Memberi makan untuk jamaah dihari Jumat

 Barokollohufikum ustadz ada titipan pertanyaan dari jamaah awam   .sekarang sdh marak di masjid2 kalau hari jum'at orang orang sebagian memberikan makan dan minum unt jamaah yg selesai juma'tan apakah amalan ini  termasuk amal jariah mereka berpikir memberikan makan orang. orang makan nasi dan lauk  jadi setitik darah setitik darah jadi daging  dan orang itu melakukan sholat dan amal2 lain mohon jawaban di grop ini saja langsung supaya menjadikan pembelajaran bagi yang lain


*Jawaban :*


بسم الله الرحمن الرحيم


Memberi makan untuk jamaah dihari Jumat, atau mengundang makan siang setelah jumat insya Allah merupakan amalan kebajikan apalagi dihadiri oleh orang fakir dan miskin, dan tidak ada dalil yang melarang hal itu.


Bahkan masuk dalam keumuman dalil seperti : 


Firman Allah tentang sifat penghuni surga: 


(وَیُطۡعِمُونَ ٱلطَّعَامَ عَلَىٰ حُبِّهِۦ مِسۡكِینࣰا وَیَتِیمࣰا وَأَسِیرًا)


Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan, [Surat Al-Insan 8]


Dan hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam tatkala ditanya  tentang Islam terbaik, beliau menjawab: 


تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلَامَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ


Kamu memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal". HR. Al Bukhari dan Muslim.


Dan bersabda: 


اعْبُدُوا الرَّحْمَنَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَأَفْشُوا السَّلَامَ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ


"Beribadahlah kalian kepada Ar Rahman, berilah makanan, dan tebarkanlah salam, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." HR. At Tirmidzi


Boleh jadi pemberian makanan itu membuat senang yang lain untuk mendatangi jumatan apalagi anak-anak, 


Dalam shahi Al Bukhari dari Sahl bin Sa'ad Radhiyallahu Anhu berkata: 


إِنَّا كُنَّا نَفْرَحُ بِيَوْمِ الْجُمُعَةِ كَانَتْ لَنَا عَجُوزٌ تَأْخُذُ مِنْ أُصُولِ سِلْقٍ لَنَا كُنَّا نَغْرِسُهُ فِي أَرْبِعَائِنَا فَتَجْعَلُهُ فِي قِدْرٍ لَهَا فَتَجْعَلُ فِيهِ حَبَّاتٍ مِنْ شَعِيرٍ لَا أَعْلَمُ إِلَّا أَنَّهُ قَالَ لَيْسَ فِيهِ شَحْمٌ وَلَا وَدَكٌ فَإِذَا صَلَّيْنَا الْجُمُعَةَ زُرْنَاهَا فَقَرَّبَتْهُ إِلَيْنَا فَكُنَّا نَفْرَحُ بِيَوْمِ الْجُمُعَةِ مِنْ أَجْلِ ذَلِكَ وَمَا كُنَّا نَتَغَدَّى وَلَا نَقِيلُ إِلَّا بَعْدَ الْجُمُعَةِ


"Kami selalu bergembira bila datang hari Jumat karena ada seorang wanita tua yang mencabut ubi milik kami yang kami tanam disaluran air kebun lalu dia memasaknya dengan mencampurnya dengan biji gandum".


 _Perowi berkata: "Aku tidak tahu kecuali dia mengatakan bahwa tidak ada lemak dan minyak_. 


"Apabila kami telah selesai shalat Jumat maka kami datang ke rumah wanita itu lalu dia menyuguhkan masakannya itu kepada kami. *Itulah mengapa kami bergembira dengan kehadiran hari Jum'at karena adanya makanan yang disuguhkannya itu*. 


Dan kami tidaklah makan siang dan tidak pula tidur siang (qailulah) melainkan setelah selesai shalat Jum'at". HR. Al Bukhari.


Hadist ini menunjukkan bahwa kebiasaan wanita tua itu adalah menyiapkan makanan dihari Jumat, dan hal itu tidak diingkari oleh nabi shallallahu alaihi wasallam.


