๐Ÿƒ✔ BERPRASANGKA BAIKLAH KEPADA ROB-MU !!!

๐Ÿƒ BERPRASANGKA BAIKLAH KEPADA ROB-MU !!!

(( ุญุณู† ุงู„ุธู† ุจุงู„ู„ู‡ ))


 Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhuma berkata  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Jangalah salah seorang dari kalian meninggal dunia kecuali ia berbaik sangka kepada Allah 'azza wajalla."

 

[๐Ÿ“– HR. Muslim]

 

▪️ ุนู† ุฌุงุจุฑ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฃู†ุตุงุฑูŠ ู‚ุงู„:

 

((( ุณู…ุนุชُ ุฑุณูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ

ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ، ู‚ุจู„ ู…ูˆุชِู‡ ุจุซู„ุงุซุฉِ ุฃูŠุงู…ٍ ، ูŠู‚ูˆู„ " ู„ุง ูŠู…ูˆุชู†َّ ุฃุญุฏูƒู… ุฅู„ุง ูˆู‡ูˆ ูŠุญุณู†ُ ุงู„ุธู†َّ ุจุงู„ู„ู‡ِ ุนุฒَّ ูˆุฌู„َّ ))

 

๐Ÿ“š ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู… - ุฑู‚ู…: (2877)

 

 Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda Allah  Jalla wa Ala berfirman:

 

Aku pada persangkaan hambaku pada-Ku, bila ia ia berbaik sangka maka untuknya lah kebaikan, apabila ia berburuk sangka maka baginya pula keburukan.

 

[๐Ÿ“– Shahih At Targhib 3386]

 

▪️  ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡

ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… :-

 

(( ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‡ُ ุฌَู„َّ ูˆุนَู„ุง : ุฃู†ุง ุนู†ุฏَ ุธَู†ِّ ุนَุจุฏูŠ ุจูŠ ، ุฅู†ْ ุธَู†َّ ุฎูŠุฑًุง ูَู„ู‡ُ ، ูˆุฅู†ْ ุธَู†َّ ุดَุฑًّุง ูَู„ู‡ُ ))

 

๐Ÿ‘ˆ๐Ÿฝ ุตุญุญู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ  ููŠ

๐Ÿ“š ุตุญูŠุญ ุงู„ุชุฑุบูŠุจ - ุฑู‚ู…: (3386)

 

 Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata:

 

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam masuk menjumpai seorang pemuda yang sedang sakit menjelang wafatnya, beliau bertanya padanya: Apa yg kamu rasakan? ia menjawab: Aku mengharap (rahmat) Allah dan aku kawatir akan dosaku.

 

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Tidaklah 2 perkara itu terkumpul dihati seorang hamba disaat seperti ini melainkan Allah akan memberikan ya ia harapkan dan mengamankannya dari yang ia kawatirkan.

 

[๐Ÿ“š Shahih Ibnu Majah 3455]

 

▪️ ุนู† ุฃู†ุณ ุจู† ู…ุงู„ูƒ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„:

 

(( ุฏุฎู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡

ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู„ู‰ ุดุงุจٍّ ูˆَู‡ูˆَ ููŠ ุงู„ู…ูˆุชِ ، ูู‚ุงู„َ : ูƒูŠูَ ุชَุฌุฏُูƒَ ؟ ู‚ุงู„َ : ุฃุฑุฌูˆ ุงู„ู„َّู‡َ ูŠุง ุฑุณูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆุฃَุฎุงูُ ุฐู†ูˆุจูŠ ، ูู‚ุงู„َ ุฑุณูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนู„َูŠู‡ِ ูˆุณู„َّู…َ : ู„ุง ูŠุฌุชَู…ุนุงู†ِ ููŠ ู‚َู„ุจِ ุนَุจุฏٍ ููŠ ู…ุซู„ِ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ูˆุทู†ِ ، ุฅู„َّุง ุฃุนุทุงู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ู…ุง ูŠَุฑุฌูˆ ، ูˆุขู…ู†َู‡ُ ู…ِู…َّุง ูŠุฎุงูُ ))

 

๐Ÿ‘ˆ๐Ÿฝ ุญุณู†ู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ  ููŠ

๐Ÿ“š ุตุญูŠุญ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡ - ุฑู‚ู…: (3455)

 

๐Ÿ’Ž Berkata Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata:

 

Tidak diragukan bahwa berprasangka baik kepada Allah akan terwujud dengan sifat ihsan (baik), karena orang yg baik tentu berprasangka baik kepada Rabb-nya, Allah akan membalas akan kebaikannya, tidak menyelisihi janji-Nya, menerima taubatnya.

