*Apakah Hukum Bersiwak Sunnah Secara Mutlak Untuk Setiap Kali Shalat Atau Tidak?


⏳ *APAKAH HUKUM BERSIWAK SUNNAH SECARA MUTLAK UNTUK SETIAP KALI SHALAT ATAU TIDAK?.*


Ada 3 pendapat dalam masalah ini : 


1️⃣. Pendapat pertama:


Disunnahkan ketika ada hajat. Maka tidak disunnahkan lagi jika ia bersiwak untuk shalat fardhu (wajib), kemudian dia bersiwak lagi untuk shalat sunnah setelahnya, dan jika dia bersiwak untuk wudhu maka tidak disunnahkan bersiwak lagi untuk shalat setelahnya.


Dan ini adalah madzhab malikiyyah dan pendapat ini yang dipilih oleh Abu Syaamah Al_Maq'dasi Asy_syafi'i.


๐Ÿ“š Lihat syarh sunan Abi Dawud karya Al_'Aini 1/175, At_tamhid 7/200, Ik'mal al_Mu'lim 2/56, Al_Mughni 1/78, At_tabashshur 1/15, Asy_syarh ash_shagir 1/88, Asy_syarh Al_kabir 1/102


๐Ÿ–‹️ Berkata Abu Syamah Al_Maqdasi rahimahullah : 


ุงุฐุง ุงุณุชุงูƒ ู„ู„ูุฑูŠุถุฉ ูƒูุงู‡ ู„ู…ุง ูŠุตู„ูŠู‡ ุจุนุฏู‡ุง ู…ู† ุงู„ู†ูˆุงูู„ ุชุจุนุงً ู„ู‡ุง ูˆูƒุฐุง ุฅุฐุง ุชูˆุถุฃ ู„ูุฑูŠุถุฉ ูˆุงุณุชุงูƒ ููŠ ูˆุถูˆุฆู‡ ูˆุตู„ู‰ ุนู‚ุจ ุงู„ูˆุถูˆุก ุจุญูŠุซ ู„ู… ูŠุชุฎู„ู„ ุฒู…ุงู† ูŠุชุบูŠุฑ ููŠู‡ ุงู„ูู… ู„ุง ูŠุญุชุงุฌ ุฅู„ู‰ ุฅุนุงุฏุฉ ุงู„ุณูˆุงูƒ ุนู†ุฏ ุงู„ุฏุฎูˆู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ... ูู„ุง ูŠุณุชุญุจ ุชุฌุฏูŠุฏ ุงู„ุณูˆุงูƒ. ูƒุฑุงู‡ุฉ ู…ุง ูŠูุนู„ู‡ ุนูˆุงู… ุงู„ู†ุณุงูƒ ู…ู† ุงุณุชุตุญุงุจู‡ู… ุงู„ุณูˆุงูƒ ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ุณุงุฌุฏ ูˆุงุณุชุนู…ุงู„ู‡ู… ููŠู‡ุง ุนู†ุฏ ุงูุชุชุงุญู‡ู… ู„ูƒู„ ุตู„ุงุฉ ู…ู† ูุฑุถ ูˆู†ูู„ ูˆุจุนุฏ ูƒู„ ุฑูƒุนุชูŠู†.


"Jika ia bersiwak untuk shalat fardhu maka itu mencukupinya terhadap shalat setelahnya dari shalat sunnah, karena diikutkan pada shalat fardhu, dan demikian pula jika dia berwudhu untuk shalat fardhu dan dia bersiwak pada saat berwudhu, kemudian langsung shalat setelah wudhu dari sisi di sela waktu itu mulut tidak berubah baunya, maka tidak butuh lagi mengulangi bersiwak ketika hendak memulai shalat, ...maka tidak disunnahkan pemberbaharui sunnah bersiwak..


Dan dibenci apa yang dilakukan sebagian orang awwam dari mereka yang mengikutsertakan siwak ke dalam masjid dan menggunakan didalam masjid setiap kali pembukaan shalat fardhu atau sunnah dan selepas shalat dua rakaat.


๐Ÿ“š As_siwak wamaa asybaha dzaka hal 55_72.


Berdalilkan :


Dalil pertama :


Dengan apa yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad (7513) dan Nasa’I di Sunan Kubro (3027) dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:


  ู„َูˆْู„َุง ุฃَู†ْ ุฃَุดُู‚َّ ุนَู„َู‰ ุฃُู…َّุชِูŠ ، ู„َุฃَู…َุฑْุชُู‡ُู…ْ ุนِู†ْุฏَ ูƒُู„ِّ ุตَู„َุงุฉٍ ุจِูˆُุถُูˆุกٍ ، ูˆู…َุนَ ูƒُู„ِّ ูˆُุถُูˆุกٍ ุจِุณِูˆَุงูƒٍ ، ูˆَู„َุฃَุฎَّุฑْุชُ ุนِุดَุงุกَ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ุฅِู„َู‰ ุซُู„ُุซِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ


“Kalau sekiranya tidak memberatkan umatku, saya akan perintahkan mereka setiap akan shalat dengan berwudu. Pada setiap kali wudu dengan menggunakan siwak. Saya akan akhirkan waktu isya’ akhir sampai sepertiga malam.” (Dihasankan oleh Albani menghasankan di ‘Shohih Jami’ (5318))


 Sisi pendalilan :


ูƒู…ุง ุงู† ุงู„ูˆุถูˆุก ู„ุง ูŠู†ุฏุจ ู„ู„ุฑุงุชุจุฉ ุงู„ุชู‰ ุจุนุฏ ุงู„ูุฑูŠุถุฉ ููƒุฐู„ูƒ ุงู„ุณูˆุงูƒ


Sebagaimana wudhu tidak disunnahkan untuk shalat rawatib (sunnah) yang dilakukan setelah shalat fardhu, maka demikian pula bersiwak.


๐Ÿ“š Fathul bari 2/376


Dail kedua :


ู„ู… ูŠุฑุฏ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุงู„ุงุณุชูŠุงูƒ ุนู†ุฏ ูƒู„ ุตู„ุงุฉ ูู„ู… ูŠู†ู‚ู„ ุนู†ู‡ ุฃู†َّู‡ ูŠูุชุชุญ ูƒู„ ุตู„ุงุฉ ุจุณูˆุงูƒ


"Tidak datang dari nabi shalallahu alaihi wasallam bahwa beliau bersiwak setiap kali shalat dan tidak pula dinukil dari beliau bahwa beliau shalallahu alaihi wasallam mengawali shalatnya dengan bersiwak.


๐Ÿ“š Kasyfu Al_litsam 1/269


Dalil ketiga :


ู„ู… ูŠู†ู‚ู„ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃู†َّู‡ ุฌุฏุฏ ุงู„ูˆุถูˆุก ู„ุดูŠุก ู…ู† ุงู„ุณู†ู† ุฅุฐุง ูƒุงู† ุนู„ู‰ ุทู‡ุงุฑุฉ ููƒุฐุง ุฅุฐุง ูƒุงู† ุนู„ู‰ ุณูˆุงูƒ ู„ูƒู† ู„ูˆ ุชุบูŠุฑ ูู…ู‡ ุงุณุชุงูƒ ูƒู…ุง ู„ูˆ ุฃุญุฏุซ ุชูˆุถุฃ 


"Tidak dinukil dari Nabi shalallahu alaihi wasallam bahwa beliau memperbaharui wudhunya untuk sesuatu dari shalat ² sunnah jika beliau dalam keadaan suci, maka demikian pula jika beliau telah bersiwak, akan tetapi jika bau mulutnya berubah beliau bersiwak sebagaimana jika beliau berhadats, beliau berwudhu lagi".


๐Ÿ“š Lihat As_siwak wama Asybaha dzaka hal 59


Dalil yang keempat:


ูƒู…ุง ุฃู†َّู‡ ุนู„ู‰ ูˆุถูˆุก ูู‡ูˆ ุนู„ู‰ ุณูˆุงูƒ


Sebagaimana beliau dalam keadaan wudhu maka beliau juga dalam keadaan telah bersiwak"


๐Ÿ“š  As_siwak wama Asybaha dzaka hal 55.


Dalil kelima :


ุดุฑุน ุงู„ุณูˆุงูƒ ู„ุฅูƒู…ุงู„ ุงู„ุชู†ุธูŠู ูˆุงู„ู…ุตู„ูŠ ูŠู†ุงุฌูŠ ุฑุจู‡ ูุงุณุชุญุจ ุฃู† ูŠู†ุงุฌูŠู‡ ุทูŠุจ ุงู„ูู… ูุฅุฐุง ุชุบูŠุฑ ุงู„ูู… ุดุฑุน ู„ู‡ ุงู„ุณูˆุงูƒ


"Siwak disyariatkan untuk kesempurnaan kebersihan dan orang yang shalat itu sedang bermunajat kepada rabbnya, maka disunnahkan bermunajatnya dia dalam keadaannya mulut harum, maka jika mulut berubah baunya maka disyariatkan bersiwak.


๐Ÿ“š Syarh At_talqin 1/167


2️⃣ Pendapat kedua :


Bersiwak itu pada saat wudhu, maka tidak disunnahkan lagi pada shalat kecuali jika ia tidak bersiwak sebelumnya ketika berwudhu.


Dan ini adalah madzhab hanafiyyah.


๐Ÿ–‹️ Berkata az_zubaidy rahimahullah : 


 ุนู†ุฏู†ุง ู…ู† ุณู†ู† ุงู„ูˆุถูˆุก ูˆุนู†ุฏ ุงู„ุดุงูุนูŠ ู…ู† ุณู†ู† ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆูุงุฆุฏุชู‡ ุฅุฐุง ุชูˆุถุฃ ู„ู„ุธู‡ุฑ ุจุณูˆุงูƒ ูˆุจู‚ูŠ ุนู„ู‰ ูˆุถูˆุฆู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ุนุตุฑ ุฃูˆ ุงู„ู…ุบุฑุจ ูƒุงู† ุงู„ุณูˆุงูƒ ุงู„ุฃูˆู„ ุณู†ุฉ ู„ู„ูƒู„ ุนู†ุฏู†ุง ูˆุนู†ุฏู‡ ูŠุณู† ุฃู† ูŠุณุชุงูƒ ู„ูƒู„ ุตู„ุงุฉ، ูˆุฃู…َّุง ุฅุฐุง ู†ุณูŠ ุงู„ุณูˆุงูƒ ู„ู„ุธู‡ุฑ ุซู… ุฐูƒุฑ ุจุนุฏ ุฐู„ูƒ ูุฅู†َّู‡ ูŠุณุชุญุจ ู„ู‡ ุฃู† ูŠุณุชุงูƒ ุญุชู‰ ูŠุฏุฑูƒ ูุถูŠู„ุชู‡.


" Bersiwak di sisi kami termasuk dari sunnah wudhu dan di sisi Imam Asy_syafi'i termasuk dari sunnah shalat. Dan faedahnya : jika dia berwudhu untuk shalat Dzuhur dengan bersiwak dan masih tetap dalam keadaan wudhunya suci hingga shalat ashar atau maghrib, maka bersiwak yang pertama adalah sunnah untuk semua shalat di sisi kami, dan di sisi imam asy_syaf'ii disunnahkan dia bersiwak untuk setiap shalat. Dan adapun jika lupa bersiwak untuk shalat Dzuhur kemudian teringat setelah shalat berikutnya maka disunnahkan untuknya bersiwak sampai ia mendapatkan keutamaan bersiwak ..


๐Ÿ“š Al_bahr Ar_raaiq 1/42,  Hasyiah Ibnu Abidin 1/233


Dalil mereka: 


Dalil pertama : 


Dari Abu Hurairah , dari Rasulullah shalallahu alaihi wasalla, beliau bersabda:


ู„َูˆْู„ุงَ ุฃَู†ْ ุฃَุดُู‚َّ ุนَู„َู‰ ุฃُู…َّุชِูŠ ู„َุฃَู…َุฑْุชُู‡ُู…ْ ุจِุงู„ุณِّูˆَุงูƒِ ู…َุนَ ูƒُู„ِّ ูˆُุถُูˆุกٍ.


 “Seandainya tidak memberatkan umatku, pasti aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali berwudlu.” (HR Malik, Ahmad, dan an-Nasa`i mengeluarkannya, Ibn Khuzaimah menshahihkannya, dan al-Bukhari menyebutkannya secara ta’liq)


Dalil kedua '


dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:


  ู„َูˆْู„َุง ุฃَู†ْ ุฃَุดُู‚َّ ุนَู„َู‰ ุฃُู…َّุชِูŠ ، ู„َุฃَู…َุฑْุชُู‡ُู…ْ ุนِู†ْุฏَ ูƒُู„ِّ ุตَู„َุงุฉٍ ุจِูˆُุถُูˆุกٍ ، ูˆู…َุนَ ูƒُู„ِّ ูˆُุถُูˆุกٍ ุจِุณِูˆَุงูƒٍ ، ูˆَู„َุฃَุฎَّุฑْุชُ ุนِุดَุงุกَ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ุฅِู„َู‰ ุซُู„ُุซِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ


“Kalau sekiranya tidak memberatkan umatku, saya akan perintahkan mereka ada setiap akan shalat dengan berwudu. Pada setiap kali wudu dengan menggunakan siwak. Saya akan akhirkan waktu isya’ akhir sampai sepertiga malam.”


Jadi sisi pendalilannya : 


ุงู„ุณูˆุงูƒ ู…ุณุชุญุจ ู„ู„ูˆุถูˆุก 


Siwak disunnahkan ketika berwudhu.


๐Ÿ“š Lihat As_siwak wamaa asybaha dzaaka 65, Syarh Al_hidayah 1/145, Ma'arif As_sunan 1/146.


3️⃣. Pendapat ketiga.

Disunnahkan bersiwak ketika hendak shalat secara mutlak sama saja dia telah bersiwak saat wudhu atau tidak, ataukah dia telah shalat sebelumnya dengan shalat yang dia bersiwak di situ atau tidak. Dan ini adalah pendapat sebagian dari hanafiah dan ini adalah madzhab Syafi'iiyyan dan hanabilah dan pendapat ini yang dipilih oleh Ibnu Hazm.


๐Ÿ“š Lihat Hasyiah Ibnu Abidin 1/234, Al_Majmu: 1/274, Al_Iq'na ma'a khasyiah Al_khatib 1/181, Al_mughni 1/78, Al_furu' 1/126, Al_inshaf 1/118, dan Al_Mum'ti' 1/165. Al_muhalla 1/147.


Dalil mereka:


Yang pertama:


Dari shahabat Abu Huroiroh rodhiyallahu ‘anhu , Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda,


ู„َูˆْู„ุงَ ุฃَู†ْ ุฃَุดُู‚َّ ุนَู„َู‰ ุฃُู…َّุชِูŠ ู„َุฃَู…َุฑْุชُู‡ُู…ْ ุจِุงู„ุณِّูˆَุงูƒِ ุนِู†ْุฏَ ูƒُู„ِّ ุตَู„ุงَุฉٍ


“Jikalau tidak memberatkan umatku; Niscaya akan aku perintahkan mereka untuk bersiwak di setiap kali hendak sholat.” (HR. Muslim)


Lafadz Bukhari: 


ู…ุน ูƒู„ ุตู„ุงุฉ


"Bersama setiap kali shalat"


Sisi pendalilan : 


ูƒู„ ู…ู† ุฃู„ูุงุธ ุงู„ุนู…ูˆู… ููŠุนู… ูƒู„ ุตู„ุงุฉ.


"Dan kullu dari lafadz umum yang mencakup semua shalat"


๐Ÿ“š Lihat Al_Maj'mu' 1/274, Syarh Al_'Umdah liibnil Ath_thar 1/147.


Dan pendapat yang kuat adalah pendapat ketiga :


Disunnahkan bersiwak : setiap kali shalat sama saja dia telah bersiwak sebelumnya saat berwudhu atau tidak, ataukah :


setiap kali hendak shalat sama saja didahului shalat dengan bersiwak atau tidak. Maka hadits hadits bersiwak ketika hendak shalat itu umum.


Dan ini dikuatkan oleh Syaikh Al_Allamah Ibnu baz dan Al_allamah Al_Utsaimin rahimahumallaah.


๐Ÿ–‹️Berkata Ibnu baz rahimahullah : 


ูˆูŠุณุชุญุจ ุงู„ุณูˆุงูƒ ุฃูŠุถًุง ุนู†ุฏ ุงู„ุฏุฎูˆู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ู‚ุจู„ ุฃู† ูŠูƒุจุฑ ู„ู„ุฅุญุฑุงู… ูŠุณุชุงูƒ، ุซู… ูŠูƒุจุฑ، ุณูˆุงุก ูƒุงู† ุฅู…ุงู…ًุง ุฃูˆ ู…ุฃู…ูˆู…ًุง ุฃูˆ ู…ู†ูุฑุฏًุง؛ ู„ู‚ูˆู„ ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ: ู„ูˆู„ุง ุฃู† ุฃุดู‚ ุนู„ู‰ ุฃู…ุชูŠ ู„ุฃู…ุฑุชู‡ู… ุจุงู„ุณูˆุงูƒ ู…ุน ูƒู„ ูˆุถูˆุก ูˆููŠ ุงู„ู„ูุธ ุงู„ุขุฎุฑ: ู…ุน ูƒู„ ุตู„ุงุฉ


"Disunnahkan bersiwak setiap kali masuk shalat sebelum imam bertakbiratul ihram, dia bersiwak kemudian bertakbir, sama saja dia sebagai Imam atau makmum atau sendiri. Berdasarkan hadits nabi : seandainya tidak memberatkan ummatku, aku akan memerintahkan bersiwak bersama setiap kali shalat".


๐Ÿ“š Fatwa Nur 'Ala Darb 9//351.


๐Ÿ–‹️ Berkata Asy_Syaikh Al_Allamah Al_Utsaimin rahimahullah :


ุงู„ุณูˆุงูƒ ุนู†ุฏ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุณู†ุฉ ูƒู…ุง ู†ุต ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ู…ุณุชุฏู„ูŠู† ุจู‚ูˆู„ ุงู„ู†ุจูŠ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…-: «ู„ูˆู„ุง ุฃู† ุฃุดู‚ ุนู„ู‰ ุฃู…ุชูŠ؛ ู„ุฃู…ุฑุชู‡ู… ุจุงู„ุณูˆุงูƒ ุนู†ุฏ ูƒู„ ุตู„ุงุฉ» ูˆู„ุง ุดูƒ ุฃู† ุงู„ุณูˆุงูƒ ุฅุฐุง ู‚ุฑุจ ู…ู† ุงู„ุตู„ุงุฉ ูƒุงู† ุฃุทู‡ุฑ ู„ู„ูู…؛ ู„ุฃู†ูƒ ู„ูˆ ุชุณูˆูƒุช ู…ุซู„ุงً ู‚ุจู„ ุฃู† ุชุฏุฎู„ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ูุฅู†ู‡ ููŠู…ุง ุจูŠู† ุฏุฎูˆู„ูƒ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ู‚ุฏ ูŠุชุบูŠุฑ ุงู„ูู…، ู„ูƒู† ุงู„ุณูˆุงูƒ ุนู†ุฏ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุฃุทู‡ุฑ ู„ู„ูู….


"Bersiwak ketika hendak shalat adalah sunnah sebagaimana telah ditegaskan oleh ahli ilmu berdalilkan dengan sabda nabi shalallahu alaihi wasallam : 

Seandainya aku tidak memberatkan ummatku pasti aku memerintahkan mereka bersiwak ketika hendak shalat. Dan tanpa diragukan lagi bahwa bersiwak ketika dekat waktu shalat maka itu lebih membersihkan mulut, sebab seandainya jika kamu bersiwak sebelum masuk dalam masjid, maka diantara masuknya kamu dalam masjid dan shalat kadang bau mulut berubah. Akan tetapi bersiwak ketika hendak shalat maka itu lebih mensucikan mulut".


๐Ÿ“š Liqo Asy_syahri 9.

✍ Di susun : 

Abu Hanan As_Suhaily

15 rabiul awwal 1444_12/10/2022




Pengenalan Dasar Ilmu Tajwid

   ุจุณู… ู„ู„ู‡ ุงู„ุฑ ุญู…ู† ุงู„ุฑ ุญูŠู…

Pengenalan Dasar Ilmu Tajwid 

Tajwid secara bahasa adalah : At-tahsiin (pengindahan/pembagusan)

Ilmu tajwid secara istilah adalah : ilmu untuk mengetahui tata cara membaca Al-Qur'an dengan benar dan memperbaiki serta memperindah bacaan Al-Qur'an.

Sub bahasan dalam ilmu tajwid adalah kalimat-kalimat Al[1]Qur'an sesuai dengan hukum-hukumnya. 

Peletak pertama ilmu tajwid adalah para ulama qirooah, dan ada yang mengatakan Abu Ubeid Al-Qoosim bin Sallam . 

Buah mempelajari ilmu tajwid : menjaga lisan dari kesalahan-kesalahan dalam melafadzhkan kalimat-kalimat Al-Qur'an, baik kesalahan itu dengan merobah kalimat, menambah atau menguranginya, karena kesalahan-kesalahan tersebut bisa merobah makna − makna Al-Qur'an. 

Keutamaan mempelajari Ilmu Tajwid : bahwa ilmu ini merupakan ilmu yang sangat mulia karena kaitannya dengan kalam yang paling utama yang diturunkan kepada nabi termuliya Muhammad shollalloohu'alaihi wasallam .  

Dari 'Utsman bin 'Affan rodlialloohu'anhu Bersabda nabi shollalloohu'alaihi wasallam :

"Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan yang mengajarkannya."[ HR Bukhori] 

Sumber dasar Ilmu Tajwid adalah : dari bacaan nabi shollalloohu'alaihi wasallam dan bacaan generasi setelah beliau shollalloohu'alaihi wasallam , baik dari kalangan shohabat ataupun tabi'in dan seterusnya.  

Tujuan akhir dalam mempelajari Ilmu Tajwid adalah untuk meraih keberuntungan besar dan derajat yang tinggi yang Allooh janjikan untuk mereka yang pandai dalam Al-Qur'an di akherat kelak. 

Hukum mempelajari Ilmu Tajwid : wajib 'ain bagi yang ingin membaca Al-Qur'an sedikit ataupun banyak, dan fardhu kifayah bagi yang mendalami dan menghafal kaidah-kaidah Ilmu Tajwid untuk di ajarkan kepada orang lain. 

Dan dalil akan wajibnya mempelajari Ilmu Tajwid dan harusnya membaca Al-Qur'an dengan benar adalah firman Allooh ta'ala:  

"Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan ." [QS Al-Muzzammil 4] 

Dan dari sunnah , bahwa Anas bin Malik pernah di tanya bagaimana bacaan nabi shollalloohu'alaihi wasallam:

Beliau menjawab : bahwa bacaan nabi shollalloohu'alaihi wasallam adalah dengan mad (panjang) beliau mengucapkan

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…ู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠู…ِ


dengan memanjangkan lafadzh : " Allooh," dan lafadzh : " Arrohmaaan" dan "
Arrohiiim" [HR Bukhori]

Dan cara mengambil ilmu tajwid dengan dua cara:

1-    Dengan cara talqien : yaitu seorang murid mendengarkan bacaan gurunya lalu menirukan bacaannya setelah itu. Dalilnya adalah hadits turunnya awal surat Al’alaq ketika malaikat Jibril menalqien rosulullooh shollalloohu'alaihi wasallam.

2-    2- Cara 'Ardhl (setoran): yaitu seorang murid menyetorkan bacaannya atau hafalannya di hadapan gurunya. Dalilnya adalah setoran rosulullooh shollalloohu'alaihi wasallam kepada malaikat Jibril alaihissalam dimalam-malam Romadlon.

*****


Sumber Kitab : Al-Mukhtashorul Mufiid Fi ‘Ilmi Tajwid 

Di tulis oleh : Abu Turob Saiful Hadi bin Hadlorun Al-Jaawiy



Asy'ariyah Adalah Mubtadi'ah

ASY'ARIYYAH ADALAH MUBTADI'AH

Pertanyaan :

Boleh seseorang yg dahulunya salafi kemudian pada satu masa dia mengeluarkan dirinya daripada aqidah salafi dan mengaku pulak beraliran as sya'irah ,fiqh bermahzab syafi'i dan tasawuf di atas jalan imam al Ghazali..?..

apakah benar asya'irah itu bermanhaj salaf?..

ada komentar dr teman yg boleh mengelirukan orang awam..ingin diluruskan dgn jawaban yg ilmiah..

barakallahu fequm..jazakallahu khoir..
----------------

Jawaban :

 ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡.

Kenapa hanya dalam masalah fiqh saja saudara kita ini ikut Al Imam Asy Syafi'iy? Apakah ilmu Al Imam Asy Syafi'iy hanya terbatas pada fiqih saja? Apakah beliau kurang pandai dalam aqidah? Sehingga kita tidak ikut beliau dalam masalah aqidah, tapi ikut orang yang lahir sekian lama setelah beliau? Sebelum Abul Hasan Asy'ariy lahir, selama ratusan tahun kaum Muslimin ikut siapa dalam aqidah? Apakah semuanya sesat selama ratusan tahun sampai lahir dan tampilnya Abul Hasan? Tolong mereka menjawab dengan fithrah dan akal sihat, bukan dngan cacian dan tuduhan keji tanpa agumentasi yang layak.

Allah ta'ala lebih tahu tentang diri-Nya sendiri. Dan Dia telah mengabari kita akan banyaknya sifat Dia yang suci dan sempurna. Tapi sekte Asy'ariyyah menyimpang dari ajaran Allah dan Rasul-Nya ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… serta jalan para Sahabat , mereka membatasi sifat Allah hanya pada tujuh sifat saja.

Asy'ariyyah adalah mubtadi'ah. Adapun Abul Hasan Al Asy'ariy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡, maka beliau telah bertobat dari ajaran Asy'ariyyah beliau.

ุขู…ูŠู† ูˆุฅูŠุงูƒู….

-----------------------

( Dijawab Oleh Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Qudsiy Al Jawiy ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ )

Faidah dari Abu Za'im Hairul Nizam bin Abdurrahman Al Malaysiy, pertanyaan akh abu ahmad muhammad Fadzillah ุญูุธู‡ู…ุง ุงู„ู„ู‡

               

_*NASEHAT UNTUK SEKIRANYA TIDAK MEMONDOKKAN ANAK SEBELUM MENCAPAI BALIGH*_

_*Telah Di Periksa Oleh Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Bin Soekojo Al Indonesiy ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰*_                ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†...