⏳ Tafsir surah An-Nas

⏳ Tafsir surah An-Nas 


▪️ قل أعوذ برب الناس


Makna أعوذ telah lewat


Makna  برب الناس .


⏺️ Makna Rabb.


Secara bahasa Rabb mempunyai beberapa makna : 


Asal kata

ربَّ يربُّ ربوبيأ



rabba, yarubbu, rububiyyah


1. Sayyid (tuan),  lihat lisanul Arab 1/299


Seperti firman Allah :


صَاحِبَيِ السِّجْنِ أَمَّا أَحَدُكُمَا فَيَسْقِي رَبَّهُ خَمْرًا 


Hai kedua penghuni penjara, "Adapun salah seorang di antara kamu berdua, akan memberi minum tuannya dengan khamar; 


Dan juga hadits tentang tanda tanda hari kiamat : 


فَأَخْبِرْنِيْ عَنْ أَمَارَاتِهَا, قَالَ : أَنْ تَلِدَ الأَمَةُ رَبَّتَهَا,


Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya!” Nabi menjawab,”Jika seorang budak wanita telah melahirkan tuannya;(HR Bukhari dan Muslim)


2.Al_Malik (pemilik) yaitu setiap yang menguasai  sesuatu maka dia adalah rabb-Nya. Lihat lisanul Arab 1/299. An_Nihayah 2/179


Seperti hadits shahih tentang orang yang kehilangan ontanya.


Beliau shallallahu alaihi wasallam bersabda ketika di tanya 


Bagaimana dengan unta yang tersesat?.


"Apa hubungannya denganmu?

Ia mempunyai kantong air dan sepatu, ia bisa datang ke tempat air dan memakan tetumbuhan,


حَتَّى يَلْقَاهَا رَبُّهَا

 

 hingga pemiliknya menemukannya."

(Muttafaq Alaihi ).


3. Al_ Mushlih , Al_Jabir, Al_Mudabbir, Al_Qaaim (yang memperbaiki, yang mengurusi, yang mengatur), lihat Asmaul Husna washifatuhu Al ula  hal 204.


🖋️Berkata Al_Harawi dan selainnya : 


 ويقال لمن قام بمصالح شيءٍ وإتمامِهِ: قد رَبَّه يربُّه فهو رَبٌّ، ومنه سُمِّي الرَّبَّانيُّون لقيامهم بالكتُبِ وإصلاح الناس بها


Dikatakan pada seseorang yang tegak mengurusi untuk perbaikan_perbaikan sesuatu dan  penyempurnaannya, maka dia adalah Rabb, dan juga dinamakan rabbaniyyun, karena tegaknya mereka dalam mengurusi manusia dengan mengajarkan kitab_kitab dan memperbaiki mereka dengan kitab tersebut.


Seperti dalam hadits seseorang berkata: 


 أُرِيدُ أَخًا لِي فِي هذِهِ الْقَرْيَةِ


Saya bermaksud mengunjungi saudaraku di desa ini.' Malaikat itu bertanya, 


هَلْ لَكَ عَلَيْهِ مِنْ نِعْمَةٍ تَرُبُّهَ


'Apakah kamu memiliki suatu nikmat ( barang) yang kamu urusi padanya?' Dia menjawab, 'Tidak, hanya saja aku mencintainya karena Allah Subhanahu waTa`ala.' 


4. Al_Ma'bud (yang disembah) .


Di antara dalilnya : 


Hadits tentang adzab kubur, pertanyaan malaikat kepada penghuni kubur.


من ربك 


Siapa sembahanMu ??(HR Muslim).


5. Rabb bermakna pecahan kata tarbiyyah (pemeliharaan, mendidik)


 ربَّى يربِّي تربية.


Rabba, yurabbiy, tarbiyatan


🖋️ Berkata Ar_Rhaghib  : Ar_rabb pada asalnya dari masdar tarbiyyah yang bermakna :


وهو إنشاءُ الشَّيءِ حالًا فحالًا إلى حدِّ التَّمامِ


Dan dia yang mengadakan, menjadikan sesuatu dari suatu keadaan pada keadaan lain sampai pada batas sempurna.


Seperti firman Allah : 


وَرَبَٰٓئِبُكُمُ ٱلَّٰتِى فِى حُجُورِكُم مِّن نِّسَآئِكُمُ ٱلَّٰتِى دَخَلْتُم بِهِنَّ فَإِن لَّمْ تَكُونُوا۟ دَخَلْتُم بِهِنَّ



(anak-anak isterimu yang dalam pemeliharaanmu dari isterimu) Yakni yang dipelihara dalam asuhanmu, dan ini bukanlah maksud dalam pengharamannya, karena (الربيبة) adalah anak perempuan istri dari suami selain dia (anak tiri), dan dinamakan (الربيبة) karena dia diasuh dalam asuhan suami terakhir. Anak tiri ini diharamkan atasnya apabila ia telah menggauli ibunya meski anak tiri ini tidak dalam asuhannya.


 فَإِن لَّمْ تَكُونُوا۟ دَخَلْتُم بِهِنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ


 (tetapi jika kamu belum campur dengan isterimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu mengawininya)


Dinamakan anak dari istri rabibah, dikarenakan dibawa pengurusan, pemeliharaan suami terhadapnya, sebab suami yang mengatur, mentarbiyyah, memperbaiki keadaannya


⭕Dari semua makna secara bahasa diatas untuk pensifatan Rabb sebagai kesimpulan  : Dia adalah sayyidul makhluk (penguasa), yang menguasai mereka, yang mengatur urusan mereka,  dan memperbaiki keadaan mereka, yang tegak atas urusan mereka, yang mentarbiyyah mereka dengan berbagai macam kenikmatan yang tidak bisa dihitung, Dialah yang disembah, tidak ada sembahan yang berhak disembah selain dia .


⏺️ Makna nama Ar_Rabb untuk Allah.