 

Adapun orang buruk, ia akan terus melakukan dosa besar, kedzaliman, dan penyelisihan. Sebab kejahatan dosa, kedzaliman dan keharaman menghalanginya dari berbaik sangka pada Rabbnya .

 

Dan hal ini ada pada kenyataan, yaitu budak yg durhaka, buruk dan menentang tuannya tentu tidak berbaik sangka pada tuannya.

 

Kejamnya kejahatan tidak akan mungkin tergabung dengan prasangka baik selamanya. Sebab pelaku kejahatan akan merasa liar sesuai kadar kejahatannya.

 

Dan orang yg paling baik prasangkanya kepada Rabb adalah yg paling taat pada-Nya.

 

Sebagaimana yg dikatakan oleh Al Hasan Al Basry rahimahullah:

 

_*"Seorang mukmin itu berbaik sangka pada Rabbnya maka iapun beramal baik, dan orang jahat itu berburuk sangka pada Rabb-Nya maka iapun berbuat buruk."*_

 

[๐Ÿ“š Al Jawab Al Kafi 25]

 

▪️ ู‚ุงู„ ุงุจู† ุงู„ู‚ูŠู… - ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ -:

 

ูˆู„ุง ุฑูŠุจ ุฃู† ุญุณู† ุงู„ุธู† ุจุงู„ู„ู‡ ุฅู†ู…ุง ูŠูƒูˆู† ู…ุน ุงู„ุฅุญุณุงู† ، ูุฅู† ุงู„ู…ุญุณู† ุญุณู† ุงู„ุธู† ุจุฑุจู‡ ، ุฃู†ู‡ ูŠุฌุงุฒูŠู‡ ุนู„ู‰ ุฅุญุณุงู†ู‡ ، ูˆู„ุง ูŠุฎู„ู ูˆุนุฏู‡ ، ูˆูŠู‚ุจู„ ุชูˆุจุชู‡ ، ูˆุฃู…ุง ุงู„ู…ุณูŠุก ุงู„ู…ุตุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ูƒุจุงุฆุฑ ูˆุงู„ุธู„ู… ูˆุงู„ู…ุฎุงู„ูุงุช ูุฅู† ูˆุญุดุฉ ุงู„ู…ุนุงุตูŠ ูˆุงู„ุธู„ู… ูˆุงู„ุญุฑุงู… ุชู…ู†ุนู‡ ู…ู† ุญุณู† ุงู„ุธู† ุจุฑุจู‡ ، ูˆู‡ุฐุง ู…ูˆุฌูˆุฏ ููŠ ุงู„ุดุงู‡ุฏ ูุฅู† ุงู„ุนุจุฏ ุงู„ุขุจู‚ ุงู„ู…ุณูŠุก ุงู„ุฎุงุฑุฌ ุนู† ุทุงุนุฉ ุณูŠุฏู‡  ู„ุง ูŠุญุณู† ุงู„ุธู† ุจู‡ ، ูˆู„ุง ูŠุฌุงู…ุน ูˆุญุดุฉ ุงู„ุฅุณุงุกุฉ ุฅุญุณุงู† ุงู„ุธู† ุฃุจุฏุงً ، ูุฅู† ุงู„ู…ุณูŠุก ู…ุณุชูˆุญุด ุจู‚ุฏุฑ ุฅุณุงุกุชู‡ ،  ูˆุฃุญุณู† ุงู„ู†ุงุณ ุธู†ุงً ุจุฑุจู‡ ุฃุทูˆุนู‡ู… ู„ู‡ . ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุงู„ุญุณู† ุงู„ุจุตุฑูŠ:

 

(( ุฅู† ุงู„ู…ุคู…ู† ุฃุญุณู† ุงู„ุธู† ุจุฑุจู‡ ูุฃุญุณู† ุงู„ุนู…ู„ ، ูˆุฃู† ุงู„ูุงุฌุฑ ุฃุณุงุก ุงู„ุธู† ุจุฑุจู‡ ูุฃุณุงุก ุงู„ุนู…ู„ ))".

