana sambil mengajarkan Al Qur’an pada anak-anak, dan menegakkan dakwah. Maka syi’ah dan para musuh Islam mulai menyerang beliau.
Pada suatu hari salah seorang pejabat memanggil beliau, maka masuklah beliau menemuinya disertai dengan Husain bin Qoid Majalli, lalu mulailah beliau bicara tentang syi’ah, dan menerangkan bahwasanya syaikh dan orang-orang yang bersama beliau itu mengajak orang kepada Al Kitab dan As Sunnah, dan bahwasanya Syi’ah merasa dengki pada mereka dengan dakwah tadi, syi’ah takut akan munculnya kebenaran. Maka sang pejabat berkata: “Sesungguhnya syi’ah telah membuat hitam sejarah Yaman. Selama dakwah Anda adalah demikian tadi, maka teruslah berdakwah, kami bersama Anda.”

Setelah itu beliau ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ tinggal di perpustakaan beliau. Dalam waktu sebentar tiba-tiba saja datang beberapa orang Mesir, maka beliau ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ membuka pelajaran dari kitab-kitab hadits dan bahasa untuk mereka. Dan terus-menerus para pelajar berkunjung dari Mesir, Kuwait, Tanah Suci dan Najd, Aljazair, Libia, Somalia, Belgia, dan dari banyak negri Islam dan yang selainnya.

Semangat beliau untuk mengajari para muridnya dan keluarganya sendiri:

 Al Imam ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ terus bersemangat dalam ilmu. Beliau sangat memperhatikan pendidikan. Beliau punya sejumlah pelajaran. Dulu beliau mengajarkan satu jam sebelum zhuhur kitab beliau “Ash Shohihul Musnad Mimma Laisa Fish Shohihain.” Seusai itu beliau mulai mengajarkan “Al Jami’ush Shohih Mimma Laisa Fish Shohihain.” Setelah sholat zhuhur beliau mengajarkan sehari “Tafsir Ibnu Katsir”, sehari kitab beliau “Ash Shohihul Musnad Min Asbabin Nuzul.” Seusai itu beliau menjadikan posisi kitab tadi dengan kitab “Al Jami’ush Shohih Mimma Laisa Fish Shohihain,” maka jadilah sehari “Tafsir Ibnu Katsir”, sehari “Al Jami’ush Shohih Mimma Laisa Fish Shohihain.”

 Setelah ashr beliau mengajarkan “Shohihul Bukhoriy”, setelah maghrib mengajarkan “Shohih Muslim” dan kitab beliau “Ahadits Mu’allah Zhohiruhash Shihhah”. Setelah selesai dari kitab itu, beliau mengajarkan kitab beliau “Ghorotul Fishol ‘Alal Mu’tadina ‘Ala Kutubil ‘Ilal”. Setelah selesai dari kitab itu, beliau mengajarkan kitab beliau “Dzammul Mas’alah” hanya saja beliau sering tidak hadir manakala penyakit beliau mulai parah. Kitab beliau semuanya beliau ajarkan bersama dengan “Shohih Muslim”. Setelah selesai dari kitab “Dzammil Mas’alah”, beliau mengajarkan kitab beliau “Ash Shohihul Musnad Min Dalailun Nubuwwah”, beliau jadikan sehari kitab itu dan sehari “Shohih Muslim”. Bersamaan dengan dua kitab ini beliau juga mengajarkan kitab “Al Mustadrok” dan kitab beliau “Ash Shohihul Musnad Fil Qodar”. Inilah dars Al Imam Al Wadi’iy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ yang khusus di Darul Hadits.

 Jika beliau pindah ke rumah, beliau mengajari putri beliau Ummu Abdillah kitab “Qothrun Nada”, kemudian para istrinya membaca di hadapan beliau satu hadits dari kitab beliau “Dalailun Nubuwwah”. Beliau juga mengajari mereka imla (dikte). Beliau juga mengajari istri beliau Ummu Syu’aib “Al Mutammimah” sebelum tidur.

( Kemilau Muhaddits Salafiy, Muqbil bin Hadi Al Wadi'i dan Yahya Al Hajuriy | Ditulis : Abu Fairuz Abdurrohman Al Jawiy )


๐Ÿ“š Ⓙⓞⓘⓝ Ⓒⓗⓐⓝⓝⓔⓛ ๐Ÿ“š
               ๐Ÿ“’๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™ 

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...