⏳ SEBAGIAN ORANG BERPENDAPAT MEMINUM AIR ZAM-ZAM DI MAKKAH AGAR SUPAYA TERWUJUD KEBERKAHAN DAN DOANYA MUSTAJABAH
Dan mereka memegang fatwa Syaikh Al-Al bany rahimahullah di mana beliau berfatwa ketika di tanya:
ุงูุฏุนุงุก ู
ุณุชุฌุงุจ ุนู ุดุฑุจ ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ููู ูุฐุง ู
ุฎุชุต ุจุฏุงุฎู ู
ูุฉ ุฃู
ูู ุฃู ู
ูุงู ؟
Berdoa di saat meminum air zam-zam mustajabah, apakah ini dikhususkan dalam Makkah atau di tempat manapun?
Beliau menjawab:
ุงูุฃูู ูู ุงูุฐู ุฃุฑุงู .
Yang pertama (yaitu di Makkah) yang aku melihatnya - berpendapat.
๐ Silsilah Al-Huda Wan Nur Syarith 814
_____
Maka kita katakan:
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda:
ุฅََِّููุง ู
ُุจَุงุฑََูุฉٌ ุฅََِّููุง ุทَุนَุงู
ُ ุทُุนْู
ٍ
"Sesungguhnya dia adalah (air) yang diberkahi. Dia merupakan makanan yang mengenyangkan."
(HR. Muslim, no. 2473).
Dan dalam riwayat Bazzar no 1171 dan Ath-habrani dalam sunan Ash-shagir no 295 , sunan Al Kabir 5/147 dan lainnya, terdapat tambahan, dari Abi Dzar Radhiallahu Anhu:
ุดูุงุก ุณูู
.
"obat kesembuhan bagi penyakit."
( Dishahihkan Oleh Imam Al-Al bany dalam Shahih Al-Jami' 3572 dan Shahih at-targhib 1162)
Dan juga hadits Jabir Radhiyallahu Anhu rasullulah shalallahu alaihi wasallam bersabda:
ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ูู
ุง ุดุฑุจ ูู
"Air zamzam tergantung niat untuk apa meminumnya'
(Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah 2/1018 no 3062, Ahmad 3/357, Al-baihaqi dalam Sunan 5/148 dan dihasankan oleh Imam Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma'ad 4/393 dan dihasankan oleh Imam Al-Al bany dalam Irwaul Ghalil no 1123)
Pada hadits tersebut menunjukkan bahwasanya keberkahan dan kekhususan air zam zam senantiasa ada di manapun air tersebut berada, tidak terikat dengan tempat dan waktu di saat meminumnya oleh siapa saja, sama saja di Makkah atau di selain Makkah.
๐️Berkata Ash-Shawi Al-Maliky rahimahullah :
ُููุฏุจ ูููู – ูุนูู ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
– ูุฎุงุตูุชู ุจุงููุฉ ุฎูุงูุง ูู
ู ูุฒุนู
ุฒูุงู ุฎุงุตูุชู " ุงูุชูู.
"Dianjurkan memindahkannya (maksudnya air Zam zam) dan kekhususannya tetap ada, berbeda dengan pendapat yang menyangka bahwa kekhususannya telah hilang (apabila dipindahkan dari Makkah)."
๐Lihat Hasyiah Ash-Shawi Ala Asy-Syahri Ash-Shagir, 2/44, dan lihat "Manhul Jalil Syarh Mukhtashar Khalil" 2/273
๐️ Berkata Ali Syibramilisi Asy-Syafii rahimahullah :
" ( ูููู : ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ูู
ุง ุดุฑุจ ูู ) ูู ุดุงู
ู ูู
ู ุดุฑุจู ูู ุบูุฑ ู
ุญูู " ุงูุชูู.
