AQIQAH BERLAKU BAGI SETIAP ANAK YANG DILAHIRKAN, BAIK LAHIR DENGAN STATUS SYAR'I (PERNIKAHAN) MAUPUN YANG TIDAK SYAR'I (ZINA, BAIK ZINA SEBELUM MENIKAH ATAU ZINA SETELAH MENIKAH, ITU SAMA SAJA)

Assalamua'laikum warahmatullaah wabarakatuh, ijin bertanya ustadz apakah bayi yg dilahirkan diluar nikah itu masih harus diaqiqohi ?mohon pencerahannya jazakumulohu khoir,...


JAWABAN :

بسم الله الرحمن الرحيم

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وبعد:

*Aqiqah disyariatkan atas kelahiran anak secara umum, tanpa dibedakan*

▪️Nabi ﷺ berkata:

مَعَ الْغُلَامِ عَقِيقَةٌ فَأَهْرِيقُوا عَنْهُ دَمًا وَأَمِيطُوا عَنْهُ الْأَذَى

Pada kelahiran anak ada aqiqah, maka alirkan(potongkan)lah darah (hewan) dan buanglah keburukan darinya. HR. Al Bukhari

▪️Dan berkata ﷺ : 

كُلُّ غُلَامٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuhnya, dicukur rambutnya dan diberi nama. HR. Abu Dawud

▪️Dan beliau ﷺ ditanya tentang aqiqah, maka beliau menjawab:

عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ وَعَنْ الْأُنْثَى وَاحِدَةٌ وَلَا يَضُرُّكُمْ ذُكْرَانًا كُنَّ أَمْ إِنَاثًا

Dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan. Dan tidak ada masalah bagi kalian apakah kambing tersebut jantan atau betina. HR. At Tirmidzi

• anak zina masuk dalam keumuman hadits-hadits diatas, 

• anak zina dinisbatkan kepada ibu yang melahirkannya, bukan kepada pria yang berzina dengan wanita yang melahirkan anak itu

• *sehingga aqiqah dilakukan oleh sang ibu _ jika ia mampu _ bukan pria pezina itu*

• sebagaimana nafkah dan tempat tinggal bukan tanggungjawab si pezina, dia tidak ada hubungan syar'i dengan anak zina itu

••• Dan kewajiban atas keduanya yakni pria dan wanita yang berzina adalah segera bertaubat dan tidak mengulangi dosanya itu. 

🔹 Kesimpulannya, aqiqah berlaku bagi setiap anak yang dilahirkan, baik lahir dengan status syar'i (pernikahan) maupun yang tidak syar'i (zina, baik zina sebelum menikah atau zina setelah menikah, itu sama saja) 

Barakallah fiikum


_*⁉️ Apakah boleh bagi sang Ibu melakukan aqiqah untuk anak zina nya? Dan apakah si anak berhak mendapatkan nafkah?!*_ 

✏️ *Syaikh Ibnu Baz rahimahumullah:* 

نعم لها أن تعق، يستحب لها أن تعق عن ولدها، وعليها أن تنفق عليه، إذا قدرت، فإذا ما قدرت يسلم للحاضنات في الدولة، 

وإذا قدرت تربيه وتحسن إليه، وتعق عنه، ويلزمها أن تربيه وأن تتوب إلى الله مما فعلت، وهو منسوب إليها.
والذي زنا بها عليه التوبة، 

ليس عليه شيء من النفقة، وليس هو ولدًا له، ولد زنا، عليه التوبة إلى الله، والولد لها هي ينسب إليها، وعليها نفقته.
 
Ya, boleh baginya melakukan aqiqah, dianjurkan baginya aqiqah untuk anaknya, dan menafkahi anaknya itu apabila ia mampu, dan kiranya dia tidak mampu maka ia serahkan kepada lembaga pemeliharaan negara. 

•• Apabila si ibu mampu untuk membesarkannya dan baik melakukannya, ia lakukan aqiqah untuknya dan ia harus mengasuhnya dan bertaubat kepada Allah dari perbuatannya. 

~ Anak itu dinisbatkan kepada (ibu) nya. 

~ Dan pria yang berzina dengannya wajib bertaubat dan tidak ada atasnya sedikitpun nafkah, anak itu bukanlah anaknya, itu anak zina.

Wajib atasnya bertaubat kepada Allah. 

Dan anak itu anak si wanita, anak itu dinisbatkan kepadanya. Dan wanita itu yang menafkahinya. 

📚 مجموع فتاوى ومقالات الشيخ ابن باز (28/124).