 

๐Ÿ“šุงู„ุฌูˆุงุจ ุงู„ูƒุงููŠ : ( ูขูฅ ) ุทู€ . ุฏุงุฑ ุงู„ู…ุนุฑูุฉ

 


๐Ÿ’Ž Faedah ๐Ÿผ oleh: Ustadz Abu Ubayd Fadhli Mangkutana SulSel -hafidhohulloh-



Telegram: @fawaaidassunnah 
https://t.me/fawaaidassunnah

๐ŸŽ‹๐Ÿ”ญ SIAPA " TEMAN DUDUK " MU..? ๐Ÿ–๐ŸŽ‹

๐ŸŽ‹๐Ÿ”ญ SIAPA " TEMAN DUDUK " MU..? ๐Ÿ–๐ŸŽ‹

 

Alloh Azza wa Jalla menciptakan ruh dan menciptakan sifat-sifat khusus untuk ruh tersebut. Diantara sifat ruh (jiwa) adalah dia tdk mau berkumpul dan bergaul dgn selain jenisnya.

 

Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam telah menegaskan hakekat ini melalui lisanya yg mulia:

 

*ุงู„ุฃَุฑْูˆَุงุญُ ุฌُู†ُูˆุฏٌ ู…ُุฌَู†َّุฏَุฉٌ ูَู…َุง ุชَุนَุงุฑَูَ ู…ِู†ْู‡َุง ุงุฆْุชَู„َูَ ูˆَู…َุง ุชَู†َุงูƒَุฑَ ู…ِู†ْู‡َุง ุงุฎْุชَู„َูَ*

๐ŸŽ‹ " Ruh² itu bagaikan pasukan yg berkumpul (berkelompok²). (Oleh karena itu), jika mereka saling mengenal maka mereka akan bersatu, dan jika saling tdk mengenal maka akan berbeda (berpisah²)" 

[HR. Bukhori no.3336 dan Muslim no.6708]

 

Memilih teman yg baik pemahaman agamanya adalah sesuatu yg tak bisa dianggap remeh. Karena itu, Islam mengajarkan agar kita tak salah dlm memilihnya.

 

Sebagaimana perkataan Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam:

 

*ุงู„ุฑَّุฌُู„ُ ุนَู„َู‰ ุฏِูŠู†ِ ุฎَู„ِูŠู„ِู‡ِ ูَู„ْูŠَู†ْุธُุฑْ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ู…َู†ْ ูŠُุฎَุงู„ِู„ُ*

๐ŸŽ‹ " Seseorang itu diatas agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yg dijadikan teman."

[HR. Abu Dawud no.4833 dan At Tirmidzi no.2378. (Ash Shohihah no.927)]

 

Adalah suatu keniscayaan yg difahami, bahwa seorang teman memiliki pengaruh yg sangat besar terhadap temannya. Teman bisa mempengaruhi agama, pandangan hidup, kebiasaan dan sifat-sifat seseorg.

 

Sebagaimana beliau sholallohu ‘alaihi wa sallam juga berkata:

 

*ุงู„ْูَุฎْุฑُ ูˆَุงู„ْุฎُูŠَู„ุงَุกُ ูِูŠ ุงู„ْูَุฏَّุงุฏِูŠู†َ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ْูˆَุจَุฑِ ูˆَุงู„ุณَّูƒِูŠู†َุฉُ ูِูŠ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ْุบَู†َู…ِ*

๐ŸŽ‹ "Kesombongan dan keangkuhan terdapat pada org² yg meninggikan suara di kalangan pengembala onta. Dan ketenangan terdapat pada pengembala kambing."

