Jika Gurunya Buku, maka Banyak Salahnya

๐Ÿ›ก Perkataan : Jika Gurunya Buku, maka Banyak Salahnya ๐Ÿ›ก

๐Ÿƒู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู…ู‚ุจู„ ุงู„ูˆุงุฏุนูŠ -ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰-:
*"ูุฅู† ุชูŠุณุฑ ู„ูƒ ู…ู† ูŠุนู„ู…ูƒ ู…ู…ู† ุชุซู‚ ุจุนู„ู…ู‡ ูˆุฏูŠู†ู‡ ูุงุญุฑุต ุนู„ู‰ ู…ุฌุงู„ุณุชู‡ ูˆุฏุนูˆุฉ ุงู„ู†ุงุณ ุฅู„ูŠู‡، ูˆุฅู„ุง ูุฃู†ุตุญูƒ ุจุชูƒูˆูŠู† ู…ูƒุชุจุฉ ุชุฌู…ุน ุฌู„ ูƒุชุจ ุงู„ุณู†ุฉ ูˆุงู„ุนูƒูˆู ููŠู‡ุง ุญุชูŠ ูŠูุชุญ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠูƒ.*
-ูˆุฃู…ุง ู‚ูˆู„ ู…ู† ู‚ุงู„: *ู…ู† ูƒุงู† ุดูŠุฎู‡ ุงู„ูƒุชุงุจ ูƒุงู† ุฎุทุคู‡ ุฃูƒุซุฑ ู…ู† ุงู„ุตูˆุงุจ، ูู‡ุฐุง ุฅุฐุง ู„ู… ูŠุญุณู† ุงุฎุชูŠุงุฑ ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆูŠูˆุฏุน ุนู‚ู„ู‡ ู…ุน ุงู„ูƒุชุงุจ ุฃู…ุง ูƒุชุจ ุงู„ุณู†ุฉ ูู„ุง ูŠูƒูˆู† ูƒุฐู„ูƒ".*
๐Ÿ““ุงู„ู†ุตุญ ู„ุทู„ุจุฉ ุงู„ุนู„ู… ูˆุณุงุฆุฑ ุงู„ุณู„ููŠูŠู† |
ุตู€ ูฅูจ - ูฅูฉ

ู…ู†ู‚ูˆู„ ู…ู† ุฃุฎ ุฃุจูŠ ู…ูˆุณู‰ ูƒُู†ูŠْู†ุบุงู†

Berkata Syeikh Muqbil _rohimahullooh_:
Apabila dimudahkan bagimu ada seorang yg mau mengajarimu sedang dia termasuk terpercaya keilmuan dan agamanya, maka semangatlah untuk duduk bermajelis dgnya dan mengajak orang [untuk belajar] kepadanya. 

Kalau memang [tidak didapati pengajar seperti itu], maka saya nasehatkan untuk membuat perpustakaan yg mengumpulkan kitab² sunnah lalu mendiami perpustakaan tersebut (membacanya) sampai Allooh membukakan [jalan terbaik] bagimu.

Adapun perkataan orang yg mengatakan "barangsiapa yg gurunya adalah kitab maka kesalahannya akan lebih banyak daripada benarnya", maka perkataan ini *jika memang ia tidak bisa memilih kitab dan ia menyerahkan akalnya kepada kitab tersebut, adapun kitab² sunnah maka tidaklah seperti itu*.

๐Ÿ“™an nushhu li tholabatil ilmi wa saa irs salafiyin. 58-59

✍๐Ÿผ diterjemahkan oleh akh abu musa

Menjama' di antara dua sholat wajib ketika hujan

✯◈๐Ÿ”ฐ•°• ๐Ÿ‘‘ •°•๐Ÿ”ฐ◈✯
๐Ÿ“š๐Ÿ›กFatwa Syaikh Yahya Al-Hajury ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡๐Ÿ›ก๐Ÿ“š
⛈Judul Fatwa:



Menjama' di antara dua sholat wajib ketika hujan


pertanyaan:


Apa hukum menjama' sholat ketika hujan?
๐Ÿ’ฆJawaban:


Yang menjama' ketika hujan adalah berdalil dengan hadits ibnu abbas:


"nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… menjama' sholat di madinah tanpa ada khouf (takut musuh) dan tanpa ada hujan",


maka disebutkan/dimaksudkan hujan pada hadis tersebut mafhumnya (yang dipahami) adalah baiknya menjama' ketika hujan,


begitulah pendapat jumhur ahlul ilmi.

✵Ketika meninjau permasalahan dari sisi dalil-dalil dari Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… dimana terjadinya hujan di zaman beliau, dilihat bahwasanya beliau tidak menjama' sholat ketika hujan,


dan tatkala beliau berdoa meminta hujan kemudian turun hujan tidak ternukilkan beliau menjama' di antara dua shalat wajib selama satu minggu turunnya hujan itu seluruhnya.
Adapun dari ahlul ilmi yang menjama' ketika hujan maka mereka berpegang atas atsar ibnu abbas di atas,

akan tetapi sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… ,

dan seandainya menjama' adalah disyariatkan maka sungguh rasululloh ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… akan melakukannya walaupun satu kali saja.

¤═════¤۩๐Ÿ”ฒ۩¤═════¤

_*NASEHAT UNTUK SEKIRANYA TIDAK MEMONDOKKAN ANAK SEBELUM MENCAPAI BALIGH*_

_*Telah Di Periksa Oleh Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Bin Soekojo Al Indonesiy ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰*_                ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†...