_*Sebagaimana boleh memberi nama anak itu sebelum di aqiqahi, maka boleh juga mencukur rambutnya sebelum aqiqah, sebab 3 hal yang dianjurkan dalam hadits diatas adalah sunnah yang terpisah/tersendiri dianjurkan dilakukan dihari ke 7*_


السلام عليكم ورحمة الله وبر كاته 
Afwan Ustadz..jika blm mnyembelih kambing u/aqiqohan-nya..bolehkah mncukur rambutnya d hari ke-7


JAWABAN :

بسم الله الرحمن الرحيم

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وبعد:

Yaa, disunnahkan mencukur, memberi nama dan menyembelih aqiqah dihari ke tujuh. 

Berdasarkan hadits diatas. 

Apabila pada hari itu belum memungkinkan bagi orang tua nya aqiqah, maka boleh baginya untuk melakukan sunnah yang dianjurkan selain menyembelih untuknya. 

Sebagaimana boleh memberi nama anak itu sebelum di aqiqahi, maka boleh juga mencukur rambutnya sebelum aqiqah, sebab 3 hal yang dianjurkan dalam hadits diatas adalah sunnah yang terpisah/tersendiri dianjurkan dilakukan dihari ke 7.

• Namun jika belum memungkinkan maka apa yang bisa dilakukan, dilakukan dari sunnah-sunnah tersebut. 

Barakallah fiikum


✍️ *Faedah dari Al Ustadz Abu Ubaiyd Fadhliy Al Bughisi حفظه الله تعالى di Majmu'ah روضة الطالبين منكوتانا*



#faedah #aqiqah



╭─┅─═ঊঊঈ═─┅─╮ 
       SEBARKANLAH 
       ENGKAU AKAN 
       MENDAPATKAN 
           PAHALANYA 
╰─┅─═ঊঊঈ═─┅─╯ 

 🅹🅾🅸🅽 🅲🅷🅰🅽🅽🅴🅻 🆃🅴🅻🅴🅶🆁🅰🅼 
📡 https://t.me/fawaaidassunnah

Web : https://bit.ly/Fawaaidassunnah

TIDAK BOLEH MENGAMBIL BARANG TEMUAN DI HARAM MAKKI DAN HARAM MADANI KECUALI BAGI ORANG YANG INGIN MENGUMUMKAN NYA, BERDASARKAN HADITS SHAHIH TENTANG ITU

Assalammualaikum ya ustadz hafizakAllah 

HayyakAllah
Mohon pencerahan nya ustadz, ketika check out dari hotel di makkah zaujah ana ada menjumpai sebotol minyak wangi kuantiti kecil dalam timbunan bag, di kiranya para jamaah yg punya setelah di tanyakan tiada siapa yg punya hinggalah di bawa ke madinah, setahu ana kita tidak boleh mengambil barangan temuan di tanah haram, jadi apa perlu ana lakukan Syaikh, hantar semula ke makkah atau tinggalkan saja di madinah?

Mohon faedahnya ustadz hafizhakALLAHu 

JazakAllahu khair wa BarakAllahu fiiq ya ustadz hafizakAllah


*JAWABAN :*

بسم الله الرحمن الرحيم

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وبعد:

Tidak boleh mengambil barang temuan di haram makki dan haram madani kecuali bagi orang yang ingin mengumumkan nya, berdasarkan hadits shahih tentang itu. 

Nabi ﷺ berkata:

وَلَا تُلْتَقَطُ سَاقِطَتُهَا إِلَّا لِمُنْشِدٍ

barang temuannya tidak boleh diambil kecuali untuk diumumkan / dicari pemiliknya. 

HR. Al Bukhari dan Muslim

Yang wajib bagi orang yang menemukan barang temuan adalah

• mengumumkan nya, 
• atau ia biarkan / tidak mengambilnya

•• Dan sekiranya ia serahkan kepada badan/pihak/lembaga yang ditugaskan oleh pemerintah dalam urusan itu maka gugur tanggungjawab/kewajibannya untuk mengumumkan nya. 

