๐ฅDAN HASAD ITU HAROM ! ❌
๐Telah shohih dari Abu Huroiroh ุฑุถู ุงููู ุนูู dari Nabi ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
yang bersabda:
«ุฅูุงูู
ูุงูุธู ูุฅู ุงูุธู ุฃูุฐุจ ุงูุญุฏูุซ ููุง ุชุญุณุณูุง ููุง ุชุฌุณุณูุง ููุง ุชุญุงุณุฏูุง ููุง ุชุฏุงุจุฑูุง ููุง ุชุจุงุบุถูุง ูููููุง ุนุจุงุฏ ุงููู ุฅุฎูุงูุง». (ุฃุฎุฑุฌู ุงูุจุฎุงุฑู (6064) ูู
ุณูู
(2563)).
“Hindarilah oleh kalian dugaan, karena sesungguhnya dugaan itu adalah perkataan yang paling dusta. Dan janganlah kalian tahassus (mencari berita rahasia untuk diri sendiri), jangan tajassus (mencari berita rahasia untuk orang lain), janganlah kalian saling dengki, janganlah kalian saling membelakangi, janganlah kalian saling membenci. Dan jadilah kalian –wahai hamba Alloh- bersaudara.”
(HR. Al Bukhoriy (6064) dan Muslim (2563)).
Al Imam An Nawawiy ุฑุญู
ู ุงููู berkata:
“Telah saling mendukung dalil-dalil syariat dan kesepakatan ulama tentang haromnya hasad, dan haromnya menghina muslimin, dan haromnya menginginkan kejelekan menimpa mereka, dan amalan-amalan hati yang jelek yang lain dan larangan bertekad untuk itu. Allohu a’lam.”
(“Al Minhaj”/2/hal. 152).
Dari Ibnu Mas’ud ุฑุถู ุงููู ุนูู dari Nabi ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
yang bersabda:
«ูุง ุญุณุฏ ุฅูุง ูู ุงุซูุชูู ุฑุฌู ุขุชุงู ุงููู ู
ุงูุง ูุณูุทู ุนูู ูููุชู ูู ุงูุญู ูุฑุฌู ุขุชุงู ุงููู ุญูู
ุฉ ููู ููุถู ุจูุง ููุนูู
ูุง». (ุฃุฎุฑุฌู ุงูุจุฎุงุฑู (1409) ูู
ุณูู
(816)).
"Tak boleh ada hasad kecuali terhadap dua orang: orang yang Alloh beri harta, maka dia menghabiskannya dalam kebenaran. Dan orang yang Alloh beri hikmah maka dia menghukumi dengan itu dan mengajarkannya."
(HR. Al Bukhoriy (1409) dan Muslim (816)).
Al Imam An Nawawiy ุฑุญู
ู ุงููู berkata:
“Para ulama berkata: hasad itu ada dua macam: sejati dan majaz. Hasad sejati adalah: angan-angan untuk hilangnya nikmat dari pemiliknya. Dan ini harom dengan kesepakatan umat beserta nash-nash yang shohih. Adapun hasad yang majaz adalah: ghibthoh, yaitu mengangankan seperti kenikmatan yang ada pada orang lain tanpa mengharapkan hilangnya nikmat tadi dari pemiliknya. Jika Ghibthoh itu termasuk dalam perkara dunia, maka boleh saja, tapi jika dalam perkara ketaatan, maka mustahab. Dan yang dimaksudkan dalam hadits tadi adalah: tidak ada ghibthoh yang disukai kecuali pada dua karakter ini tadi, dan yang semakna dengan itu.”
(“Al Minhaj”/6/hal. 97).
Dan dari Abdulloh bin Amr ibnil ‘Ash ุฑุถู ุงููู ุนููู
ุง :
ุนู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู
ุฃูู ูุงู: «ุฅุฐุง ูุชุญุช ุนูููู
ูุงุฑุณ ูุงูุฑูู
ุฃู ููู
ุฃูุชู
؟» ูุงู ุนุจุฏุงูุฑุญู
ู ุจู ุนูู: ูููู ูู
ุง ุฃู
ุฑูุง ุงููู. ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู
: «ุฃู ุบูุฑ ุฐูู ุชุชูุงูุณูู ุซู
ุชุชุญุงุณุฏูู ุซู
ุชุชุฏุงุจุฑูู ุซู
ุชุชุจุงุบุถูู ุฃู ูุญู ุฐูู ุซู
ุชูุทูููู ูู ู
ุณุงููู ุงูู
ูุงุฌุฑูู ูุชุฌุนููู ุจุนุถูู
ุนูู ุฑูุงุจ ุจุนุถ». (ุฃุฎุฑุฌู ู
ุณูู
(2962)).
“Dari Rosululloh ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
bahwasanya beliau bersabda:
“Jika dibukakan untuk kalian Persia dan Romawi, seperti kaum yang manakah kalian?” Abdurrohman bin Auf menjawab: “Kami berbuat seperti yang diperintahkan oleh Alloh.”
Rosululloh ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
bersabda:
“Ataukah selain itu: kalian saling berlomba lalu kalian saling mendengki, lalu kalian saling membelakangi, lalu kalian saling membenci, atau yang seperti itu, lalu kalian berangkat ke orang-orang miskin muhajirin, lalu kalian menjadikan sebagian kalian menjadi pemimpin terhadap sebagian yang lain?”
(HR. Muslim (2962)).
Al Imam An Nawawiy ุฑุญู
ู ุงููู berkata:
“Para ulama berkata: tanafus adalah saling berlomba untuk mendapatkan sesuatu, dan tidak suka orang lain mengambilnya. Dan itu adalah derajat hasad yang pertama. Hasad adalah: angan-angan untuk hilangnya nikmat dari pemiliknya. Tadabur adalah saling memutus hubungan. Terkadang bersamaan dengan itu masih ada sedikit rasa cinta atau tidak terjadi saling cinta ataupun juga saling benci. Saling benci adalah setelah itu. Oleh karena itulah diurutkan dalam hadits ini.”
(“Al Minhaj”/18/hal. 96-97).
Maka sebagaimana hasad itu harom, demikian pula sarana yang menyampaikan ke situ juga harom.
Kemudian sesungguhnya hasad adalah penyakit yang berbahaya terhadap pelakunya, dan terkadang menyebabkan dia menzholimi yang lain.
Penyair berkata:
ُّูู ุงูุนَุฏุงูุฉ ูุฏ ุชُุฑْุฌَู ุฅู
ุงุชุชُูุง ... ุฅูุง ุนَุฏَุงَูุฉَ ู
َู ุนุงุฏุงَู ู
ِู ุญَุณَุฏِ
"Setiap permusuhan itu bisa diharapkan untuk dipadam