🖋️ Berkata Imam Ibnul Qayyim rahimahullah : 


الله ربُّ كلِّ شَيءٍ وخالِقُه، والقادِرُ عليه لا يخرجُ شيءٌ عن ربوبيتِهِ، وكلُّ مَنْ فِي السماواتِ والأرضِ عَبْدٌ له فِي قبضتِهِ، وتحتَ قَهْرِهِ، 


Allah adalah Rabb segala sesuatu dan yang menciptakannya, dan Maha mampu atas segala sesuatu, dan tidak ada sesuatu pun yang keluar dari rububiyah_Nya, setiap apa yang berada di langit dan di bumi itu sebagai hamba terhadap_Nya, berada didalam genggaman_Nya dan di bawah kekuasaanNya.


📚 Madarijus salikin 1/34


🖋️ Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah :


.الرب : المربي الخالق الرازق الناصر الهادي


Ar_rabb adalah yang memelihara, mengatur, yang Maha pencipta, memberi rezeki, menolong, dan memberi petunjuk.


📚 Majmu' fatawa 14/13



🖊 Berkata Imam Ath_thabari rahimahullah : 


فربُّنا جلَّ ثناؤُه السَّيِّدُ الذي لا شِبْهَ له ولا مِثْلَ في سُؤْددِهِ، والمصْلحُ في أمْرِ خلْقِهِ بِما أسبغَ عليهم مِنْ نِعَمِهِ، والمالِكُ الذي له الخلْقُ والأمْرُ"

 


Maka Rabb kita (Allaah Azza wa Jalla) yang Maha agung pujian-Nya adalah penguasa yang tidak ada satu pun yang menyamai dan menandingi kekuasaan-Nya, dan Dialah yang memperbaiki (mengatur semua) urusan makhluk-Nya dengan berbagai nikmat yang dilimpahkannya kepada mereka, serta Dialah pemilik (alam semesta beserta isinya) yang memiliki (kekuasan mutlak dalam menciptakan dan memerintahkan , mengatur)”


📚Tafsir ath-Thabari 1/89


🖋️Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah : 


الذي يربيهم بقدرته ومشيئته وتدبيره وهو رب العالمين كلهم، فهو الخالق للجميع ولأعمالهم


Yang memelihara mereka  dengan kemampuan dan kehendak_Nya dan pengaturan_Nya dan Dia adalah Rabb alam semesta seluruhnya, dan Dialah yang menciptakan seluruh makhluk dan amalan mereka.


📚 Majmu' fatawa 17/509_532.



🖊 Berkata Imam As_Sa'di rahimahullah :


Rabb adalah 


 هو المُرَبِّي جميع عباده بالتدبيرِ وأصنافِ النِّعَمِ.

 وأَخَصُّ مِن هذا: تربيتُه لأصْفيائِهِ بإصْلاحِ قلوبِهم وأرواحِهم وأخلاقِهم؛ ولهذا كَثُر دعاؤهم له بهذا الاسمِ الجليلِ، لأنهم يَطلبون منه هذه التربيةَ الخاصَّةَ"


yang mentarbiyyah (mengurus, memelihara, memperbaiki) semua keadaan hamba_hambaNya dengan mengatur urusan mereka dan melimpahkan berbagai jenis nikmat.


Dan lebih khusus dari itu 

bermakna penjagaan-Nya terhadap hamba-hamba-Nya yang shaleh dengan memperbaiki hati, jiwa dan akhlak mereka . Dan karena itulah kebanyakan doa mereka diawali dengan nama Rabb (ya rabbku, atau ya Rabb kami) sebab mereka meminta dariNya tarbiyyah (penjagaan, pemeliharaan, pengaturan) secara khusus


📚 Taisir Karimu Rahman 5/298.


▪️Jadi ketika seorang hamba berdoa dengan lafadz ya rabb, berarti yang diinginkan adalah tarbiyyah khusus dari Allah untuk dirinya.


Dan makna tarbiyyah khusus adalah : 


🖋️ Berkata As_sa'di rahimahullah :


تربيته لأوليائه, فيربيهم بالإيمان, ويوفقهم له, ويكملهم, ويدفع عنهم الصوارف, والعوائق الحائلة بينهم وبينه.

وحقيقتها: تربية التوفيق لكل خير, والعصمة من كل شر.

ولعل هذا المعنى, هو السر في كون أكثر أدعية الأنبياء بلفظ الرب.

فإن مطالبهم كلها داخلة تحت ربوبيته الخاصة.


Tarbiyyah khusus, yaitu pemeliharaan  Allah bagi para kekasihNya. maka Allah memberi pemeliharaan kepada mereka dengan iman dan Taufik dan menyempurnakan mereka dan mencegah mereka dari kejahatan dan segala penghalang antara mereka dengan Allah. Hakikatnya adalah pemeliharaan,  bimbingan taufik untuk melakukan kebaikan yang menjaga dari segala keburukan. Bisa jadi ini merupakan rahasia dari makna lafadz rabb sebagaimana terjadi pada bacaan  doa-doa para Nabi dengan memakai kalimat "rabb". permintaan para Nabi masuk di bawah pemeliharaan (tarbiyyah) yang khusus.


📚 Tafsir as_sa'di hal 25


🖋️ Berkata Imam As_Sa'di rahimahullah : 


فتجد مطالبهم كلها من هذا النوع واستحضار هذا المعنى عند السؤال نافع جدا 


Maka kamu akan mendapatkan permintaan mereka seluruhnya dari jenis ini, dan menghadirkan makna ini (tarbiyyah khusus) ketika meminta (membaca Al mu'awwidzatain) sangat memberikan manfaat.


📚 Fathur rahim 1/54


⏺️ Buah keimanan dengan mengimani nama Ar_rabb bagi Allah .


Keimanan seseorang hamba bahwa Allah adalah rabb-Nya, yang menciptakannya, dan mengatur perkaranya, ini mengharuskan kesempurnaan akan butuhnya seseorang hamba dihadapan Allah. Sebagaimana diketahui makna ar_rabb yang mengharuskan tegaknya Allah dalam pemeliharaan, dan perbaikan terhadap hamba-nya dan mengatur semua urusan mereka, dan tidak membiarkan mereka begitu saja, sia_ sia, hidup serampangan. Maka dari itulah Allah syariatkan pada mereka syariat_syariat, Allah turunkan pada mereka perkara berupa perintah, dan menggariskan pada mereka mana yang merupakan batasan Allah, yang mana itu adalah merupakan kebaikan bagi kehidupan mereka, dan teraturnya kehidupan mereka, dan Allah Maha mengetahui dengan apa yang akan dilakukan supaya mereka terjaga dari segala kejelekan.


Allah telah berfirman : 


أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ ٱللَّطِيفُ ٱلْخَبِيرُ


 (Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui) Yakni tidakkah Dzat yang menciptakan semua itu tidak mengetahui rahasia dan apa yang ada di dalam lubuk hati? Allah telah menciptakan manusia dengan tangan-Nya dan yang paling mengetahui sesuatu adalah penciptanya. 

 (dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?) Yang ilmu-Nya mengetahui rahasia yang disimpan  dan disembunyikan dalam hati, tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya.


▪️ Kapan seorang hamba menyaksikan makna_makna Ar_rabb pada rububiyyah Allah, dan yakin bahwa apapun yang datang dari Ar_rabb  seluruhnya adalah kebaikan dan perbaikan untuknya (termasuk anjuran untuk berdzikir pagi dan petang dengan membaca surah Al_ikhlas dan Al_muawwidzatain).


🖋️Berkata Imam As_Sa'di rahimahullah : 


مستدلا بدليل عقلي على علمه-: { أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ } فمن خلق الخلق وأتقنه وأحسنه، كيف لا يعلمه؟! { وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ } الذي لطف علمه وخبره، حتى أدرك السرائر والضمائر، والخبايا [والخفايا والغيوب]، وهو الذي { يعلم السر وأخفى } ومن معاني اللطيف، أنه الذي يلطف بعبده ووليه، فيسوق إليه البر والإحسان من حيث لا يشعر، ويعصمه من الشر، من حيث لا يحتسب، ويرقيه إلى أعلى المراتب، بأسباب لا تكون من [العبد] على بال، حتى إنه يذيقه المكاره، ليتوصل بها إلى المحاب الجليلة، والمقامات النبيلة.


Kemudian Allah berfirman mengutarakan dalil aqli yang menunjukkan ilmu&Nya, “Apakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan dan rahasiakan)?” siapa lagi yang menciptakan, menyempurnakan, dan mengindahkan makhluk, bagaimana Dia tidak tahu yang kalian tampakkan dan kalian sembunyikan? “Dan Dia Mahaluas lagi Maha Mengetahui.” Yang secara detail ilmu dan pengetahuanNya hingga mengetahui rahasia, segala yang samar, dan yang ghaib. Dan di antara makna Mahaluas adalah Allah memperlakukan hamba-hamba dan orang-orang yang dikasihiNya dengan lemah lembut. Allah mendorong mereka menuju kebaikan padahal mereka tidak merasakan hal itu. Allah menjaga mereka dari keburukan padahal mereka tidak mengira, dan mengangkat mereka ke tingkatan tinggi dengan berbagai sebab yang sama sekali tidak dikira oleh manusia. Bahkan Allah membuat mereka merasakan berbagai hal yang tidak disukai untuk menyampaikan mereka pada harapan tertinggi dan keinginan-keinginan mulia.

📚 Tafsir As_Sa'di



▪️Makna مَلِكِ النَّاسِ  


⏺️ Makna الملك


Dalam Misbahul Munir disebutkan 


Malaka (ملك) : 


على الناس أمرهم إذا تولى السلطنة فهو ملك جمع ملوك


Maksudnya : Yang menguasai atas manusia perkara mereka, jika dia menguasai kerajaan, maka disebut Malik, bentuk jamaknya muluk.


▪️ Dalam lisanul Arab 10/492.


Al_malku, Al_mulku, Al_milku maknanya :


احتواء الشىء والقدرة على الإستبداد به.


Memiliki sesuatu dan mampu bertindak sesuai dengan apa yang dikehendaki.


▪️Dalam Mu'jamul washit 2/886


Malaka asy_sya'ia

 (ملك الشىء)


Maknanya : 


حازه وانفرد بالتصرف فيه.


Dia menguasainya, dan bersendirian bertindak, mengatur didalamnya.


⏺️ Makna nama Al Malik untuk Allah.


🖋️ Berkata Ibnu Katsir rahimahullah : 


المالك لجميع الاشياء المتصرف فيها بلا ممانعة ولا مدافعة 


Raja bagi segala sesuatu yang mengatur segala sesuatu tanpa ada yang menghalangi-Nya dan juga tanpa ada yang menyaingi-Nya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir 8/79.


🖋️ Berkata Imam Ibnul Qayyim rahimahullah : 


اما الملك فهو الآمر الناهي المعز المزل الذي يصرف امور عباده كما يحب ويقلبهم كما يشاء .


Adapun Al_Malik adalah Dialah  yang memerintah, melarang, yang memuliakan, yang merendahkan, yang mengatur dan bertindak pada urusan hambaNya sebagaimana yang dia cintai, dan membalikkan mereka sebagaimana yang dia inginkan.


📚 Bada'iul Fawaid 2/249.


🖋️ Berkata Imam As_Sa'di rahimahullah:


والله هو الملك فهو نافذ الامر فى ملكه له التصرف المطلق فى الخلق والامر والجزاء وله جميع العالم والعلوى والسفلى كلهم عبيد له ومماليك مضطرون إليه.


Dan Allah adalah Al_malik , maka dia pelaksana perkaraNya pada kerajaanNya, dan bagiNya kekuasaan untuk bertindak secara mutlak pada penciptaan dan urusan, dan pembalasan, dan baginya semua alam di atas dan dibawah seluruhnya sebagai hamba terhadapNya dan semua apa yang dikuasai butuh pada_Nya.


📚 Tafsir As_Sa'di 945


🖋️ Berkata Asy-Syaikh Al Utsaimin rahimahullah : 


اي الملك الذي له السلطة العليا فى الناس ، والتصرف الكامل هو الله عز وجل


“Raja manusia.” Maknanya: Raja yang mempunyai kuasa tertinggi pada manusia, dan kuasa yang sempurna adalah milik Allah ‘Azza Wa Jalla.


📚 Tafsir Al Utsaimin 14/585.



⏺️ Buah keimanan dengan mengimani nama Al_Malik pada Allah.


▪️Kapan seorang hamba mengimani bahwa Allah adalah Al_malik, ditangan_Nyalah segala perbendaharaan di langit dan di bumi, yang Maha memberikan Rezki kepada siapa yang dikehendaki, yang Maha menguasai terhadap kematian dan kehidupan, kebangkitan, manfaat dan bahaya, yang seluruh perkara kembali kepada Allah, dan menguasai seluruh kerajaan langit dan bumi, dan apa yang berada diantara keduanya, semuanya milik Allah, mereka di atur, Dialah Allah yang bertindak pada mereka sebagaimana yang diinginkan Allah.


Allah berfirman :


فَتَعَٰلَى ٱللَّهُ ٱلْمَلِكُ ٱلْحَقُّ ۖ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْكَرِيمِ 


Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada sembahan yang berhak disembah kecuali Dia, rabb-Nya 'Arsy yang mulia.


▪️Dan keimanan seseorang hamba dengan nama Al_Malik adalah merupakan jalan akan ketergantungannya seorang hamba kepada Rabb_Nya dan akan menambah semangat untuk semakin dekat kepada-Nya .


▪️ Dan seseorang yang biasa dan semangat mendekat dengan raja raja' di dunia, dan puncak tujuannya adalah bagaimana untuk bisa sampai pada jabatan dan kedudukan, maka bagaimana lagi jika diketahui bahwa Allah adalah Al_malik , raja dari para raja, yang ditangan_Nyalah kerajaan, menguasai dengan sempurna secara mutlak.


🖋️ Berkata Imam Ibnul Qayyim rahimahullah: 


‏إذا تعرف الناس إلى ملوكهم وكبرائهم وتقربوا إليهم لينالوا  بهم العزة والرفعة فتعرف أنت إلى الله وتودد إليه تنل بذلك غاية العز والرفعة.


Jika kamu mengetahui, bahwa manusia pada raja raja' dan orang besarnya mereka, manusia mendekat pada mereka, agar mereka mendapatkan kemuliaan dan ketinggian, maka ketahuilah, bahwa kamu pada Allah Al_Malik, dan kamu berusaha untuk mendapatkan kasih sayang dari_Nya, agar kamu mendapatkan dengan hal tersebut puncak kemuliaan dan ketinggian.


📚 Al_fawaid 118.


Allah berfirman : 


قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ


Katakanlah: "Wahai Allah Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.


▪️ Dan mendekat pada para raja didunia ini, maka seseorang mendapatkan perlindungan pada kekuasaan mereka, karena pengaruh dan kekuatan mereka, maka bagaimana lagi dengan Al_Malik (Allah)  yang merupakan raja bagi seluruh alam..

 karena itulah digandengkan istiadzah (meminta perlindungan) dalam surah An_Nas dengan nama Al_malik, supaya seorang hamba mendapatkan penjagaan, dan benteng dari segala gangguan dan kejelekan di dalam kerajaanNya Allah.



🖋️ Berkata Al_Buqa'i rahimahullah : 


Firman Allah 


ملك الناس 


Yang menguasai (raja) manusia.


إشارة الى ان له كمال التصرف ونفوذ القدرة وتمام السلطان واليه المفزع وهو المستعان والمستغاث والملجأ والمعاذ.


Ini memberikan isyarat bahwa Al_Malik itu punya kesempurnaan dalam berbuat atau bertindak apapun pada makhluk-Nya, terlaksana kemampuanNya, dan kesempurnaan kekuatan, dan padaNyalah kembali orang orang yang takut, dan Dialah yang diminta pertolongan, perlindungan, dan tempat kembali.


📚 An_nadzm Ad_durar 8/162.


▪️ Makna  اله الناس


⏺️ makna ilah (إله)


1. Al_ilah mustaq dari Alaha ar_rajulu ya'lahu (الله الرجل يأله) ilaihi.


إذا فزع إليه من امر نزل به، فألهه اي آجاره وآمنه.


Jika dikagetkan padanya dengan suatu perkara yang terjadi padanya, maka dia pun Alaha أله padanya maksudnya berlindung atau mencari keamanan padanya, 


Maka makhluk berlindung kepada Allah Azza wa jalla dalam memenuhi hajat mereka, dan tunduk padanya terhadap apa yang menimpa mereka...


📚.Lihat lisanul Arab 13/467


2.Asalanya adalah ولاه (walaahu) maka waw diganti Hamzah, maka dikatakan ilahun (إله).


Pecahan kata dari :


الوله

Maknanya:Kecintaan yang teramat sangat. Yakni para hamba sangat mencintai Allah ,berlindung kepada-Nya,tunduk patuh ,bersandar kepada-Nya  di dalam  kesulitan – kesulitan.


 📚Lihat tafsir al Qur’an karya imam as Sam’aniy:1/32-33



3. Berasal dari alaha, ya'lahu (أله يأله) jika tahayyara (merasa heran).


وذلك لان القلوب تأله عند التفكر فى عظمة الله اي تتحير وتعجز عن بلوغ كنه جلاله.


Yang demikian itu hati hati (ta'lahu) yaitu merasa heran ketika memikirkan kebesaran Allah, maksudnya adalah  akan keheranan dan  merasa lemah untuk sampai pada hakekat kemuliaanNya Allah.


📚 Lisanul Arab 13/467, An_Nihayah 1/62.


4. Bahwa ilah dari kata alaha, ya'lahu, ilahatan, uluhiyyatan 


(أله، يأله، إلاهة،ألوهية)


Bermakna 'abada, ya'budu, 'ibadatan (sembahan)


📚 Lihat Ash-shihah 6/2222, Al_Asma washifat lil Baihaqi 1/58.


Dan makna inilah yang banyak dikuatkan oleh ulama ahli bahasa untuk asal ilah.


🖋️Berkata Ibnu Faris rahimahullah : 

Huruf Hamzah, lam, ha adalah asal yang satu, dan dia bermakna beribadah, maka ilah adalah Allah , dinamakan demikian karena dia disembah.Dan dikatakan 


Taallaha ar_rajulu.


(تأله الرجل)


Maknanya : jiika ia menyembah, beribadah.


📚lihat mu'jam Al_washit 1/127.


🖋️ Berkata shahibul qamus : 


Alahan, laahatan, uluhiyyatan


 (ألها، لاهة وألوهية)


Bermakna 'abada, ya'budu, 'ibadatan.


Dan diantaranya lafdzul jalalah (الله) asalanya adalah ilahun (إله) bermakna ma'luh (yang diibadahi).


وكل ما اتخذ معبودا اله عند متخذه.


Setiap apa yang dijadikan sembahan, maka dia adalah ilah di sisi orang yang menjadikan sembahan.


📚 Qamus Al_Muhith 1/1603



🖋️ Berkata Asy_Syaikh Al Utsaimin rahimahullah :


اي مألوههم ومعبودهم، فالمعبود حقا الذي تأله القلوب وتحبه وتعظمه  هو الله عز وجل.


📚 Tafsir Al_Utsaimin 14/585


⏺️ Makna nama illah pada haknya Allah .


🖋️ Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah :


الإله هو المعبود المطاع فإن الإله هو المألوه ، والمألوه هو الذي يستحق ان يعبد.


Al_ilah adalah sembahan yang ditaati ,sebab ilah adalah Al_ma'luh, dan Al_ma'luh itu adalah yang berhak untuk diibadahi.


📚 Majmu' fatawa 10/249.


🖋️ Berkata Al_hafidz Al_Hakami rahimahullah : 


إن الإله هو المالوه الذي تأله القلوب اي تعبده محبة وتذللا وخوفا ورجاء ورغبا ورهبا وتوكلا عليه وإطراحا بين يديه واستعانة به والتجاء إليه وافتقارا إليه


Dan ilah adalah yang diibadahi yang hati_hati beribadah kepadaNya, ketundukan, rasa takut, raja' , rasa harap dan cemas, bertawakkal kepada-nya, merendah dihadapan Allah, meminta tolong dengan Nya dan berlindung kepada-Nya.


📚Ma'rajil Al_Qabul 3/434.


⏺️ Buah keimanan dengan nama Al_ilah pada Allah Azza wajalla.


Dan kapan seorang muslim meyakini bahwa sembahannya adalah Al_Ilah yang  haq dan apa yang selain_Nya tunduk padaNya, baik dengan kemauan sendiri atau terpaksa, dan maksud dan tujuannya dia dikehidupan dunia adalah mencapai keridhaan Allah .


Allah berfirman : 


قُلْ إِنَّمَآ أَنَا۠ بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُوحَىٰٓ إِلَىَّ أَنَّمَآ إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ ۖ فَمَن كَانَ يَرْجُوا۟ لِقَآءَ رَبِّهِۦ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَٰلِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِۦٓ أَحَدًۢا


Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya sembahan kalian itu adalah sembahan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Rabbnya".


▪️ Maka ditinjau dari sudut pandang pada kehidupan dunia  yaitu cerminan Ubudiyyah / penghambaan kepada Allah dan hal itu seorang hamba akan berusaha pada semua urusannya besar ataupun kecil untuk mengimplementasikan apa yang dinginkan oleh Allah.


Dan sungguh perilaku yang mesti dimiliki oleh setiap mukmin adalah kokohnya dirinya dalam aqidah dan komitmennya dalam ibadah termasuk dzikir pagi dan petang, dan perilaku yang selalu menggambarkan akhlaq yang mulia, baik dia sedang berada di dalam rumahnya, atau sedang di tempat kerja, dan dimanapun ia berada dan kapan pun: 


{ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ }


 "Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam."


▪️ sehingga dengan pandangan seperti itulah akan  membuat hamba yang rabbani, yang mana keinginannya bersesuaian,dan senantiasa bersama dengan apa yang dinginkan oleh Allah.


⭕ Maknaمن شر الوسواس 


🖋️Berkata Asy_syaikh Al_Utsaimin rahimahullah  tentang was_was (bisikan jahat)


قال العلماء : انها مصدر يراد به اسم الفاعل اي : الموسوس.


” Para ulama mengatakan: kata ini adalah mashdar yang bermakna isim fail. Bermakna: Yang membisikan. 



▪️Dan makna was_was adalah 


ما يلقي فى القلب من الافكار والاوهام والتخيلات التي لا حقيقة لها


Bisikan adalah apa-apa terlintas di dalam hati berupa pikiran-pikiran, karaguan-keraguan dan khayalan-khayalan yang tidak ada hakikatnya.



📚 Tafsir Al Utsaimin 14/585.



⭕ Makna الخناس 


 و معنى الخنوس هو الإختفاء كقوله تعالى:{فلا أقسم بالخنس} أي: النجوم أو البقر الوحشية التي تختفي بعد ظهورها، و خنوس الموسوس هو اختفاء فيه معنى الانقباض و التأخر.


Khannas diambil dari dua makna: bersembunyi setelah menampakkan diri, dan kembali ke belakang. 


على وزن "فعّال" و هي صيغة مبالغة من الخنوس، أي كثير أو شديد الخنوس


Khannas dengan wazan فَعَّالٌ menunjukkan bentuk mubalaghah (sangat) sehingga memberikan makna sangat cepatnya atau seringnya berlari dan kembali.

 

📚Bada’i at-Tafsir 5/449


Setan bersembunyi, lari, dan kembali ke belakang ketika seorang hamba kembali mengingat Rabbnya.

Kata orang Arab tentang setan,


الشَّيْطَانُ كَالذُّبَابِ، إِذَا ذُبَّ فَآبَ


“Setan itu seperti lalat: jika diusir, kembali lagi.”


🖋️ Berkata Syaikh Al Utsaimin rahimahullah : 


الذي يخنس وينهزم ويولى ويدبر عند ذكر الله _وهو الشيطان.

ولهذا إذا نودي للصلاة أدبر الشيطان له ضراط حتى لا يسمع التأذين، فإذا قضي النداء أقبل حتى إذا ثوب للصلاة أدبر، حتى إذا قضي التثويب أقبل حتى يخطر بين المرء ونفسه، يقول: اذكر كذا، اذكر كذا، لما لم يكن يذكر حتى يظل الرجل لا يدري كم صلى.


al-Khannas adalah yang bersembunyi, memperdaya, menghindar, dan mundur saat dzikir kepada Allah ‘Azza Wa Jalla, dia adalah setan. Oleh karenanya, jika adzan dikumandangkan, setan lari menjauh terkentut-kentut hingga ia tidak mendengar adzan. Dan ketika adzan selesai, ia datang kembali hingga iqamah dikumandangkan ia lari lagi. Dan ketika iqomah selesai dia datang sehingga dia mengganggu pikiran seseorang, ia mengatakan: Ingatlah ini, ingatlah ini, ketika ia tidak sadar, ia pun akhirnya tidak ingat berapa rakaat ia shalat.


📚 Tafsir Al Utsaimin rahimahullah 14/585.


🖋️ Berkata Imam Ibnu Katsir rahimahullah


{الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ} قَالَ: الشَّيْطَانُ جَاثِمٌ عَلَى قَلْبِ ابْنِ آدَمَ، فَإِذَا سَهَا وَغَفَلَ وَسْوَسَ، فَإِذَا ذَكَرَ اللَّهُ خَنَس. وَكَذَا قَالَ مُجَاهِدٌ، وَقَتَادَةُ.


“Dan telah berkata said bin jubair, dari ibnu abbas maksud kata (al-was_wasi al-khannas) adalah syaitan bercokol di hati cucu adam, maka ketika lupa dan malas maka syaitan membisikan kepadanya maka ketika ia mengingat Allah ia akan bersembunyi, begitu pula perkataan mujahid dan qatadah. 


📚Tafsir Ibnu Kasir 8/511


▪️الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ



“Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia.”


Inilah tujuan syaitan yang selalu melakukan upaya menghembuskan bisikan kepada manusia;


 👉🏼Menghiasi kebatilan dengan ucapan indah dan menarik.


👉🏼Membungkus kebenaran dengan kemasan yang buruk.

Sehingga seakan-akan yang batil itu tampak benar dan yang benar itu tampak batil.


Lihatlah bagaimana rayuan manis syaithan yang dihembuskan kepada Nabi Adam dan istrinya. Allah  kisahkan dalam firman-Nya :


فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وُورِيَ عَنْهُمَا مِنْ سَوْآتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَذِهِ الشَّجَرَةِ إِلا أَنْ تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ الْخَالِدِينَ 


“Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya, dan syaitan berkata: “Rabb-mu tidak melarangmu untuk mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam al jannah/surga)”. (Al A’raf: 20)


Demikian pula, kisah ketika Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam sedang beri’tikaf. Shafiyyah bintu Huyay (salah seorang istri beliau) mengunjunginya di malam hari. Setelah berbincang beberapa saat, maka Rasulullah mengantarkannya pulang ke kediamannya. Namun perjalanan keduanya dilihat oleh dua orang Al Anshar. Kemudian syaithan menghembuskan ke dalam hati keduanya perasaan was-was (curiga). Rasulullah melihat gelagat yang kurang baik dari keduanya. Oleh karena itu Rasulullah segera mengejarnya, seraya bersabda:


عَلَى رِسْلِكُمَا, إِنَّهَا صَفِيَّةُ بِنْتُ حُيَيّ فَقَالاَ: سُبْحَانَ الله يَارَسُولَ الله. فَقَالَ: إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنِ ابْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّم, وَإِنِّي خَشِيْتُ أَنْ يُقْذَفَ فِي قُلُوبِكُمَاشَيْئاً, أَوْشَرًّا.


“Tenanglah kalian berdua, dia adalah Shafiyyah bintu Huyay. Mereka berdua berkata: “Maha Suci Allah wahai Rasulullah. Maka Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya syaithan mengalir di tubuh bani Adam sesuai dengan aliran darah, dan aku khawatir dihembuskan kepada kalian sesuatu atau keburukan.” (HR Muslim )


Demikianlah watak syaithan selalu menghembuskan bisikan-bisikan jahat ke dalam hati manusia. Apalagi Allah subhanahu wata’ala dengan segala hikmah-Nya telah menciptakan ‘pendamping’ (dari kalangan jin) bagi setiap manusia, bahkan Rasulullah  juga ada pendampingnya. Sebagimana sabdanya shalallahu ‘alaihi wasallam:


مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلاّ َقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِيْنُهُ مِنَ الجِنِّ، قَالُوا: وَإِيَّاكَ يَارَسُولَ الله ؟ قَالَ: وَإِيَّايَ، إِلاَّ أَنَّ الله أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ، فَلاَ يَأْمُرُنِي إِلاَّبِخَيْرٍ.