Barakallahu fiikum


✍️ *Faedah dari Al Ustadz Abu Ubaiyd Fadhliy Al Bughisi حفظه الله تعالى di Majmu'ah روضة الطالبين منكوتانا*


╭─┅─═ঊঊঈ═─┅─╮
       SEBARKANLAH
       ENGKAU AKAN
       MENDAPATKAN
           PAHALANYA
╰─┅─═ঊঊঈ═─┅─╯

🅹🅾🅸🅽 🅲🅷🅰🅽🅽🅴🅻 🆃🅴🅻🅴🅶🆁🅰🅼
📡 https://t.me/fawaaidassunnah

Web : https://bit.ly/Fawaaidassunnah



#faedah #barang #temuan

PARA ULAMA TELAH MENYEBUTKAN SYARAT-SYARAT SESEORANG WAJIB MENUNAIKAN IBADAH HAJI DAN APABILA SYARAT TERSEBUT TIDAK TERPENUHI MAKA BELUM ADA KEWAJIBAN HAJI BAGI NYA

Afwan Ustadz ada titipan pertanyaan dr ikhwah dsni

Afwan akhi, mama ana mendaftar haji awalnya sama kakek ana.. Tp qadarAllah kakek ana sdh meninggal, jd kalo misal tahun depan ma2 ana kena giliran otomatis berangkat nya sendirian dan kalo disuruh mahramnya harus mendampingi ana atau keluarga yg lain blom ada biayanya dan blom ada mendaftar jua, apa hukumnya akhi? Ma2 ana tdk boleh berangkat kah berarti walaupun sdh dpt giliran misal?

*JAWABAN :*

بسم الله الرحمن الرحيم


الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وبعد:

Allah ﷻ berkata :

وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلۡبَیۡتِ مَنِ ٱسۡتَطَاعَ إِلَیۡهِ سَبِیلࣰاۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِیٌّ عَنِ ٱلۡعَـٰلَمِینَ

Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana.Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam [Surat Ali 'Imran: 97]

Ayat ini adalah diantara dalil yang menunjukkan tentang wajibnya haji.

Para ulama telah menyebutkan syarat-syarat seseorang wajib menunaikan ibadah yang agung ini, dan apabila syarat tersebut tidak terpenuhi maka belum ada kewajiban haji bagi nya.

Syarat-syarat itu sebagai berikut:

1️⃣ Islam, Allah berkata :

وَمَا مَنَعَهُمۡ أَن تُقۡبَلَ مِنۡهُمۡ نَفَقَـٰتُهُمۡ إِلَّاۤ أَنَّهُمۡ كَفَرُوا۟ بِٱللَّهِ وَبِرَسُولِهِۦ

Dan yang menghalang-halangi infak mereka untuk diterima adalah karena mereka kafir (ingkar) kepada Allah dan Rasul-Nya [Surat At-Taubah: 54]

2️⃣ & 3️⃣ Baligh dan berakal, Nabi ﷺ berkata:

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ عَنْ الْمَجْنُونِ الْمَغْلُوبِ عَلَى عَقْلِهِ حَتَّى يَفِيقَ وَعَنْ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ وَعَنْ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ

Pena pencatat amal itu diangkat dari tiga golongan; orang gila hingga ia waras, orang tidur hingga ia terbangun dan anak kecil hingga bermimpi basah(baligh). HR. Abu Dawud dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu.

• seorang yang belum baligh (Anak-anak) tidak wajib berhaji, akan tetapi apabila ia berhaji maka hajinya sah dan ia mendapat pahala,

~ Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma beliau berkata:

رَفَعَتْ امْرَأَةٌ صَبِيًّا لَهَا فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلِهَذَا حَجٌّ قَالَ نَعَمْ وَلَكِ أَجْرٌ

Ada seorang wanita yang  mengangkat anak kecilnya lalu bertanya,

"Wahai Rasulullah, apakah anak kecil ini juga bisa menunaikan haji.

" Beliau menjawab: "Ya, dan kamu juga mendapatkan pahala."

4️⃣. Merdeka, seorang budak tidaklah wajib berhaji sebab ia tersibukkan dengan kewajibannya terhadap tuan nya.

5️⃣. Mampu

Dan mampu yang dimaksud disini adalah kemampuan dari sisi fisik dan harta,

berdasarkan ayat pertama diatas.

▪️ Adapun mampu secara fisik yaitu sehat jasmani, dan mampu memikul beban safar ke Baitullah.

▪️Adapun kemampuan harta,  maka ia memiliki harta yang dengannya ia sampai Baitullah  pulang pergi, dan harta untuk memenuhi kebutuhan siapa yang wajib ia nafkahi selama perjalanannya. (Seperti Nafkah untuk anak isterinya yang ditinggalkan nya)

📝 *Orang yang mampu harta namun tidak mampu fisik.*

• apabila ia menderita penyakit yang diharapkan kesembuhannya, maka kewajiban haji berlaku saat dia sudah sembuh dari sakitnya itu.

