Sarapan pagi dgn menu bergizi dari faedah tanya jawab
----------------------------------------
TANYA:
Bismillah
Afwan ustadz mau tanya, penulisan yg benar kalimat إن شآءالله dlm bhs indonesia bagaimana? Disambung atau terputus/insyaallah atau in syaa allah?
Jazakallahu khoir atas penjelasannya.
diJAWAB oleh Ust Abu Zakariya Harits Aljabaly hafidzhohulloh [3/6 21.46]
Bismillaah...
Adapun masalah tulisan secara ejaan yg benar adalah :
IN SYAA ALLOH (dg terpisahnya IN)
(إن شاء الله).
"jika Alloh ta'aala menghendaki "
- Karena jika di baca dg bersambung maknanya berbeda :
INSYAA ALLOH (إنشاء الله).
" mewujudkan /menciptakan Alloh "
🏽 intinya cara bacanya jangan sampai keliru baik bersambung maupun terpisah.... Karena ejaan tersebut sekedar ejaan bahasa Indonesia... Bukan bahasa arab... Jadi jangan di bahas dalam dalam/panjang lebar sehingga menyibukkan diri untuk mengurusi Pembahasan tersebut....
Yg penting jangan sampai keliru dalam membaca dan menulis arabnya...
wallohu a'lam.
Beberapa dari kumpulan faedah - faedah yang bermanfaat, yang in syaa allah dapat mengantarkan kita menuju taman taman surganya allah, .
KETIKA MUADZIN (PENGANGGURAN) BERLOMBA-LOMBA DENGAN AYAM DI WAKTU FAJAR
KETIKA MUADZIN (PENGANGGURAN) BERLOMBA-LOMBA DENGAN AYAM DI WAKTU FAJAR
__________________________________________
قال ابن حزم: سئل الحسن البصري عن الرجل يؤذن قبل الفجر يوقظ الناس؟ فغضب..
Ibn Hazm rahimahullâh mengatakan,"
Al-Hasan Al-Bashriy pernah ditanya tentang orang yang adzan sebelum masuk waktu Shubuh dengan tujuan untuk membangunkan manusia? Maka beliau marah dan mengatakan, "
وقال علوج فراغ لو أدركهم عمر بن الخطاب لأوجع جنوبهم من أذن قبل الفجر فإنما صلى أهل ذلك المسجد بإقامة لا أذان فيه .
“‘Uluj Faragh (orang-orang keterlaluan yang pengangguran), seandainya 'Umar bin Khathab mendapati mereka tentu ia akan memukul sisi-sisi tubuh mereka. Siapa yang adzan sebelum waktu subuh, maka jama’ah masjid itu shalat berdasarkan iqamah saja, tidak ada adzan padanya (adzan tidak sah. Itu jika iqamahnya sudah masuk waktu, jika belum maka shalat tanpa adzan dan iqamah; shalat di luar waktu).”
وفي رواية: انه سمع مؤذنا أذن بليل فقال: علوج تباري الديوك: وهل كان الأذان على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم إلا بعد ما يطلع الفجر.
Dalam riwayat lain disebutkan, bahwa ia (Al-Hasan Al-Bashriy) mendengar seseorang adzan di malam hari, ia berkata, " 'Uluj (orang-orang kasar) berlomba dengan ayam! Bukankah adzan di masa Rasulullâh –Shallallâhu 'alayhi wasallam - tidak dilakukan kecuali setelah terbit fajar?”
وعن إبراهيم النخعي أنه كان يكره أن يؤذن قبل الفجر.
وعنه أيضا قال: سمع علقمة بن قيس مؤذنا بليل فقال: لقد خالف هذا سنة من سنة أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم، لو نام على فراشه لكان خيرا له) المحلى (3/118)
Dari Ibrahim an-Nakha’iy, disebutkan bahwa ia membenci dikumandangkannya adzan sebelum terbit fajar.
dia juga mengatakan, “Alqamah bin Qais mendengar seseorang adzan di malam hari (sebelum terbit fajar), maka ia berkata, “Orang ini telah menyelisihi salah satu sunnah para sahabat Rasulullâh -Shallallâhu 'alayhi wasallam-, seandainya ia tidur di tikarnya, tentu itu lebih baik baginya.”
