🔘 *Kapan suatu nasehat disampaikan secara tersembunyi dan kapan secara terang²an..?!*

As-syaikh Al-'allamah Abdul 'Aziz bin Bazz -rohimahulloh berkata:

 

📮 سؤال : متى تكون النصيحة سراً ومتى تكون علناً ؟

 

📮Pertanyaan : Kapan nasehat disampaikan secara tersembunyi dan kapan secara terang²an?

 

▶ Jawaban :

يعمل الناصح بما هو الأصلح

▪Seorang _penasehat_ menasehati dengan cara yang paling besar maslahatnya

 

إذا رأى أنها سراً أنفع نَصَحَ سراً 

▫Apabila dia (penasehat) melihat nasehat secara _Sirr_ lebih bermanfaat maka ia menasehati secara _Sirr_

 

إذا رأى أنها في العلن أنفع فعل

Apabila dia melihat nasehat dengan cara terang²an lebih bermanfaat maka dia melakukannya.

 

 لكن إذا كان الذنب سراً لا تكون النصيحة إلا سراً

°Akan tetapi apabila perbuatan dosanya itu tersembunyi maka tidaklah nasehat yg diberikan kecuali secara tersembunyi juga.

 

إ ذا كان يعلم من أخيه ذنباً سراً ينصحه سراً

لا يفضحه ينصحه بينه وبينه

➡ Apabila dia mengetahui dosa (kesalahan) dari saudaranya yang tersembunyi, maka ia menasehati saudaranya secara tersembunyi pula. Dan janganlah dia membuka aib saudaranya, (hendaklah) dia menasehati saudaranya itu di hadapannya (secara langsung)

 

أما إذا كان الذنب معلناً يراه الناس مثلاً في المجلس قام واحد بشرب الخمر ينكر عليه

❎ Adapun jika dosanya terang²an, yang manusia melihatnya, misal: pada satu majlis seseorang berdiri meminum khomr, maka ia diingkari (walaupun secara terang²an di depan manusia).

 

أو قام واحد يدعوا إلى شرب الخمر وهو حاضر أو إلى الربا يقول يا أخي لا يجوز هذا

↪ Atau misalnya seseorang berdiri kemudian menyeru untuk meminum khomr dalam keadaan (orang yg hendak menasehati) hadir atau seorang menyeru kepada riba, maka (hendaklah) dia mengatakan "Akhii...,perkara ini tidaklah boleh!!"

 

🔘 أما ذنب تعلمه من أخيك تعلم أن أخاك يشرب الخمر أو تعلم أنه يتعاطى الربا

تنصحه بينك وبينه سراً

تقول يا أخي بلغني كذا تنصحه

🔘 Adapun dosa yang engkau ketahui dari saudaramu, (contoh) engkau mengetahui bahwa saudaramu meminum khomr atau engkau mengetahui kalau dia melakukan riba, maka hendaknya engkau menasehatinya secara sirr, berduaan (empat mata).

Engkau katakan (kepadanya): Wahai saudaraku telah sampai kepadaku demikian.....demikian... Kemudian baru engkau nasehati saudaramu.

 

💥 أما إذا فعل المنكر علانية في المجلس وأنت تشاهد المنكر أو شاهده الناس تنكر عليه

💥 Adapun apabila dia melakukan kemungkaran secara terang²an di dalam majlis, dan engkau manyaksikan kemungkaran tersebut atau manusia menyaksikannya, maka hendaknya engkau mengingkarinya..!

 

💫إذا سَكتَّ معناه أنك أقرَّيت الباطل

💫 Apabila engkau diam (tidak mengingkari) berarti engkau telah menyetujui suatu kebathilan.

 

فإذا كُنَّا في مجلس ظهر فيه شرب الخمر تنكره إن استطعت

⭕️ Maka apabila kita pada suatu majlis nampak pada majlis tersebut minuman khomr, maka hendaknya engkau mengingkarinya apabila engkau mampu.

 

وكذلك ظهر فيه منكر آخر من الغيبة تقول يا إخواني ترى ما تجوز الغيبة أو ما أشبهه من المعاصي الظاهرة

Begitu juga apabila nampak pada majlis tersebut kemungkaran yang lain dari perkara Ghibah, maka engkau katakan: "Wahai Saudara²ku bukankah engkau tahu bahwa ghibah tidak diperbolehkan?! Atau perkara² yang serupa dengannya dari kemaksiatan yang nampak.

 

📚 إذا كان عندك علم تنكرها لأن هذا منكر ظاهر لا تسكت عليه من باب إظهار الحق والدعوة إليه.

📚 Apabila kamu memiliki ilmu, maka hendaknya engkau mengingkarinya dikarenakan ini perkara mungkar yang nampak, janganlah engkau diam atasnya, sebagai bentuk usaha untuk menampakan Al-haq dan berdakwah kepadanya.