"Sabda beliau, 'Air Zam zam, tergantung niat untuk apa diminum.' Mencakup siapa yang meminumnya bukan di tempatnya yaitu Makkah)"
๐Hasyiah Nihayatul Muhtaj, 3/318
๐️Berkata As-Sakhawi rahimahullah :
" ูุฐูุฑ ุนูู ุจุนุถ ุงูุฃูุณูุฉ ุฃู ูุถููุชู ู
ุงุฏุงู
ูู ู
ุญูู ، ูุฅุฐุง ููู ูุชุบูุฑ . ููู ุดูุก ูุง ุฃุตู ูู ؛ ููุฏ ูุชุจ [ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
] ุฅูู ุณููู ุจู ุนู
ุฑู : ( ุฅู ูุตู ูุชุงุจู ูููุง : ููุง ุชุตุจุญู ، ุฃู ููุงุฑุง : ููุง ุชู
ุณูู ، ุญุชู ุชุจุนุซ ุฅูู ุจู
ุงุก ุฒู
ุฒู
) .
ูููู ุฃูู ุจุนุซ ูู ู
ุฒุงุฏุชูู ููุงู ุญููุฆุฐ ุจุงูู
ุฏููุฉ ูุจู ุฃู ููุชุญ ู
ูุฉ. ููู ุญุฏูุซ ุญุณู ูุดูุงูุฏู ، ููุฐุง ูุงูุช ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถู ุงููู ุนููุง ุชุญู
ู ูุชุฎุจุฑ ุฃูู ูุงู ููุนูู ، ูุฃูู ูุงู ูุญู
ูู ูู ุงูุฃุฏุงูู ูุงููุฑุจ ، ููุตุจ ู
ูู ุนูู ุงูู
ุฑุถู ููุณูููู
، ููุงู ุงุจู ุนุจุงุณ ุฅุฐุง ูุฒู ุจู ุถูู ุฃุชุญูู ุจู
ุงุก ุฒู
ุฒู
. ูุณุฆู ุนุทุงุก ุนู ุญู
ูู ููุงู ูุฏ ุญู
ูู ุงููุจู ูุงูุญุณู ูุงูุญุณูู ุฑุถู ุงููู ุนููู
ุง . ูุชููู
ุช ุนูู ูุฐุง ูู ุงูุฃู
ุงูู . " ุงูุชูู .
"Disebutkan akan ucapan sebagian orang bahwa keutamaannya (air Zam zam) didapatkan selama masih berada di tempatnya (di Makkah). Jika dipindahkan, maka akan berubah. Hal itu adalah perkara yang tidak punya landasan.
Nabi shallallahu alaihi wa sallam telah menulis kepada Suhail bin Amr', "Jika suratku tiba di malam hari, maka janganlah engkau sebelum memasuki pagi hari, atau siang, kecuali engkau telah kirimkan kepadaku air zam zam."
Dalam riwayat tersebut beliau dikirimkan dua wadah air, ketika itu beliau shalallahu alaihi wasallam berada di Madinah sebelum Fath Makah.
Ini merupakan hadits hasan berdasarkan riwayat-riwayat lain yang mendukungnya. Begitupula Aisyah radhiallahu anha, diriwayatkan bahwa beliau membawa air Zamzam dalam tempat dan wadah (Qirbah adalah wadah air dari kulit kambing yang telah dikeringkan). Kemudian air itu beliau tuangkan dan diminumkan kepada orang yang sakit. Begitu pula Ibnu Abbas, apabila kedatangan tamu, beliau menyambutnya dengan air Zam zam.
Atha’ pernah ditanya tentang membawa air Zam zam, ia menjawab, Hal tersebut telah dilakukan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam, juga Hasan dan Husain radhiallahu anhuma.
Aku telah bicarakan hal ini dalam kitab Al-Amaly."
๐Lihat Al-Maqashid Al-Hasanah, As-Sakhawi, 1/569
๐️ Berkata Ali' Qari rahimahullah :
" ูุฃู
ุง ููู ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ููุชุจุฑู ุจู ูู
ูุฏูุจ ุงุชูุงูุง " . ุงูุชูู .
"Adapun memindahkan air Zam zam untuk mencari keberkahannya disepakati akan kesunahannya."
๐Mirqatul Mafatih, 9/194.