(al-Muhalla, 3/118)
Dalam riwayat Ibnu Abi Syaibah, Hasan Bashri berkata:
“Orang-orang kasar pengangguran, mereka tidak menyambung dengan iqamah. Seandainya 'Umar mendapati mereka, tentu sudah memukuli atau memukul kepada mereka.”
Hak seorang muslim terhadap muslim yang lain
YA IKHWAANI DATANGKANLAH HAK SAUDARAMU..!
بسم الله الرحمن الرحيم
Sebagaimana perkataan rosululloh sholallohu
'alayhi wa sallam,
حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ: رَدُّ السَّلاَمِ، وَعِيَادَةُ
الْمَرِيْضِ، وَاتِّبَاعُ الْجَنَائِزِ، وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ، وَتَشْمِيْتُ الْعَاطِسِ
“ Hak seorang muslim terhadap muslim yang lain
ada lima yaitu menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengikuti jenazah,
memenuhi undangan, dan mendoakan orang yang bersin (bila yang bersin
mengucapkan hamdalah, pent.).”
[HR. Al-Bukhari no.1240 dan Muslim no.5615]
Hukum menjenguk orang sakit, dalam hal ini
terdapat perbedaan pendapat dikalangan ulama, namun kami melihat pendapat yang
lebih rojih adalah hukumnya fardhu kifayah, Allooh a'lam.
Artinya, bila ada sebagian orang yang
melakukannya maka gugur kewajiban dari yang lain. Bila tidak ada seorang pun
yang melakukannya, maka wajib bagi orang yang sudah mengetahui dan mendengar
khabar tentang keberadaan si sakit hendaknya bersegera ia untuk menjenguknya.
Kemudian yang perlu diketahui, orang sakit yang
dituntunkan untuk dijenguk adalah yang terbaring di rumahnya (atau di rumah
sakit) dan tidak keluar darinya.
Adapun orang yang menderita sakit yang ringan,
yang tidak menghalanginya untuk keluar dari rumah dan bergaul dengan
orang-orang, maka tidak berhak / tidak perlu dijenguk.
Namun bagi orang yang telah mengetahui tentang
khabar sakitnya hendaknya menanyakan keadaannya.
Demikian penjelasan Syaikh Muhammad bin Shalih
Al-Utsaimin rohimahulloh dalam kitabnya Syarhu Riyaadhish Sholihin (3/55).
Keutamaan yang besar dijanjikan bagi seorang
muslim yang menjenguk saudaranya yang sakit seperti ditunjukkan dalam hadits²
berikut ini:
Tsauban rodhiyallohu 'anhu mengabarkan dari Nabi
sholallohu 'alayhi wa sallam, beliau bersabda :
إِنَّ الْمُسْلِمَ إِذَا عَادَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ لَمْ يَزَلْ فِي خُرْفَةِ
الْجَنَّةِ حَتَّى يَرْجِعَ
“Sesungguhnya seorang muslim bila menjenguk
saudaranya sesama muslim maka ia terus menerus berada di khurfatil jannah
hingga ia pulang (kembali).”
[HR. Muslim
no.6498. Dalam lafadz lain hadits no.6499] :
مَنْ عَادَ مَرِيْضًا، لَمْ يَزَلْ فِي خُرْفَةِ الْجَنَّةِ. قِيْلَ: يَا
رَسُوْلَ اللهِ، وَمَا خُرْفَةِ الْجَنَّةِ؟ قَالَ: جَنَاهَا
“ Siapa yang menjenguk seorang yang sakit maka ia
terus menerus berada di khurfatil jannah.” Ditanyakan kepada beliau, “Wahai
Rasulullah, apakah khurfatil jannah itu?”. Beliau menjawab, “Buah-buahan yang
dipetik dari surga.”
