❌Tuduhan terhadap Syaikh Yahya : "Ghuluw" dan Berlebihan Dalam Membid'ahkan❌

 بسم الله الرحمن الرحيم


🚫🚫 Bantahan ❗️❗️

❌Tuduhan terhadap Syaikh Yahya : "Ghuluw" dan Berlebihan Dalam Membid'ahkan❌

👎Luqman berkata: "Yang kedua sebaliknya: Ekstrim dan berlebihan dalam memvonis orang lain sebagai Ahlul bid'ah. Fitnah kedua ini sebenarnya sudah ada beberapa contoh fitnah lainnya yang sebelumnya dan mendahuluinya. Yaitu fitnah yang dimunculkan oleh Mahmud Al Haddad Abu Abdillah yang kemudian dikenal dengan kelompok al haddadiyyah. Ternyata kelompok al haddadiyyah ini muncul semisal dengannya dan lebih dahsyat lagi, dimunculkan oleh seorang yang bernama Yahya bin Ali Al Hajuriy yang kemudian sebagian ulama di Yaman menyebutkan fitnah al Hajuriyyah, memberikan nama untuknya sebagai fitnah al Hajuriyyah."

-----------------------

⚔⚔⚔ 💥💥💥
Maka jawabannya –dengan taufiq dari Alloh- adalah sebagai berikut:

Termasuk dari kebiasaan pengekor hawa nafsu yang lembek manhajnya dan bermudah-mudah dalam agamanya adalah: mereka menuduh para penasihat yang cemburu terhadap agamanya dan kokoh dalam manhajnya, bahwasanya mereka itu adalah orang yang ekstrim, keras dan melampaui batas.

💥Abdul Majid Az Zindaniy menuduh para salafiyyin sebagai kelompok yang keras, dikarenakan mereka mengkritik para tokoh. (rujuk "Tuhfatul Mujib"/karya Al Imam Al Wadi'iy رحمه الله /hal. 367/cet. Darul Atsar).

💥Para Ikhwaniyyun juga menuduh kita sebagai kelompok keras karena kita memakai nama Ahlussunnah, dan yang demikian itu menurut mereka membuat larinnya orang-orang. (rujuk "Maqtalusy Syaikh Jamilirrohman"/karya Al Imam Al Wadi'iy رحمه الله /hal. 38/cet. Darul Atsar).

💥Abdulloh bin Gholib As Sururiy menuduh Al Imam Al Wadi'iy رحمه الله bahwasanya beliau itu keras dalam mengkritik, dan berlebihan dalam mengkritik para hizbiyyin. (rujuk apa yang dinukilkan oleh Abu Hammam Al Baidhoniy وفقه الله dalam "Nubdzatun Yasiroh Min A'lamil Jaziroh, Tarjumatusy Syaikh Muqbil رحمه الله/hal. 115).

💥Abul Hasan Al Mishriy menuduh bahwa orang yang membid'ahkan Ikhwanul Muslimin itu telah berlebihan. ("Majmu'ur Rudud 'Ala Abil Hasan"/karya Asy Syaikh Robi’ هداه الله/hal. 387).

💥Ibrohim bin Hasan Asy Sya'biy mencerca para masyayikh: Ahmad An Najmiy, Robi' Al Madkholiy, dan Zaid bin Muhammad Al Madkholiy bahwasanya beliau-beliau tersebut adalah orang-orang keras." (rujuk "Ar Roddul Muhabbar"/karya Asy Syaikh Ahmad An Najmiy رحمه الله/hal. 151).

❄️Ukuran berlebihan dan pertengahan dan bermudah-mudah itu harusnya dikembalikan kepada dalil-dalil dan argumentasi-argumentasi. Dan alhamdulillah, Asy Syaikh Yahya حفظه الله sangat berhati-hati saat melihat kebatilan seseorang, menasihatinya berkali-kali dan bersabar menanti hidayah untuknya. Jika dilihat penentangannya terhadap kebenaran setelah ditegakkan dan ditunggu, maka barulah diberikan hukum sesuai dengan haknya.

( Nukilan dari kitab "Jawaban Ahlussunnah untuk Para Pengekor Haddadiyyah" -Arofat, Abdulloh al Bukhori, Luqman Ba'abduh- karya Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Qudsiy Al Jawiy )

”Siapa yang mengetahui kematiannya, maka musibah-musibah di dunia itu akan mudah baginya”

 ↪️ Berkata Ka'ab al Akhbaar radhiyallahu 'anhu


”Siapa yang mengetahui kematiannya, maka musibah-musibah di dunia itu akan mudah baginya”

📚Nuzhatul Majaalis hal. 58

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

يٰأَيُّهَا الإِنسٰنُ ما غَرَّكَ بِرَبِّكَ الكَريمِ

”Apa yang memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Rabbmu yang maha pemurah?”

Maros, 29 Safar 1438H

◾️There is no ijtihād with the presence of legislative textual evidence◾️


🌹 بســـم اللــه الرحــمــن الـرحـــيــم 🌹


2◾️There is no ijtihād with the presence of legislative textual evidence◾️

Answered by Shaykh Abu Hamza Hassan bin Muhammed Ba Shu'ayb - may Allah preserve him- on the 25th, Showaal, 1436H

📝🔹Question:

Explain for us this principle:

"There is no rebuke in places of differing"

📩🔸Answer:

The correct principle is:

"There is no rebuke in areas of ijtihād"

The affairs where there is ijtihād there is no rebuke upon he who opposes, there's no ijtihād if there was to be legislative textual evidence, here the opposer is rebuked.

____
Translated by:
Abu 'Abdirrahman 'Abdullaah bin Ahmed Ash-Shingaani

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...