 

📚مجلة الإصلاح ، العدد (241-17)

 

〰〰〰〰〰〰〰〰〰

💥⚔ *BANTAHAN ATAS SYUBHAT PECINTA YAYASAN & JAWABAN UNTUK RODJAIYUN*

 PERTANYAAN:

Bismillah,,,

Ustadz,mereka para hizbiyun mengatakan ttg yayasan dgn kaedah ini, apakah tepat Ustadz ?

 ﺍﻟﻮَﺳِﻴْﻠَﺔُ ﻟَﻬَﺎ ﺃَﺣْﻜَﺎﻡُ ﺍﻟﻤَﻘَﺎﺻِﺪِ

 Jazaakallohu khoiron Ustadz

 

JAWABAN:

Mereka perlu belajar kaidah fiqh dgn benar krn wasilah (sarana utk berdakwah -edt) yg dibenarkan adalah wasilah yg tiada penyelisihannya trhdp syari'at bukan, wasilah yg haram bukan pula menyerupai org kafir serta bid'ah

 

Adapun yayasan jelas bid'ah, haram serta penyerupaan trhdp org kafir

 

Dan ini berarti kaidah ahlu bida' sprt ikhwanul muflisun (Ikhwanul Muslimun ato PKS kalo di Indonesia -edt) dan semacam mereka yg di ingkari oleh ulama ahlis sunnah

الغاية تبرر الوسيلة

Tujuan membenarkan (menghalalkan) wasilah (segala cara).

 

Ini menunjukkan mereka sangat jauh dari pemahaman salaf dan bukanlah ahlus sunnah

 

Wallahul musta'an.

 

_*TANYA :*_

Bismillah,,, Ustadz ada dari rodjaiyun tanyakan ini 👇

1⃣ apakah berdakwah lewat media TV & membuat proposal (permohonan bantuan materi -edt), PRINSIPIL atau KHILAF BAINAL ULAMA...???

2⃣ kalo memang ustad2 itu hizbiyyun maka paparkan fakta yg memasukan mereka para (ustad2 sbgmana disebutkan diatas) dlm ciri-ciri hizbiyyun. Dan telah sepakat para ulama dgn Ciri-ciri tsb, dan bukan pesoalan yg masih dikhilafkan oleh mereka (para ulama ahlussunnah)..??

Mohon penjelasan Ustadz

 

_*JAWAB :*_

1⃣ Merupakan perkara yg prinsipil di antara ahlus sunnah adalah mengedepankan dalil alqur'an dan sunnah drpd ucapan selainnya setinggi apapun derajat pengucapnya dan dalil2 dari alqur'an dan sunnah menunjukkan perbuatan tsb merupakan kemaksiatan dan kebid'ahan dalam berdakwah. Meskipun ada dari kalangan ulama yg salah dan mengatakan itu boleh maka dia salah dalam ijtihadnya dan siapa yg taqlid kpd ulama tsb setelah dijelaskan kpdnya dalil dan hujjah maka dia mubtadi' krn taqlid sendiri adalah bid'ah

2⃣ tidak diragukan bahwa muqollid dan yg melakukan perkara bid'ah dan menyelisihi alqur'an dan sunnah stlh jelas baginya kmdn dia memilih bertaqlid dan membela bid'ah dan hawa nafsu dan mengedepankan ucapan yg menyelisihi ucapan Allah dan RasulNya maka dia itu mubtadi' dan bukanlah ahlus sunnah krn dia telah melanggar prinsip ahlus sunnah utk mengedepankan firman Allah dan sabda Rasul Nya atas ucapan selainnya

 

Adakah yg berselisih dari ulama ttg hal ini??

 

Tambah lagi dia mencela dan baro' serta mentahdzir ahlis sunnah disebabkan memperingatkan akan kemungkaran tsb.

 

Dan loyal kpd pelaku kebid'ahan yang ini merupakan ciri khas hizbiyyun

 

Semoga Allah memberi kami dan antum taufiq kepada jalan yg lurus dan istiqomah di atasnya dan tidak menjadi pembela para pelaku kebatilan dan pengkhianat yg dilarang oleh Allah ta'ala dalam  firmanNya:

ولا تجادل عن الذين يختانون أنفسهم

"Dan janganlah kamu debat utk membela org2 yg menghianati diri2 mrk sendiri."

Dan Allah berfirman:

ولا تكن للخائنينا خصيما

"Dan janganlah kamu jadi penentang demi membela para pengkhianat."

 

Wa billahit taufiq.

 

🏼 _*Dijawab oleh :*_ Ustadz Abu Abdirrohman Shiddiq bin Muhammad Al Bughisiy -hafidzhohulloh-

AMALAN NABI ﷺ & PARA SHAHABAT NYA, SELESAI SHOLAT JUMU'AH

 

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsir telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Abu Hazim dari Sahl bin Sa'd dia berkata; "Kami sering qalilulah (tidur siang) dan makan siang setelah (sholat) jumu'ah

______

HR. BUKHORI : 5807, MUSLIM 1422

 

Adalah Nabi pulang kerumah melaksanakan 2 rokaat sholat sunnah setelah sholat JUMU'AH

_______

HR. BUKHORI : 885


Follow ISNAD on TELEGRAM

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...