Ali rodhiyallohu 'anhu berkata, “Aku pernah
mendengar Rasulullah sholallohu 'alayhi wa sallam bersabda:
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُوْدُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إِلاَّ صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ
أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إِلاَّ صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ
أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ، وَكَانَ لَهُ خَرِيْفٌ فِي الْجَنَّةِ
“Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang
lain di pagi hari melainkan 70.000 malaikat bersholawat atasnya (memintakan
ampun untuknya) hingga ia berada di sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore
hari maka 70.000 malaikat bersholawat atasnya (memintakan ampun untuknya)
hingga ia berada di pagi hari. Dan ia memiliki buah-buahan yang dipetik di
dalam surga.”
[HR. At-Tirmidzi no. 969, dishahihkan Al-Imam
Al-Albani rohimahulloh dalam Shahih Al-Jami’ Ash-Shaghir no. 5767 dan
Ash-Shahihah no. 1367]
Ada beberapa adab yang perlu diperhatikan oleh
seseorang bila hendak menjenguk orang sakit, sebagaimana disebuntukan
Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin rohimahulloh.
Di antaranya:
1 Ia melakukan amalan tersebut dengan niat
menjalankan perintah Nabi sholallohu 'alayhi wa sallam.
2 Ia meniatkan untuk berbuat baik kepada
saudaranya dengan menjenguknya, karena seorang yang sakit bila dijenguk
saudaranya akan merasa senang dan menjadi lapang hatinya.
3 Ia
gunakan kesempatan membesuk tersebut untuk memberikan arahan kepada si sakit
dalam perkara yang bermanfaat baginya, seperti menyuruhnya bertaubat,
istighfar, dan menyelesaikan hak-hak orang yang lain yang belum dipenuhinya.
4 Bisa
jadi si sakit memiliki permasalahan yang membutuhkan bantuan orang lain yang
ketika dia sakit hal tersebut tak dapat dikerjakannya sendiri karena sakitbya,
contoh; gas kompornya ato air minumnya habis dan tak ada orang yang bisa
membelikannya ato dimintainya bantuan untuk itu...dan mungkin juga si sakit ada
permasalahan tentang bagaimana tata cara thaharah atau shalat selama sakitnya
atau yang semisalnya...maka bila si penjenguk mampu dan memungkinkan baginya untuk
berbuat baik membantu sisakit dalam hajat² yang dibutuhkan saat itu,,,dan bila
ia punya ilmu tentang yang jadi permasalahan ibadah si sakit hendaknyalah ia
mengajarkan kepadanya.
5 Ia
melihat mana yang maslahat bagi si sakit, apakah dengan ia lama berada di sisi
si sakit atau cukup sebentar saja. Bila ia melihat si sakit senang, terlihat
gembira dan menyukai bila ia berlama-lama di tempat tersebut, hendaknya ia pun
menahan dirinya lebih lama bersama si sakit dalam rangka membagi kebahagiaan
kepada saudaranya. Namun bila ia melihat yang sebaliknya, hendaklah ia tidak
berlama-lama di tempat tersebut.
6 Hendaknya
ia mengingat nikmat Allah subhaanahu wa ta'ala berupa kesehatan yang sedang
dinikmatinya, karena biasanya seseorang tidak mengetahui kadar nikmat Allah
subhaanah kepadanya kecuali bila ia melihat orang yang ditimpa musibah berupa
kehilangan nikmat tersebut. Dengan nikmat tersebut, ia memuji Allah ta'ala dan
memohon agar melanggengkan nikmat sehat untuk dirinya.
7 (*)
Ia doakan si sakit dengan doa yang diajarkan oleh rosulullooh sholallohu
'alayhi wa sallam:
لاَ بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ
“Tidak mengapa, insya Allah (sakit ini) sebagai
pembersih.”