“Tidaklah salah seorang dari kalian kecuali diberikan seorang pendamping dari kalangan jin, maka para shahabat berkata: Apakah termasuk engkau wahai Rasulullah? Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab: Ya, hanya saja Allah telah menolongku darinya, karena ia telah masuk Islam, maka dia tidaklah memerintahkan kepadaku kecuali kebaikan”. (Muslim)



⭕ Makna  مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ 



🖋️ Berkata Asy_syaikh Al Utsaimin rahimahullah : 


أي أن الوساوس تكون من الجن، وتكون من بني آدم، أما وسوسة الجن فظاهر لأنه يجري من ابن آدم مجرى الدم، وأما وسوسة بني آدم فما أكثر الذين يأتون إلى الإنسان يوحون إليه بالشر، ويزينونه في قلبه حتى يأخذ هذا الكلام بلبه وينصرف إليه.



“dari (golongan) jin dan manusia.” Maknanya: Bisikan ini bisa berasal dari jin bisa juga dari anak adam, sedangkan bisikan jin maka ini jelas karena dia mengalir pada anak adam pada aliran darah. Sedangkan bisikan anak adam, maka betapa banyaknya orang-orang yang mendatangi manusia mengajaknya untuk berbuat kejelekkan, mereka menghiasi keburukan itu di dalam hatinya, sampai bisikan itu berdiam di ingatannya lalu ia memikirkannya


📚 Tafsir Al Utsaimin 14/586


Dari ayat terdapat faedah bahwa yang melakukan bisikan ke dalam dada manusia tidak hanya dari golongan jin, bahkan manusia pun bisa sebagai syaithan dengan memberikan bisikan. 


Dan Allah pertegas dalam ayat lain : 


وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِىٍّ عَدُوًّا شَيَٰطِينَ ٱلْإِنسِ وَٱلْجِنِّ يُوحِى بَعْضُهُمْ إِلَىٰ بَعْضٍ زُخْرُفَ ٱلْقَوْلِ غُرُورًا


“Dan Demikianlah Kami jadikan bagi tiap-t


iap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia)” (Al An’am: 112).



➖➖➖➖➖➖ selesai


والحمد لله


✍🏻 Di susun


Abu Hanan As_Suhaily


14 Dzul_qa'dah 1441_5 Juli 2020



🍃 Buktikan akhlakmu yang mencerminkan akhlak salaf, jangan sekedar ngaku salafi ❗❗

 🍃 Buktikan akhlakmu yang mencerminkan akhlak salaf, jangan sekedar ngaku salafi ❗❗


Seseorang jika ingin menjadi seorang sunny salafy perlu mempelajari akhlak salaf, bukan hanya sekedar dan terbatasi pada manhaj dan aqidahnya saja, tapi mencakup semua aspek kehidupan.


🖍Berkata Asy-Syaikh Al-'Allamah Shalih Al-Fauzan hafizhahullah :


ﻓــﺈﺫﺍ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻥ ﺗﻜـــﻮﻥ ﺳﻠﻔﻴًﺎ ﺣﻘًـﺎ؛ ﻓﻌﻠﻴــﻚ ﺃﻥ ﺗــﺪﺭﺱ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ ﺑﺈﺗﻘــﺎﻥ ،

ﻭﺗﻌـﺮفه  ﺑﺒﺼﻴــﺮﺓ ، ﺛﻢ ﺗﻌﻤﻞ ﺑﻪ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻏﻠـــﻮ ﻭﻻ ﺗﺴﺎﻫﻞ ﻫـــﺬﺍ ﻣﻨﻬﺞ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﺍﻟﺼﺎﻟﺢ ،

 ﺃﻣــﺎ ﺍﻹﺩﻋــﺎﺀ ﻭﺍﻹﻧﺘﺴﺎﺏ

ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺣﻘﻴﻘﺔ ﻓﻬـــﻮ

ﻳﻀـــﺮ ﻭﻻ ﻳﻨﻔـــﻊ 


Jika kamu ingin menjadi seorang  salafy sejati, maka wajib atasmu 


⚫untuk mempelajari  manhaj sampai benar-benar kamu menguasainya, 

⚫dan kamu mengenalnya dengan ilmu,

⚫ kemudian 

kamu mengamalkannya tanpa berlebihan dan tanpa bermudah-mudahan. 

👉🏻Inilah manhaj Salafus Shalih.


❗Adapun yang hanya sekedar pengakuan dan penyandaran terhadap salafiyah tanpa ada hakekatnya (pembuktiannya berupa ilmu dan amalan, serta dakwah), maka ini akan berbahaya dan tidak bermanfaat."


 📚 Syarh Al-'Aqidah Ath-Thahawiyyah.


Sungguh benar apa yang dikatakan oleh Asy-Syaikh Muqbil rahimahullaah :


🖍Berkata Asy-Syaikh al-Allamah Al muhaddita  Muqbil al-Wadi'iy rahimahullahu:

 

"فإذا أحببنا أننا نقول : 

سلفيّون، لا بدّ أنْ ندرس سيرة السَّلف، وأنْ نقتدي بسلفنا، لسنا نكتفي بادّعاء السَّلفيّة؛ وبادّعاء السُّنيّة والسَّلفيّة".


Jikalau kita suka untuk kita mengatakan "Kami Salafiyyun"


👉🏻maka harus bagi kita mempelajari perjalanan hidup para salaf (generasi terdahulu umat ini yang shaleh ).


Dan kita meneladani dengan mencontohi dari salaf kita.


❌ Dan kita tidak mencukupkan sekedar mengaku berada di atas  "Salafiyyah  atau mengaku  berada di atas "Sunnah  Salafiyyah.


📚Ijabatus Sail 'ala Ahammil Masail hal. 374.


Sebab sekedar pengakuan salaf,   lantas dan serta merta ia menjadi seorang salafi, maka terlalu banyak kaum yang mengklaim sementara mereka jauh dari pemahaman salaf.


🖍 Berkata Asy Syaikh  Fauzan -hafizhahullah  :


ليس كل من ادعى السلفية يكون سلفيا ، فقد ادعاها قوم جهال لا يعرفون منهج السلف ، وادعاها قوم مخربون ينتحلون منهج الخوارج في سفك الدماء والإفساد في الأرض ، وادعاها قوم متعالمون لم يأخذوا العلم عن العلماء ، وإنَّما أخذوه من الكتب والمطالعات والاعتماد على حفظ النصوص مجردا عن الفهم ، والله سبحانه قال (والسَّابِقون الْأوَّلُون مِن الْمُهاجِرِين والْأنصارِ والَّذِين اتَّبعُوهُم بِإِحْسانٍ) (التوبة: 100) ،أي بإتقان ، ولايكون ذلك إلابالعلم والعمل بمنهجهم .


👉🏻Tidaklah setiap orang yang mengaku berada di atas salafiyah lantas menjadi salafy


👉🏻Sungguh telah mengaku-ngaku suatu kaum yang jahil, yang mereka tidak tahu manhaj salaf,


👉🏻Dan telah mengaku-ngaku kaum perusak, berpemikiran manhaj Khawarij dalam menumpahkan darah dan membuat kerusakan di muka bumi


👉🏻Dan telah mengaku-ngaku suatu kaum yang sok pintar, padahal mereka tidak mengambil ilmu dari para ulama, akan tetap mereka hanya mengambil ilmu dari buku-buku dan sekedar membaca, dan bersandar dengan menghafal nash-nash  yang  kosong dari pemahaman,


Dan  Allah menyatakan : 


وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ 


Dan generasi awal dari kalangan muhajirin dan anshar dan yg mengikuti mereka dgn baik.." (QS. At Taubah:100)


Yaitu mengikuti mereka dengan kokoh, dan hal itu tidak akan terwujud kecuali dengan mempelajari dan mengamalkan manhaj mereka.


 📚Haqiqatu Al-Manhaj As-Salafy 65.


✍  Diterjemahkan  oleh:


 Abu Hanan As-Suhaily  Utsman As Sandakany


30 Dzul qa'dah  1441- 21 juli 2020



🌾 *من مجموعة نصيحة للنساء* 🌾



📝Camels milk

🌹 بســـم اللــه الرحــمــن الـرحـــيــم 🌹


🔶🔹’Ad-Durar Al-Bahiyyah’🔹🔶


▪️Author: Imām Ash-Shawkāni

-May Allah have mercy on him-


▪️Explanation: By Shaykh Hassan bin Muhammed Ba Shu'ayb 

-May Allah preserve him-


📚Chapter of the nullifiers of the Wudhu


📝Camels milk:


Regarding it is the Hadith of Usayd bin Hudhayr, from the Prophet ﷺ, that he was asked about camels milk, and he said:


(تَوَضَّئُوا مِنْ أَلْبَانِهَا)

"Make Wudhu for drinking its milk"


And he was asked regarding sheep/goat milk, and he said:


(لَا تَوَضَّئُوا مِنْ أَلْبَانِهَا)

"Don't perform Wudhu for drinking its milk"


Reported by Ahmed (19097), Ibn Majah (496), Tabaraani in Kabeer (559), from the way of Hajjaaj bin Arta'ah, from 'Abdillah bin 'Abdullah Mawla (freed slave) of Bani Hashim, from 'Abdirrahman bin Abi Laylaa, from Usayd bin Hudayr. 


And Hajjaaj is weak, and 'Abdurrahman didn't hear from Usayd. 


And the Hadith of 'Abdillah bin 'Umar, he said: 


I heard the Messenger of Allah ﷺ say:


(تَوَضَّئُوا مِنْ لُحُومِ الْإِبِلِ، وَلَا تَتَوَضَّئُوا مِنْ لُحُومِ الْغَنَمِ، وَتَوَضَّئُوا مِنْ أَلْبَانِ الْإِبِلِ، وَلَا تَوَضَّئُوا مِنْ أَلْبَانِ الْغَنَمِ، وَصَلُّوا فِي مُرَاحِ الْغَنَمِ، وَلَا تُصَلُّوا فِي مَعَاطِنِ الْإِبِلِ)

"Perform Wudhu for eating camel meat, and don't perform Wudhu for eating sheep/goat meat, perform Wudhu for drinking camel meat, and don't perform Wudhu for drinking sheep/goat milk, you can pray in the sleeping areas of goat/sheep but don't sleep at the resting place for camels".


Reported by Ibn Majah (497), its chain of narration is weak, it contains Baqiyyah bin Al-Waleed who's a Mudalis, and Khaalid bin Yazeed bin 'Umar bun Hubaira Al-Fazaari who's Majhool, and 'Attaa bin As-Saaib who's Mukhtalit. 


Ibn Qudamah, may Allah have mercy upon him, said:


Regarding camel milk are two positions:


One of them:


That it nullifies the Wudhu - the two Hadiths of Usayd and Ibn 'Umar are used as a proof -.


The second:


There's no Wudhu due to it, because the Hadith which is authentic only mentions the meat. 


Then he said:


The ruling (behind this) is not reached through intellect, so it's a must to refrain to what has been textually mentioned. 


End of speech from Al-Mughni (1/140).


The authentic legislative texts only mention the meat, so we restrict to it. 


And what's used as a supplementary aiding evidence is the Hadith of Anas regarding the story of the 'Uraynis, and that the Prophet ﷺ ordered them to drink camels milk and urine, and he didn't notify them to perform Wudhu due to it. 



____

Translated by: 

Abu 'Abdirrahman 'Abdullaah bin Ahmed Ash-Shingaani



Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...