◾️The condition of the Jam'iyyah Ihyฤ At-Turฤth Al-Islฤmi (the revival of the islamic heritance society)◾️

๐ŸŒน ุจุณู€ู€ู€ู… ุงู„ู„ู€ู€ู‡ ุงู„ุฑุญู€ู€ู…ู€ู€ู† ุงู„ู€ุฑุญู€ู€ู€ูŠู€ู€ู… ๐ŸŒน


◾️The condition of the Jam'iyyah Ihyฤ At-Turฤth Al-Islฤmi (the revival of the islamic heritance society)◾️

Answered by Shaykh Abu Hamza Hassan bin Muhammed Ba Shu'ayb - may Allah preserve him- on the 24th, Thil-Hijah, 1436H

๐Ÿ“๐Ÿ”นQuestion:

O Shaykh, may Allah bless you, what is the condition of the organisation Ihyฤ At-Turฤth?

๐Ÿ“ฉ๐Ÿ”ธAnswer:

This organisation treads upon the Qutbi, Surลซri methodology, for this reason you find the hearts of the Hizbiyoon [the bigoted and partisan] inclining to it.

____
Translated by:
Abu 'Abdirrahman 'Abdullaah bin Ahmed Ash-Shingaani

Tuduhan terhadap Syaikh Yahya : "Ghuluw" dan Berlebihan Dalam Membid'ahkan

 ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…


๐Ÿšซ๐Ÿšซ Bantahan ❗️❗️

❌Tuduhan terhadap Syaikh Yahya : "Ghuluw" dan Berlebihan Dalam Membid'ahkan❌

๐Ÿ‘ŽLuqman berkata: "Yang kedua sebaliknya: Ekstrim dan berlebihan dalam memvonis orang lain sebagai Ahlul bid'ah. Fitnah kedua ini sebenarnya sudah ada beberapa contoh fitnah lainnya yang sebelumnya dan mendahuluinya. Yaitu fitnah yang dimunculkan oleh Mahmud Al Haddad Abu Abdillah yang kemudian dikenal dengan kelompok al haddadiyyah. Ternyata kelompok al haddadiyyah ini muncul semisal dengannya dan lebih dahsyat lagi, dimunculkan oleh seorang yang bernama Yahya bin Ali Al Hajuriy yang kemudian sebagian ulama di Yaman menyebutkan fitnah al Hajuriyyah, memberikan nama untuknya sebagai fitnah al Hajuriyyah."

-----------------------

⚔⚔⚔ ๐Ÿ’ฅ๐Ÿ’ฅ๐Ÿ’ฅ
Maka jawabannya –dengan taufiq dari Alloh- adalah sebagai berikut:

Termasuk dari kebiasaan pengekor hawa nafsu yang lembek manhajnya dan bermudah-mudah dalam agamanya adalah: mereka menuduh para penasihat yang cemburu terhadap agamanya dan kokoh dalam manhajnya, bahwasanya mereka itu adalah orang yang ekstrim, keras dan melampaui batas.

๐Ÿ’ฅAbdul Majid Az Zindaniy menuduh para salafiyyin sebagai kelompok yang keras, dikarenakan mereka mengkritik para tokoh. (rujuk "Tuhfatul Mujib"/karya Al Imam Al Wadi'iy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ /hal. 367/cet. Darul Atsar).

๐Ÿ’ฅPara Ikhwaniyyun juga menuduh kita sebagai kelompok keras karena kita memakai nama Ahlussunnah, dan yang demikian itu menurut mereka membuat larinnya orang-orang. (rujuk "Maqtalusy Syaikh Jamilirrohman"/karya Al Imam Al Wadi'iy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ /hal. 38/cet. Darul Atsar).

๐Ÿ’ฅAbdulloh bin Gholib As Sururiy menuduh Al Imam Al Wadi'iy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ bahwasanya beliau itu keras dalam mengkritik, dan berlebihan dalam mengkritik para hizbiyyin. (rujuk apa yang dinukilkan oleh Abu Hammam Al Baidhoniy ูˆูู‚ู‡ ุงู„ู„ู‡ dalam "Nubdzatun Yasiroh Min A'lamil Jaziroh, Tarjumatusy Syaikh Muqbil ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡/hal. 115).

๐Ÿ’ฅAbul Hasan Al Mishriy menuduh bahwa orang yang membid'ahkan Ikhwanul Muslimin itu telah berlebihan. ("Majmu'ur Rudud 'Ala Abil Hasan"/karya Asy Syaikh Robi’ ู‡ุฏุงู‡ ุงู„ู„ู‡/hal. 387).

๐Ÿ’ฅIbrohim bin Hasan Asy Sya'biy mencerca para masyayikh: Ahmad An Najmiy, Robi' Al Madkholiy, dan Zaid bin Muhammad Al Madkholiy bahwasanya beliau-beliau tersebut adalah orang-orang keras." (rujuk "Ar Roddul Muhabbar"/karya Asy Syaikh Ahmad An Najmiy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡/hal. 151).

❄️Ukuran berlebihan dan pertengahan dan bermudah-mudah itu harusnya dikembalikan kepada dalil-dalil dan argumentasi-argumentasi. Dan alhamdulillah, Asy Syaikh Yahya ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ sangat berhati-hati saat melihat kebatilan seseorang, menasihatinya berkali-kali dan bersabar menanti hidayah untuknya. Jika dilihat penentangannya terhadap kebenaran setelah ditegakkan dan ditunggu, maka barulah diberikan hukum sesuai dengan haknya.

( Nukilan dari kitab "Jawaban Ahlussunnah untuk Para Pengekor Haddadiyyah" -Arofat, Abdulloh al Bukhori, Luqman Ba'abduh- karya Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Qudsiy Al Jawiy )

Janganlah Engkau Menyembunyikan Kebenaran

LARANGAN MENYEMBUNYIKAN KEBENARAN KARENA TAKUT KEPADA MANUSIA ATAU KARENA KEINGINAN UNTUK MENDAPATKAN PENGHIDUPAN.


๐Ÿ–Š Berkata Asy Syaikh Al 'Allamah Al_baniy Rahimahullahu Ta'ala;

ูˆููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซ : 
ุงู„ู†ู‡ูŠ ุงู„ู…ุคูƒุฏ ุนู† ูƒุชู…ุงู† ุงู„ุญู‚ّ
ุฎูˆูุง ู…ู† ุงู„ู†ّุงุณ ، ุฃูˆ ุทู…ุนุง ููŠ ุงู„ู…ุนุงุด ، ููƒู„ ู…َู† ูƒุชู…ู‡ ู…ุฎุงูุฉ ุฅูŠุฐุงุฆู‡ู… ุฅูŠุงู‡ ุจู†ูˆุน ู…ู† ุฃู†ูˆุงุน ุงู„ุฅูŠุฐุงุก ؛ ูƒุงู„ุถุฑุจ ูˆุงู„ุดุชู… ูˆู‚ุทุน ุงู„ุฑุฒู‚ ، ุฃูˆ ู…ุฎุงูุฉ ุนุฏู… ุงุญุชุฑุงู…ู‡ู… ุฅูŠุงู‡ ، ูˆู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ ؛ ูู‡ูˆ ุฏุงุฎู„ ููŠ ุงู„ู†ู‡ูŠ ูˆู…ุฎุงู„ู ู„ู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ،  ูˆุฅุฐุง ูƒุงู† ู‡ุฐุง ุญุงู„ ู…ู† ูŠูƒุชู… ุงู„ุญู‚ ูˆู‡ูˆ ูŠุนู„ู…ู‡ ؛
ููƒูŠู ูŠูƒูˆู† ุญุงู„ ู…ู† ู„ุง ูŠูƒุชูู‰ ุจุฐู„ูƒ ، ุจู„ ูŠุดู‡ุฏ ุจุงู„ุจุงุทู„ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุงู„ุฃุจุฑูŠุงุก، ูˆูŠุชู‡ู…ู‡ู… ููŠ ุฏูŠู†ู‡ู… ูˆุนู‚ูŠุฏุชู‡ู… ู…ุณุงูŠุฑุฉ ู…ู†ู‡ ู„ู„ุฑุนุงุน، ุฃูˆ ู…ุฎุงูุฉ ุฃู† ูŠุชู‡ู…ูˆู‡ ู‡ูˆ ุฃูŠุถุง ุจุงู„ุจุงุทู„ ุฅุฐุง ู„ู… ูŠุณุงูŠุฑู‡ู… ุนู„ู‰ ุถู„ุงู„ู‡ู… ูˆุงุชู‡ุงู…ู‡ู… ؟! 

ูุงู„ู„ู‡ู… ุซุจุชู†ุง ุนู„ู‰ ุงู„ุญู‚ ، 
ูˆุฅุฐุง ุฃุฑุฏุช ุจุนุจุงุฏูƒ ูุชู†ุฉ ؛ 
ูุงู‚ุจุถู†ุง ุฅู„ูŠูƒ ุบูŠุฑ ู…ูุชูˆู†ูŠู† .

”Pada hadits ini terdapat larangan yang ditekankan dari perbuatan menyembunyikan kebenaran karena takut kepada manusia atau karena keinginan untuk mendapatkan penghidupan. Jadi siapa saja yang menyembunyikan Al Haq  karena takut atas gangguan mereka terhadapnya dengan sesuatu yang menyakitkan, seperti pukulan, cacian, dan terputusnya rezeki, atau takut mereka tidak lagi menghormatinya, dan semisalnya, maka itu termasuk dalam larangan dan menyelisihi Nabi Shallallahu 'alaihi was Sallam.

Dan jika seperti ini keadaan orang yang menyembunyikan kebenaran dalam keadaan dia mengetahuinya, maka bagaimana lagi dengan keadaan orang yang tidak hanya sebatas melakukan hal itu saja (dengan menyembunyikan Al Haq, tidak mau menyampaikan, tambahan pent'), bahkan dia bersaksi secara bathil untuk menjatuhkan kaum muslimin yang tidak bersalah, menuduh sesat agama dan 'aqidah mereka demi mengikuti kemauan orang-orang awam, atau karena dia juga takut mereka akan menuduhnya dengan kebathilan jika dia tidak sejalan dengan mereka dalam kesesatan dan tuduhan dusta mereka.

Yaa Allah, kokohkanlah kami di atas kebenaran, dan jika Engkau ingin menimpakan fitnah kepada hamba-hamba-Mu, maka wafatkanlah kami dalam keadaan tanpa terfitnah."

๐Ÿ“š Silsilah Ash Shahihah, No. 168


✍️ *Faedah dari Al Ustadz Abu Hanan As-Suhaily Utsman As Sandakany ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰*


#dakwah #alhaq

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...