[HR.Bukhari dari sahabat Abdullah bin ‘Abbas
rodhiyallahu ‘anhuma]
Dalam hadits yang lain, Nabi shollallohu ‘alaihi
wa sallam bersabda,
“Barangsiapa menjenguk orang sakit yang belum
datang ajalnya lalu dia mengucapkan doa
,أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ
رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ
“Aku meminta kepada Allah yang Maha Kuasa, Rabb
al-’Arsy yang agung, agar memberikan kesembuhan kepadamu.”
Sebanyak 7 kali, niscaya Allah akan memberikan
kesembuhan kepadanya.”
[HR.Tirmidzi dan Abu Dawud dari sahabat Abdullah
bin ‘Abbas rodhiyallohu ‘anhuma].
8 (*)
Tidak mengapa membawa sesuatu untuk dihadiahkan kepada si sakit, karena dengan
hadiah akan semakin erat tali persaudaraan dan kasih sayang.
Rosululloh
shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda:
تَهَادُوْا تَحَابُّوْا
“Saling memberikan hadiahlah di antara kalian
niscaya kalian akan saling mencintai"
[HR.Bukhari dalam Adabul Mufrad dari sahabat Abu
Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu].
9 (*)
Hendaknya tidak berkunjung atau menjenguk di waktu-waktu yang memberatkan si sakit,
seperti waktu-waktutidur atau istirahat.
✅🔟 (*) Meruqyah si sakit tanpa diminta
olehnya, tentu dengan meminta izin kepadanya terlebih dulu, yaitu dengan
membacakan kepadanya bacaan-bacaan yang disyariatkan yaitu ayat-ayat Al-Qur`an
atau doa-doa yang tidak mengandung kesyirikan.
Alloh ta’ala berkata:
وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ
“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang
menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.”
[QS. Al-Isroo`: 82]
Al-Qur`an itu mengandung obat dan rahmat. Namun
kandungan tersebut tidak bermanfaat bagi setiap orang, dan hanya bermanfaat
bagi orang yang beriman dengannya, yang membenarkan ayat-ayat-Nya, dan
mengilmuinya. Adapun orang² yang zholim, yang tidak membenarkannya atau tidak
beramal dengannya, maka Al-Qur`an tidak akan menambahkan kepada mereka kecuali
kerugian.
[Lihat Tafsir as-Sa’di]
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah
menjenguk sebagian keluarganya yang sakit, lalu beliau mengusap si sakit dengan
tangan kanannya sambil membaca:
اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ، اشْفِ، أَنْتَ الشَّافِيْ
لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاءُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
“Ya Allah, Robb seluruh manusia, hilangkanlah
penyakit ini. Sembuhkanlah, Engkau adalah Dzat yang Maha Menyembuhkan. (Maka)
tidak ada kesembuhan (yang sempurna menyembuhkan) kecuali kesembuhan
(dari)Engkau, yakni kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” [Muttafaqun
‘alayhi]
maroji' Syarhu Riyadhish
Sholihin,
hal.55-56, Syaikh Al Utsaimin rohimahulloh.
dinukil faedahnya di medan pada hari ahad qoblal
'ashr 11 Romadhon 1436 H / 28-062015, oleh akhukum fillaah, alfaqiir ilalloohi
wa maghfirotihi wa liwalidaytih :
Abu Jundi Ahmad ibn Titok Harianto Al Jaawiy As
Surobawiy
✳ Catatan kaki:
(*) : adalah sdikit tambahan dari ana sendiri,
dari apa yang Alloh mudahkan untuk ana memahaminya. Mohon koreksinya dari para
asatidzh bila terdapat banyak kesalahan disana sini. Jazaakumulloh khoyron...
Semoga manfaat & barokah
Langganan:
Postingan (Atom)
Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta
Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...
-
Audio Majaalis AhlisSunnah: بسم الله الرحمن الرحيم Faedah Tanya - Jawab TANYA : Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bang , k...
-
SAYYIDUL ISTIGHFAR عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَيِّدُ الْاِس...
-
_*(Disertai sedikit kritikan kepada Ust. Abu Ubaid Al bughisy terkait permasalahan shurah)*_ _*Telah di periksa oleh Al Ustadz Abu Abdirro...