[HR. Bukhori no.3499 dan Muslim no.187]

 

® CONTOHNYA :

❌ Berteman dgn bandar / pengedar / pengguna narkoba, maka org tsb tentu akan teranggap sama dgn teman²nya oleh polisi ๐Ÿ‘Ž๐Ÿผ

❌ Berteman dgn aktifis, poli-tikus, koruptor, pengurus partai, jgn salahkan jika org lain menilai bahwa tujuan hidupnya hanyalah ingin merebut kursi kekuasaan saja ๐Ÿ‘Ž๐Ÿผ๐Ÿ‘Ž๐Ÿผ

Berteman dgn ahlul bid'ah dan hizbiyyun ; yg hobi beribadah dikuburan² ; yg hobi lebih mementingkan melancong ke I-P-B dan menelantarkan nafkah anak istrinya daripada beribadah umroh ke haromain ; yg hobi nonton TiVi dan berzinah mata menikmati wajah ganteng berwibawa para aktor ustadz selebritis, maka begitu jugalah kualitas agama ybs ๐Ÿ‘Ž๐Ÿผ๐Ÿ‘Ž๐Ÿผ๐Ÿ‘Ž๐Ÿผ

BERTEMAN DGN AHLUSSUNNAH TSABITIN (org² yg slalu berusaha kokoh diatas alhaq), mengambil dan mengamalkan pemahaman agamanya hanya dgn "copy-paste saja" dari salaf ash sholeh (para sahabat rosululloh, tabi'in dan atba'ut tabi'in) tanpa sedikitpun lancang mengedit terhadapnya, maka merekalah org² yg beruntung di dunia dan akheratnya ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ

 

⁉ Lalu apakah dari dalil² diatas berarti kita  tidak boleh (harom) mempunyai teman yg awam dlm agamanya atau bahkan dia seorang muslim yg fasik (org yg sdh tahu kebenaran namun lebih suka condong ikuti hawa nafsunya melanggar syariat) ..?!?

 

๐Ÿƒ Simaklah penjelasan Syaikh Muhammad Al 'Utsaimรฎn -rohimahulloh- yg dpt dijadikan sbg "Rambu² Pergaulan Bermasyarakat"  utk kaum muslimin wabil khususnya utk ahlissunnah, beliau berkata: 

“Jika di dalam pergaulan dgn orang² fasik menjadikan sebab datangnya hidayah baginya, maka tidak mengapa berteman dgnnya. Engkau bisa undang dia ke rumahmu, kamu datang ke rumahnya atau kamu jalan² bersamanya, dgn syarat tdk mengotori kehormatan dirimu dlm pandangan masyarakat. Betapa banyak org² fasik mendapatkan hidayah dgn sebab bertemankan org² yg baik.”

[At Ta’lรฎquts Tsamรฎn ‘Ala Syarhi Ibni Al 'Utsaimรฎn Li Hilyati Tholabil ‘Ilmi hal.24]

 

⚠ PERINGATAN:

Ditengah² pergaulan bermasyarakat, jika anda tdk memilih teman yg baik agamanya, maka dibawah ini kemungkinannya -in sya Alloh- :

1⃣ Andakah yg akan mempengaruhi org² tersebut utk menjadi lebih baik agamanya  ....atau....

2⃣ Andakah yg menjadi korban pengaruh buruk dari lingkungan (kawan²) anda.


Tambahan faedah. Barokallohu fiykum.

 

Ibnu Mas`ud  –radhiyallohu `anhu- berkata:  

“Seseorang itu hanyalah akan mengajak berjalan dan bersahabat dengan orang disukainya dan yang seperti dirinya” 

(“Al Ibanah” 2/476/ karya Imam Ibnu Baththoh -rahimahulloh-).

 

Dan dalam satu riwayat:  “Nilailah seseorang itu dengan orang yang bersahabat dengannya, karena  dia itu hanya akan bersahabat dengan orang yang semisal dengannya.”

Syu’bah –rowi atsar ini- berkata: Aku dapati tertulis di kitabku:  “Seseorang itu hanyalah akan bersahabat dengan orang disukainya.” 

  (“Al Ibanah”/no. 505). Atsar Ibnu Mas’ud ini juga diriwayatkan oleh Abdurrozzaq di “Aly Mushonnaf” no. 7894, dan Al Baihaqiy di “Syu’abul Iman” no. 8994. Atsar ini jayyid dengan seluruh jalannya.

 

Kita tidak tahu isi hati manusia, akan tetapi As Salafush sholih membimbing kita untuk melihat kepada sahabat orang itu, karena seseorang itu tidaklah bersahabat kecuali dengan orang yang sesuai dengannya. Dan ini diambil dari Rosululloh ุตู„ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… yang bersabda:

 

ุงู„ุฃุฑูˆุงุญ ุฌู†ูˆุฏ ู…ุฌู†ุฏุฉ ูู…ุง ุชุนุงุฑู ู…ู†ู‡ุง ุงุฆุชู„ู ูˆู…ุง ุชู†ุงูƒุฑู…ู†ู‡ุง ุงุฎุชู„ู

 

Ruh-ruh adalah tentara yang berkelompok-kelompok. Yang saling mengenal akan saling condong, dan yang tidak saling mengenal akan saling berselisih.” (HR. Muslim di “Shohih” (2638), Al Bukhori di “Al Adabul Mufrod” (901) dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu). Dan diriwayatkan Al Bukhoriy secara mu’allaq dalam “Shohih”, dan bersambung di “Al Adabul Mufrod” (900) dari Aisyah radhiyallohu `anha)

 

Dari Abu Huroiroh ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ Rosululloh ุตู„ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda:

 

«ุงู„ุฑุฌู„ ุนู„ู‰ ุฏูŠู† ุฎู„ูŠู„ู‡ ูู„ูŠู†ุธุฑ ุฃุญุฏูƒู… ู…ู† ูŠุฎุงู„ู„».

 

Seseorang itu berdasarkan agama teman dekatnya, maka hendaknya salah seorang dari kalian memperhatikan siapakah yang dijadikan sebagai teman dekatnya.” (HSR. Imam Ahmad (8249), Abu Dawud (4835) dan At Tirmidziy (2552),hadits hasan. Dan dihasankan oleh Al Imam Al Wadi’iy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ dalam “Ash Shohihul Musnad” (1272)).

 

Dan di atas inilah Salaf berjalan, semoga Alloh meridhoi mereka semua.

 

Dan Al Imam Al Auza’iy ุฑุญู…ู‡ุงู„ู„ู‡ berkata: “Barangsiapa bersembunyi dari kami dengan bid’ahnya, tidaklah tersamarkan teman dekatnya.” (“Syarh Ushul I’tiqod” (Al Lalikaiy/no. 257), dan “Al Ibanah” (Ibnu Baththoh/ 2/479), atsar ini hasan).

 

Al Fudhoil bin ‘Iyadh ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata: “Sesungguhnya Alloh memiliki para malaikat yang mencari majelis-majelis dzikir. Maka perhatikanlah: majelismu itu bersama siapa, jangan sampai bersama pelaku bid’ah, karena Alloh tidak melihat pada mereka. Dan alamat kemunafiqan adalah: seseorang itu berdiri dan duduk bersama pelaku bid’ah.”

 

Beliau juga berkata: “Barangsiapa duduk bersama pelaku bid’ah dia tak akan diberi hikmah.”

 

Beliau juga berkata: “barangsiapa mencintai pelaku bid’ah, Alloh akan menggugurkan amalannya, dan mengeluarkan cahaya Islam dari hatinya.”

 

Beliau juga berkata: “Janganlah engkau duduk bersama pelaku bid’ah, karena aku takut akan turun kepadamu kutukan”.

 

Seluruh atsar beliau ini diriwayatkan oleh Al Imam Ibnu Baththoh ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ dalam “Al Ibanatul Kubro” no. 443 dengan sanad yang hasan insya Alloh.

 

Sayyar bin Ja’far ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata: Aku mendengar Malik bin Dinar berkata: “Manusia itu berjenis-jenis seperti jenis-jenis burung. Burung dara bersama burung dara, burung gagak bersama burung gagak, bebek bersama bebek, sho’wu (sejenis burung kecil) bersama sho’wu. Dan setiap manusia itu bersama dengan orang yang sekarakter dengannya.”

 

Aku mendengar Malik bin Dinar berkata: “Barangsiapa melakukan pencampuran, maka diapun akan mengalami pencampuran. Dan barangsiapa bersikap bersih, maka diapun akan disikapi dengan bersih. Dan aku bersumpah pada Alloh, jika kalian bersikap bersih, maka kalianpun akan disikapi dengan bersih".

 

Seluruh atsar beliau ini diriwayatkan oleh Al Imam Ibnu Bathhthoh ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ dalam “Al Ibanatul Kubro” no. 517 dengan sanad yang hasan.

 

Yahya bin Sa’id Al qoththon ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata: “Ketika Sufyan Ats Tsauri tiba di Bashroh beliau mulai memperhatikan keadaan Ar Robi’ -yaitu Ibnu Shubaih- dan kedudukannya di mata masyarakat.

Beliau bertanya, “Apa madzhabnya?”

Mereka menjawab, “Tiada madzhabnya kecuali as Sunnah.” Beliau bertanya, “Siapa teman dekat di sekelilingnya?”

Mereka berkata, “Qodariyyah (pengingkar taqdir)”

Beliau berkata, “Berarti dia qodari.” (“Al Ibanah”/Ibnu Baththoh/2/453/no. 426/sanadnya hasan).

 

Mu’adz bin Mu’adz ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata: Aku berkata pada Yahya bin Sa’id: “Wahai Abu Sa’id, seseorang itu walaupun dia menyembunyikan pendapatnya, tak akan tersembunyi pada anaknya, teman dekatnya dan teman duduknya.” (“Al Ibanah”/Ibnu Baththoh/2/474/no. 514/dengan sanad yang shohih).

 

Muhammad bin Ubaid Al Ghulabi ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata: Dulu dikatakan: “Para pengekor hawa nafsu saling menyembunyikan segala sesuatu kecuali keakraban dan persahabatan.” (“Al Ibanah”/Ibnu Baththoh/2/479/no. 515/atsar ini minimal hasan).

 

Abu Hatim Ar Roziy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata: Tibalah Musa bin ‘Uqbah Ash Shuriy di Baghdad. Maka hal itu diceritakan kepada Ahmad bin Hanbal, maka beliau berkata: “Perhatikanlah oleh kalian, dia singgah ke rumah siapa, dan ke rumah siapa dia bernaung.”

Ini diriwayatkan oleh Al Imam Ibnu Baththoh ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ dalam “Al Ibanatul Kubro” (no. 46) dengan sanad yang shohih, lalu beliau berkata: “Maka perhatikanlah, semoga Alloh merohmatimu, siapakah yang kalian ajak bersahabat, dan kepada siapa kalian duduk. Maka kenalilah oleh kalian setiap orang itu dengan teman dekatnya, dan setiap orang dengan sahabatnya.”

 

Dan Fadhilatusy Syaikh Ahmad An Najmi ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata: “Sebagian Salaf berkata: “Barangsiapa menyembunyikan aqidahnya dari kami, tidaklah tersembunyi dari kami teman akrabnya” yaitu jama’ah yang dia akrabi tidaklah tersembunyi dari kami jika dia pergi dan datang bersama hizbiyyin maka dia itu hizbiy semisal mereka.” (“Al Fatawal Jaliyyah”/hal.86/Darul Atsar).

 

Maka jika demikian, jangan belajar pada mereka.

 

Belajar dengan sarana yang disyariatkan seperti kaset-kaset dan kitab-kitab serta surat-menyurat dengan para salafiyyin ghoyurin tsabitin dengan keselamatan manhaj, itu lebih utama daripada banyak wawasan dan hapalan tapi dengan bayaran kegoncangan manhaj karena belajar ke para pengikut hawa nafsu.

 

Muhammad bin Sirin -rahimahulloh- berkata:

 

ุฅู† ู‡ุฐุงุงู„ุนู„ู… ุฏูŠู† ูุงู†ุธุฑูˆุง ุนู…ู† ุชุฃุฎุฐูˆู† ุฏูŠู†ูƒู…

 

sesungguhnya ilmu ini adalah agama. Maka perhatikanlah kepada siapa kalian mengambil agama kalian.” (Muqoddimah Shohih Muslim).