Barakallahu fiikum



*Di jawab oleh :*

Al Ustadz Abu Ubaiyd Fadhliy Al Bugisi حَفِظَهُ اللّٰه 

di majmu'ah روضة الطالبين منكوتانا



Pakai Jam di Tangan Kanan atau Kiri?

Pakai Jam di Tangan Kanan atau Kiri?

⏰⏰⏰


Berkata Ibnu Utsaimin:


وضع الساعة في اليد اليمنى ليس أفضل من وضعها في اليد اليسرى ؛ لأن الساعة أشبه ما تكون بالخاتم ، فلا فرق بين أن تضع الساعة في اليمين أو اليسار ، لكن لا شك أن وضعها في اليسار أيسر للإنسان ، من ناحية التعبئة ، ومن ناحية النظر إليها أيضاً ، ثم هي أسلم في الغالب ؛ لأن اليمنى أكثر حركة فهي أخطر .


"Memakai jam di tangan kanan tidak lebih baik daripada memakainya di tangan kiri. Karena jam lebih menyerupai cincin. Maka tidak ada bedanya antara memakainya di tangan kanan atau kiri. Akan tetapi tidak diragukan lagi bahwa memakainya di tangan kiri lebih mudah bagi seseorang. Baik dari sisi pemakaian maupun dari sisi kemudahan melihatnya. Dan juga seringnya lebih aman karena tangan kanan justru lebih banyak bergerak sehingga lebih berbahaya. 


والأمر في هذا واسع ، فلا يقال : إن السنة أن تلبسها باليمين ؛ لأن السنة جاءت في اليمين واليسار في الخاتم ، والساعة أشبه شيء به.


Dan ini adalah perkara yang padanya terdapat kelapangan. Jadi, jangan dikatakan bahwa memakai jam tangan di tangan kanan adalah Sunnah.

Karena justru Sunnah datang menjelaskan bahwa Rasulullah memakai cincin di tangan kanan dan kiri. Dan jam tangan lebih mirip kepada cincin."


[admin]:

Hadits yang dimaksud beliau adalah hadits Anas beliau berkata:


كان خاتم النبي صلى الله عليه وسلم في هذه وأشار إلى الخنصر من يده اليسرى


" Dulu cincin Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di sini." Beliau menunjuk ke arah jari kelingking dari tangan kirinya. [HR. Muslim no.2095] 


Dan hadits Anas bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dulu memakai cincin perak di tangan kanan beliau." [HR. Muslim no.2094] 



Referensi:

Asy-Syarh Al-Mumti' [vol.6/hal.110]; Syâmilah.



#jam_tangan

Bahaya Dosa dan Maksiat


📘Hadits Shahih



*🔘 BAHAYA DOSA DAN MAKSIAT*


•┈┈•┈┈•⊰✿{ 2 }✿⊱•┈┈•┈┈• 


📖 TUJUH DOSA YANG MEMBINASAKAN


💬 Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu dari Nabi ﷺ bersabda: 


_⚠"Jauhilah tujuh Dosa yang membinasakan"._

_Para sahabat bertanya : "Wahai Rasulullah, apakah itu?_

_Beliau bersabda :_

 🔥 *_"Syirik kepada Allah,_* 

🔥 *_Sihir,_* 

🔥 *_Membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan haq,_* 

🔥 *_Memakan riba,_* 

🔥 *_Memakan harta anak yatim,_* 

🔥 *_Kabur dari medan peperangan_* 

🔥 *_Dan menuduh seorang wanita mu'min yang suci berbuat zina"._*


📓 [ HR. Bukhari (2766) dan Muslim (89) ]


•┈┈•┈┈•⊰✿❁✿⊱•┈┈•┈┈•


Dapatkan Artikel dan ilmu Yang Bermamfa'at Lainnya di Sini 

 ⤵⤵⤵

 

📡@assunnah_loebas

 

☝🏿 _Jadilah orang yang pertama kali yang menyampaikan kebaikan ini_

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...