๐️ Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah :
ูู
ู ุญู
ู ุดูุฆุง ู
ู ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ุฌุงุฒ ููุฏ ูุงู ุงูุณูู ูุญู
ูููู
"Siapa yang membawa sesuatu dari air zamzam, hal itu boleh dan sungguh para salaf dahulu membawanya (keluar dari Makkah)
๐ Majmu' Al-Fatawa 26/154.
๐️ Berkata Imam Ibnu Baz rahimahullah :
ูุง ุญุฑุฌ ูู ุจูุน ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ููุง ูููู ู
ู ู
ูุฉ.
"Tidak ada dosa dalam menjual air zamzam dan tidak pula memindahkannya dari Makkah.
๐ Maj'mu Fatwa 16/138
๐️Fatwa Syaikh Al-Allamah Al-Utsaimin rahimahullah :
" ูุง ูุดุชุฑุท ، ูููุฐุง ูุงู ุจุนุถ ุงูุณูู ูุฃู
ุฑ ู
َْู ูุฃุชู ุจู ุฅููู ูู ุจูุฏู ููุดุฑุจ ู
ูู ، ููู ุฃูุถุงً ุธุงูุฑ ุงูุญุฏูุซ ( ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ูู
ุง ุดุฑุจ ูู ) ، ููู
ูููุฏู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุจูููู ูู ู
ูุฉ " ุงูุชูู.
Tidak disyaratkan, dan karena itulah sebagian salaf memerintahkan siapa yang datang dengan air zamzam padanya di negerinya, maka ia meminum darinya, dan ini juga yang nampak dari hadits ( air zam_zam tergantung dari niat untuk apa meminumnya) dan Nabi shalallahu alaihi wasallam tidak membatasi keberadaan hadits tersebut di Makkah.
๐ Fatawa Nur 'Ala Darb : Syuruh Al_Hadits wal Hukum 'Alaiyha.
๐️ Dan Syaikh Al Utsaimin juga berkata:
" ุธุงูุฑ ุงูุฃุฏูุฉ ุฃู ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ู
ููุฏ ุณูุงุก ูุงู ูู ู
ูุฉ ุฃู
ูู ุบูุฑูุง ، ูุนู
ูู
ุงูุญุฏูุซ ุงููุงุฑุฏ ุนู ุงููุจู ุนููู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู
ูู ูููู : ( ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ูู
ุง ุดุฑุจ ูู ) ูุดู
ู ู
ุง ุฅุฐุง ุดุฑุจ ูู ู
ูุฉ ุฃู ุดุฑุจ ุฎุงุฑุฌ ู
ูุฉ ، ููุงู ุจุนุถ ุงูุณูู ูุชุฒูุฏูู ุจู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ูุญู
ูููู ุฅูู ุจูุงุฏูู
" ุงูุชูู.
Dan yang nampak dari dalil adalah bahwa air zamzam memberikan faedah sama saja di Makkah atau selain Makkah, maka keumuman hadits yang datang dari Nabi shalallahu alaihi wasallam pada sabdanya : air zam_zam tergantung dari niat untuk apa meminumnya, ini mencakup meminumnya di Makkah atau di luar Makkah, dan sebagian ulama salaf mereka berbekal dengan air zam zam yang mereka membawanya ke negeri mereka.
๐ Fatawa Nur 'Ala Darb / fatawa Al-Hajj wal Jihad ..)
ูุตูููุญูุฉ ููููููุณุงุก, [29/12/2022 17.13]
๐️Dan disebutkan dalam fatwa Lajnah Ad-Daimah :
" ุฃู
ุง ู
ุง ุฐูุฑุช ุนู ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ู
ู ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุงู : ( ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ูู
ุง ุดุฑุจ ูู ) ููุฏ ุฑูุงู ุงูุฅู
ุงู
ุฃุญู
ุฏ ูุงุจู ู
ุงุฌู ุนู ุฌุงุจุฑ ุจู ุนุจุฏ ุงููู ุนู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
، ููู ุญุฏูุซ ุญุณู ، ููู ุฃูุถุง ุนุงู
، ูุฃุตุญ ู
ูู ููู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูู ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
: ( ุฅููุง ู
ุจุงุฑูุฉ ، ูุฅููุง ุทุนุงู
ุทุนู
ูุดูุงุก ุณูู
) ุฑูุงู ู
ุณูู
ูุฃุจู ุฏุงูุฏ ููุฐุง ููุธ ุฃุจู ุฏุงูุฏ – ูุนูู ุงูุทูุงูุณู - ูุฅุฐุง ุฃุฑุฏุช ู
ูู ุดูุฆุง ุฃู
ููู ุฃู ุชูุตู ู
ู ูุญุฌ ู
ู ุจูุฏู ููุฃุชู ุจุดูุก ู
ูู ูู ุนูุฏุชู ู
ู ุญุฌู " ุงูุชูู.
"Adapun apa yang engkau sebutkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda ;
ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ูู
ุง ุดุฑุจ ูู
'Air Zamzam tergantung niat untuk apa orang yang meminumnya.' Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Dia merupakan hadits hasan dan juga bersifat umum. Dan lebih shahih dari itu adalah hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam, '
ุฅููุง ู
ุจุงุฑูุฉ ، ูุฅููุง ุทุนุงู
ุทุนู
ูุดูุงุก ุณูู
"Ia merupakan air yang diberkahi, ia merupakan makanan yang mengenyangkan dan obat segala penyakit." (HR. Muslim dan Abu Daud. Lafazd ini dari Abu Daud)
Jika engkau ingin mendapatkannya, maka mungkin engkau berpesan kepada orang yang pergi haji untuk membawanya jika telah pulang beribadah haji."
๐Lihat Fatwa Lajnah Ad-Daimah 1/298.
๐Soal yang langsung kami ajukan pada ulama Yaman .
[22/12 06:24] ุงุจู ุญูุงู ุนุซู
ุงู ุงูุณูุฏูุงูู: ุงูุณูุงู
ุนูููู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชุฉ
ุงุญุณู ุงููู ุฅููู ูุง ุดูุฎูุง
ุงูุฏุนุงุก ู
ุณุชุฌุงุจ ุนู ุดุฑุจ ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ููู ูุฐุง ู
ุฎุชุต ุจุฏุงุฎู ู
ูุฉ ุฃู
ูู ุฃู ู
ูุงู ؟
Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.
Ahsanalllahu ilaika ya syaikhana :
Doa ketika meminum air zam-zam adalah mustajabah, apakah ini khusus di dalam Makkah ataukah ditempat mana saja?
๐️ Jawaban Syaikhuna Hasan Bin Qasim Ar-raimy hafidzahullah :
[22/12 19:08] ุงูุดูุฎ ุญุณู ุจู ูุงุณู
ุงูุฑูู
ู:
ูุนูููู
ุงูุณูุงู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
ููุฏ ุฑูู ุงุจู ู
ุงุฌุฉ ูุบูุฑู ุนู ุฌุงุจุฑ ุจู ุนุจุฏ ุงููู ูุงู: ุณู
ุนุช ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูููู: ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ูู
ุง ุดุฑุจ ูู. ุตุญุญู ุงูุฃูุจุงูู.
ูุงูุญุฏูุซ ูุฏู ุจุนู
ูู
ู ุนูู ุงู ูุฐุง ููุณ ุฎุงุตุง ุจู
ูุฉ ุจู ูุดู
ู ูู ุดุฑุจู ุฎุงุฑุฌ ู
ูุฉ ูุงููู ุงุนูู
Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
Ibnu Majah dan selainnya telah meriwayatkan dari Jabir bin Abdillah, ia berkata ; aku mendengar rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :
Air zam-zam tergantung dari niat untuk apa meminumnya, dan dishahihkan oleh Al-Al bany. Dan hadits tersebut menunjukkan keumumannya, bahwa hadits tersebut bukan khusus di Makkah, bahkan mencakup seandainya ia meminumnya di luar Makkah. Wallahu a'lam.
๐️Jawaban Syaikh kami Fathul Qadasi Hafidzahullah :
[22/12 16:16] ุงูุดูุฎ ูุชุญ ุงููุฏุณู:
ูู ุฃู ู
ูุงู
Pada tempat mana pun
๐️ Jawaban Syaikh kami Thariq Al-Ba'dany hafidzahullah
[24/12 21:55] ุงูุดูุฎ ุทุงุฑู: ูุนูููู
ุงูุณูุงู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
ูุนู
ูู ู
ูุฉ ููู ุบูุฑูุง ุจุฅุฐู ุงููู
Wa Alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh.
Naam di Makkah dan pada selainnya bi idznillah.
๐ Selesai penukilan.
Dan ini juga yang dikuatkan oleh Syaikhuna Abu Hamzah Hasan Basy Syuaib hafidzahullah dalan fatawa beliau:
ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ูุจูู ููุนู ูุงููู ุฃุนูู
ุณูุงุก ุดُุฑِุจَ ูู ู
ูุฉ ุฃู ุฎุงุฑุฌูุง
Air zamzam akan tetap kemanfaatannya wallahu a'lam sama saja di minum di Makkah atau diluar Makkah.
⭕ Dan adapun pendapat Syaikh Al-Al bany bahwa doa meminum air zam zam itu mustajabah ketika di minum di Makkah adalah pendapat lama atau boleh jadi beliau punya pendapat lain yang sejalan dengan hadits hadits dan keumuman hadits yang telah kita sebutkan.
๐️Berkata Syaikh Al-Allamah Al-Al bany rahimahullah :
" ููู [ ุฃู : ููุญุงุฌ ูุงูู
ุนุชู
ุฑ ] : ุฃู ูุญู
ู ู
ุนู ู
ู ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ู
ุง ุชูุณุฑ ูู ุชุจุฑูุง ุจู ؛
"Boleh bagi jamaah haji dan umrah membawa air Zamzam yang dimudahkan untuknya dalam rangka mencari keberkahannya.
Kemudian Syaikh berkata :
ููุฏ : ( ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุญู
ูู ู
ุนู ูู ุงูุฃุฏุงูู ูุงููุฑุจ ููุงู ูุตุจ ุนูู ุงูู
ุฑุถู ููุณูููู
"Dahulu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam membawa air ZAM zam dalam tempat dan wadah air dan menuangkannya kepada orang sakit serta memberikan minum kepada mereka.
Beliau mengatakan dalam takhrij hadits ini, diriwayatkan oleh Bukhari dalam At-Tarikh dan Tirmizi, dia menyatakan bahwa hadits ini hasan dari Aisyah radhiallahu anha. Dan riwayat ini terdapat dalam Ash-shahihah no. 883.
Kemudian Syaikh mengatakan :
ุจู ุฅูู : ูุงู ูุฑุณู ููู ุจุงูู
ุฏููุฉ ูุจู ุฃู ุชูุชุญ ู
ูุฉ ุฅูู ุณููู ุจู ุนู
ุฑู : ุฃู ุฃูุฏ ููุง ู
ู ู
ุงุก ุฒู
ุฒู
ููุง ุชุชุฑู ููุจุนุซ ุฅููู ุจู
ุฒุงุฏุชูู .
Bahkan Nabi pernah berkirim surat saat beliau berada di Madinah sebelum terjadinya Fathul Makkah kepada Suhail bin Amr' :
Hadiahkanlah pada kami air zam zam dan jangan engkau tinggalkan, maka ia mengirimnya pada Rasulullah dua wadah air.
Syaikh Al al bany berkata dalam takhrijnya: Diriwayatkan oleh Baihaqi dengan sanad yang baik dari Jabir radhiallahu anhu. Riwayat ini memiliki riwayat lain yang menguatkan, yaitu hadits mursal yang shahih dalam Mushannaf Abdurrazzaq, no. 9127. Ibnu Taimiyah menyebutkan bahwa ;
ุฃู ุงูุณูู ูุงููุง ูุญู
ูููู
Dan sungguh kalangan salaf dahulu membawanya (keluar dari Makkah)."
๐ Lihat Manasikul Hajji wal Umrah, hal. 41
Bahkan Syaikh Al-Al bany juga mengatakan ucapan semisal di atas dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 883, dengan judul, "Hamlu Maa' i Zamzam wat-Tabarruk bihi" (Membawa air Zam-zam dan mencari keberkahan darinya)
✍ Di susun
Abu Hanan As-Suhaily
5 Jumadil Tsani 1444 - 29/12/ 2022_
_Ikuti NashihatuLinnisa' di TELEGRAM_
https://t.me/Nashihatulinnisa