 

Al Hasan Al Bashri -rahimahulloh- berkata:

 

ูŠุง ุงุจู† ุขุฏู…, ุฏูŠู†ูƒ ุฏูŠู†ูƒ,  ูุฅู†ู…ุง ู‡ูˆู„ุญู…ูƒ ูˆุฏู…ูƒ, ูุฅู† ุชุณู„ู… ููŠุง ู„ู‡ุง ู…ู† ุฑุงุญุฉ ูˆูŠุง ู„ู‡ุง ู…ู† ู†ุนู…ุฉ, ูˆุฅู† ุชูƒู† ุฃุฎุฑู‰ ูู†ุนูˆุฐ ุจุงู„ู„ู‡ ูุฅู†ู…ุง ู‡ูŠ ู†ุงุฑ ู„ุง ุชุทูุฃ ูˆุญุฌุฑ ู„ุง ุชุจุฑุฏ ูˆู†ูุณ ู„ุง ุชู…ูˆุช

 

Wahai anak Adam, jaga agamamu, jaga agamamu, karena hanya agama itulah daging dan darahmu. Kalau engkau selamat, maka alangkah tentramnya dan alangkah nikmatnya. Tapi jika yang terjadi adalah selain itu, maka -kita berlindung kepada Alloh- dia itu hanyalah api yang tidak padam, batu yang tidak dingin dan jiwa yang tidak mati” (riwayat Al Firyabi -rahimahulloh- di “Shifatun Nifaq”/no. 49/dishahihkan Syaikh Abdurraqib Al Ibbi -hafidhahulloh-)




Telegram: @fawaaidassunnah 
https://t.me/fawaaidassunnah

faedah Bagi Pemula Di Dalam Tauhid, Fiqih dan Aqidah Bagian 2

  

ูค- ุฅุฐุง ู‚ูŠู„ ู„ูƒ: *ู…َุง ุฏِูŠْู†ُูƒَ ؟*

4- Jika katakan kepadamu: *APAKAH AGAMAMU ?*

 

ูَู‚ُู„ْ: *ุฏِูŠْู†ِูŠ ู‡ُูˆَ ุฏِูŠْู†ُ ุงู„ุฅِุณْู„َุงู…ِ ุงู„ْุญَู‚ُّ*

Maka katakanlah: *Agamaku adalah agama Islam*

 

ูˆَุงู„ุฏَّู„ِูŠْู„ُ ู‚َูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰:

Dan dalilnya adalah perkataan Alloh Ta'ala:

 

﴿ุฅِู†َّ ุงู„ุฏِّูŠู†َ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ْุฅِุณْู„ุงู…ُ﴾ ุขู„ ุนู…ุฑุงู†: 19

Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Alloh hanyalah Islam.” (QS Al-Imron: 19)

 

ูˆَู‚َูˆْู„ُู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰:

Dan perkataan-Nya Ta'ala: 

 

﴿ู‡ُูˆَ ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَุฑْุณَู„َ ุฑَุณُูˆู„َู‡ُ ุจِุงู„ْู‡ُุฏَู‰ ูˆَุฏِูŠู†ِ ุงู„ْุญَู‚ِّ﴾ ุงู„ุชูˆุจุฉ: 33

Dialah yang telah mengutus Rosul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al Qur'an) dan agama yang benar.” (At-Taubah: 33)

 

ูˆَู‚َูˆْู„ُู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰:

Dan perkataan-Nya Ta'ala:

 

﴿ูˆَู…َู†ْ ูŠَุจْุชَุบِ ุบَูŠْุฑَ ุงู„ْุฅِุณْู„ุงู…ِ ุฏِูŠู†ًุง ูَู„َู†ْ ูŠُู‚ْุจَู„َ ู…ِู†ْู‡ُ ูˆَู‡ُูˆَ ูِูŠ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ู…ِู†َ ุงู„ْุฎَุงุณِุฑِูŠู†َ﴾ ุขู„ ุนู…ุฑุงู†: 85

Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) darinya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (Al-Imron: 85)


lihat bagian ke-1 ๐Ÿ“ƒ


Telegram: @fawaaidassunnah 

https://t.me/fawaaidassunnah

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...