•• namun apabila ia menderita penyakit permanen atau lanjut usia, sementara dia memiliki harta untuk berhaji, maka hendaklah ia mengeluarkan hartanya untuk seseorang melakukan haji untuknya walaupun dengan upah _sebaiknya diberi kepada seseorang yang telah berhaji_.

~ Berdasarkan hadits Ibnu Abbas radhiallahu anhuma, beliau menceritakan tentang seorang wanita yang bertanya kepada Rasulullah ﷺ dan berkata:

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ فَرِيضَةَ اللَّهِ عَلَى عِبَادِهِ فِي الْحَجِّ أَدْرَكَتْ أَبِي شَيْخًا كَبِيرًا لَا يَثْبُتُ عَلَى الرَّاحِلَةِ أَفَأَحُجُّ عَنْهُ


Wahai Rasulullah, sesungguhnya kewajiban dari Allah untuk berhaji bagi hamba-hambaNya datang saat bapakku sudah tua renta dan dia tidak akan kuat menempuh perjalanannya. Apakah aku boleh menghajikan atas namanya?".

Beliau menjawab: "Ya". HR. Al Bukhari

▪️ Adapun seorang wanita, maka selain syarat mampu fisik dan harta, juga dipersyaratkan baginya disertai oleh mahram nya atau suami nya, apabila tidak ada maka belum ada kewajiban atasnya,

• berdasarkan hadits Abdullah bin Abbas radhiallahu anhuma beliau berkata, Rasulullah ﷺ berkata:

لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ وَلَا تُسَافِرَنَّ امْرَأَةٌ إِلَّا وَمَعَهَا مَحْرَمٌ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ اكْتُتِبْتُ فِي غَزْوَةِ كَذَا وَكَذَا وَخَرَجَتْ امْرَأَتِي حَاجَّةً قَالَ اذْهَبْ فَحُجَّ مَعَ امْرَأَتِكَ

Janganlah sekali-kali seorang laki-laki berkholwat (berduaan) dengan seorang wanita dan janganlah sekali-kali seorang wanita bepergian kecuali bersama mahramnya".

Lalu ada seorang laki-laki yang bangkit seraya berkata:

"Wahai Rasulullah, aku telah mendaftarkan diriku untuk mengikuti suatu peperangan sedangkan isteriku pergi menunaikan haji".

Maka Beliau bersabda:

"Tunaikanlah haji bersama isterimu". HR. Al Bukhari dan Muslim.

🔸 Berdasarkan hal ini, maka ibu saudara belum boleh berangkat dan belum wajib berhaji sekalipun sudah dapat giliran, kecuali bersama dengan walinya/mahramnya.

⚠️ Sebagian wanita bergampang-gampangan dalam hal ini, dan ia safar tuk haji atau umrah tanpa disertai oleh mahramnya atau bersama yang bukan mahramnya atau bersama sekelompok wanita,  dan semua ini haram.

*Dan dikhawatirkan haji atau umrahnya tidak mabrur.*

*Sebab haji mabrur itu adalah haji yang tidak tercampur dengan dosa.*

*Sementara wanita itu berdosa dalam safarnya itu hingga dia pulang*. Allahul Musta'an

✏️ Tapi berdasarkan data dan informasi yang sampai ke saya _barakallah fiikum_ seseorang  yang telah mendaftar haji kemudian meninggal dunia atau sakit permanen maka bisa digantikan oleh ahli warisnya.

Maka coba di proses, jika benar seperti itu dan masih mendapatkan pelayanan, semoga saudara bisa berhaji bersama dengan ibu nya.

Barakallah fiikum



✍️ *Faedah dari Al Ustadz Abu Ubaiyd Fadhliy Al Bughisi حفظه الله تعالى di Majmu'ah روضة الطالبين منكوتانا*





╭─┅─═ঊঊঈ═─┅─╮ 
       SEBARKANLAH 
       ENGKAU AKAN 
       MENDAPATKAN 
           PAHALANYA 
╰─┅─═ঊঊঈ═─┅─╯ 

 🅹🅾🅸🅽 🅲🅷🅰🅽🅽🅴🅻 🆃🅴🅻🅴🅶🆁🅰🅼 
📡 https://t.me/fawaaidassunnah

Web : https://bit.ly/Fawaaidassunnah 


#faedah #haji #mahrom

_*NASEHAT UNTUK SEKIRANYA TIDAK MEMONDOKKAN ANAK SEBELUM MENCAPAI BALIGH*_

_*Telah Di Periksa Oleh Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Bin Soekojo Al Indonesiy حفظه الله تعالى*_                بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَن...