❓Siapa itu Ibnu Qutaibah?

 Siapa itu Ibnu Qutaibah?


✍๐Ÿป️Ibnu Qutaibah (wafat 236 H)

๐Ÿ–‹Nama sebenarnya adalah Abu Muhammad Abdullah bin Muslim bin Qutaibah ad-Dainury, ia seorang ahli lughah(Bahasa) yang terkenal.

Beliau menerima hadits dari Ishaq bin Rahawaih, Abu Ishaq Ibrahim Az-Ziyady, Abu Hatim as-Sijistany.

Hadits haditsnya diriwayatkan oleh anaknya Ja’far Ahmad al-Faqih, dan diantara orang yang mengeluarkan hadits dari Ibnu Qutaibah adalah Ibnu Dusturih al-Farisy.

Ia banyak mengarang kitab yang bermanfaat diantaranya adalah kitab Gharibul Quran, Gharibul Hadits, Uyunul Akhbar, Musykilul Quran, Musykilul Hadits, Kitab I’rabil quranal Ma’arif dan Adabul Katab.

๐Ÿ’กSyaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata, ”Ibnu Qutaibah seorang ulama yang cenderung kepada mazhab ahmad bin Ishaq, ia seorang juru bicara ahli hadist”.

๐Ÿ’กImam Adz-Dzahaby berkata, ”Ibnu Qutaibah seorang yang banyak kitabnya, seorang yang diterima riwayatnya, tetapi sedikit dalam meriwayatkan hadits”.

Ia wafat pada bulan Rajab tahun 236 H
๐Ÿ“š Riwayat Ibnu Qutaibah dalam Tarikh Ibnu Katsir no 11:100

Maros, 25 Safar 1438H

๐ŸŒพู…ู† ู…ุฌู…ูˆุนุฉ ู†ุตูŠุญุฉ ู„ู„ู†ุณุงุก๐ŸŒพ

Ikuti NashihatuLinnisa’ di TELEGRAM

๐Ÿ“–Tadabbur Menurut Istilah

 ๐Ÿ“–Tadabbur Menurut Istilah


Terdapat beberapa definisi tadabbur dari ulama, di antaranya ialah:

☄️Imam Ibnu Katsir rahimahullaahu ta'ala

Imam Ibnu Katsir mendefinisikan tadabbur sebagai berikut:

ุงู„ุชَّุฏَุจُّุฑُ ู‡ُูˆَ : (( ุชَูَู‡ُّู…ُ ู…َุนَุงู†ِู‰ ุฃَู„ْูَุงุธِู‡ِ ، ูˆَ ุงู„ุชَูَูƒُّุฑُ ูِูŠْู…َุง ุชَุฏُู„ُّ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุขูŠَุงุชُู‡ُ ู…ُุทَุงุจَู‚َุฉً ، ูˆَ ู…َุง ุฏَุฎَู„َ ูِู‰ ุถَู…ْู†ِู‡َุง ، ูˆَ ู…َุง ู„ุงَ ูŠَุชِู…ُّ ุชِู„ْูƒَ ุงู„ْู…َุนَุงู†ِู‰ ุฅِู„ุงَّ ุจِู‡ِ ، ู…ِู…َّุง ู„َู…ْ ูŠَุนْุฑُุฌِ ุงู„ู„َّูْุธُ ุนَู„َู‰ ุฐِูƒْุฑِู‡ِ ู…ِู†َ ุงْู„ุฅِุดَุงุฑَุงุชِ ูˆ ุงู„ุชَّู†ْุจِูŠْู‡َุงุชِ ، ูˆَ ุงู†ْุชِูَุงุนُ ุงู„ْู‚َู„ْุจِ ุจِุฐَู„ِูƒَ ุจِุฎُุดُูˆْุนِู‡ِ ุนِู†ْุฏَ ู…َูˆَุงุนِุธِู‡ِ ، ูˆَ ุฎُุถُูˆْุนِู‡ِ ู„ุฃَูˆَุงู…ِุฑِู‡ِ ، ูˆَ ุฃَุฎْุฐِ ุงู„ْุนِุจْุฑَุฉِ ู…ِู†ْู‡ُ ))  

Tadabbur ialah : memahami makna lafal-lafal Al-Qur’an, dan memikirkan apa yang ayat-ayat Al-Qur’an tunjukkan tatkala tersusun, dan apa yang terkandung di dalamnya, serta apa yang menjadikan makna-makna Al-Qur’an itu sempurna, dari segala isyarat dan peringatan yang tidak tampak dalam lafal Al-Qur’an, serta pengambilan manfaat oleh hati dengan tunduk di hadapan nasehat-nasehat Al-Qur’an, patuh terhadap perintah-perintahnya, serta pengambilan ibrah darinya.
๐Ÿ“šAl Ahdal, Ta’limu Tadabburil Qur’anil Karim, hlm. 11


☄️Asy Syaikh Sholeh al Fauzan hafizhohulloohu ta'ala

Menurut Beliau, tadabbur adalah:

ุฃَู†ْ  ู†َุชَูَูƒَّุฑَ ูِูŠ ู…َุนَุงู†ِูŠْู‡َุง ูˆَ ู…َุฏْู„ُูˆْู„ุงَุชِู‡َุง ูˆَ ุฃَุณْุฑَุงุฑِู‡َุง ูˆَ ุฃَุฎْุจَุงุฑِู‡َุง ุญَุชَّู‰ ู†َุณْุชَูِูŠْุฏَ ู…ِู†ْู‡َุง ุงู„ْู‡ِุฏَุงูŠَุฉَูˆَู†َุณْุชَูِูŠْุฏَ ู…ِู†ْู‡َุง ุฎَุดْูŠَุฉَ ุงู„ู„ู‡ِ ุณُุจْุญَุงู†َู‡ُ ูˆَ ุชَุนَุงู„َู‰ ูˆَุนِุจَุงุฏَุชَู‡ُ ูˆَุญْุฏَู‡ُ ู„ุงَ ุดَุฑِูŠْูƒَ ู„َู‡ُ ูˆَู†َุนْุฑِูَ ู…َุง ู†َุฃْุชِูŠูˆَู…َุง ู†َุชْุฑُูƒَ ู…ِู†َ ุงْู„ุฃَุนْู…َุงู„ِ ูˆَ ุงْู„ุฃَู‚ْูˆَุงู„ِ ูˆَ ุงู„ْู…ُุนَุงู…َู„ุงَุชِ ูˆَุบَูŠْุฑَ ุฐَู„ِูƒَ 

Kita memikirkan makna ayat-ayat Al-Qu’ran, apa yang ditunjukkannya, rahasia serta berita yang terdapat dari ayat-ayat tersebut, sehingga kita dapat mendapatkan manfaat berupa hidayah, rasa takut kepada Allah, dan ibadah kepada Nya, dan kita tahu apa yang harus kita lakukan dan apa yang kita tinggalkan dari perbuatan, perkataan, interaksi sosial, dan yang lainnya.
๐Ÿ“šSholeh al Fauzan, Tadabburul Qur’an, hlm. 13.

Maros, 25 Safar 1438H

๐ŸŒพู…ู† ู…ุฌู…ูˆุนุฉ ู†ุตูŠุญุฉ ู„ู„ู†ุณุงุก๐ŸŒพ

Ikuti NashihatuLinnisa’ di TELEGRAM

๐ŸƒManfaat Tadabbur al Quran

 ๐ŸƒManfaat Tadabbur al Quran



”Maka apakah mereka tidak memperhatikan (tadabbur) al-Qur'an? Kalau kiranya al-Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak didalamnya”(An-Nisa' : 82)

Berkata Muhammad Ibnul Husain (Yang dikenal dengan Al Imaam Al Ajury) rahimahullaahu ta'ala

”Tidakkah kalian melihat (semoga Allah merahmati kalian) kepada Allah, bagaimana Allah mendorong hamba-hambanya untuk mentadabbur kalam-Nya (al-Qur'an) Dan siapa yang mentadabburi kalam Allah, maka

1. Dia akan mengetahui Allah.
2. Dia akan mengetahui besarnya kekuasaan Allah dan kemampuannya.
3. Dia akan mengetahui bagaimana besarnya keutamaan Allah atas kaum mukminin.
4. Dia akan mengetahui apa yang wajib atasnya, berupa kewajiban beribadah hanya kepada Allah, yang dengannya dia mengharuskan dirinya pada perkara-perkara yang wajib, dan berhati-hati dari apa yang Allah telah peringatkan dalam al-Qur'an, dan dia menginginkan terhadap apa yang Allah berikan dorongan terhadap al-Qur'an.

Dan siapa yang sifatnya seperti ini, tatkala ia membaca al-Qur'an, dan tatkala ia mendengarkan al-Qur'an dari selainnya(orang lain), maka al-Qur'an itu akan menjadi penyembuh untuknya. Maka dia akan menjadi *kaya tanpa harta,* dia akan menjadi *kuat dan mulia* walaupun tanpa kerabatnya, akan *terhibur* walaupun manusia itu lari darinya.

Dan tekadnya ketika membaca surah dalam al-Qur'an, jika dia mulai membaca al-Qur'an maka tekadnya

1. Kapan saya bisa mengambil nasihat apa yang telah saya baca.
2. Bukan maksutnya kapan saya bisa menyelesaikan (membaca) surah tersebut.
3. Akan tetapi maksudnya adalah 'Kapan saya ini bisa memahami pembicaraan Allah dalam al-Qur'an'
4. Kapan saya bisa tercegah dari apa yang dilarang dalam al-Qur'an.
5. Dan kapan saya bisa mengambil ibroh (dari al-Qur'an)

*Karena membaca al-Qur'an adalah merupakan suatu ibadah, dan ibadah tidak boleh dilakukan dengan kelalaian(tanpa mentadabburi al-Qur'an yg merupakan tipuan dari syaithan)*”

Allah yang memberikan taufik.
๐Ÿ“šAkhlaq Hamlatul Qur'an hal.9 Cetakan Ibnul jauzy


‎(ุฃَูَู„ุง ูŠَุชَุฏَุจุฑูˆู†َ ุงู„ู‚ُุฑุขู†َ ูˆَู„َูˆ ูƒุงู†َ ู…ِู† ุนِู†ุฏِ ุบَูŠุฑِ ุงู„ู„َู‡ِ ู„َูˆَุฌَุฏูˆุง ููŠู‡ِ ุงِุฎุชِู„ุงูุงً ูƒَุซูŠุฑุงً)

‎ู‚ุงู„ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุงู„ุญุณูŠู† (ุงู„ู…ุนุฑูˆู ุจุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุขุฌุฑูŠ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰):

‎ุฃู„ุง ุชุฑูˆู† -ุฑุญู…ูƒู… ุงู„ู„ู‡- ุฅู„ู‰ ู…ูˆู„ุงูƒู… ุงู„ูƒุฑูŠู… ูƒูŠู ูŠุญุซ ุฎู„ู‚ู‡ ุนู„ู‰ ุฃู† ูŠุชุฏุจุฑูˆุง ูƒู„ุงู…ู‡،

‎ูˆู…ู† ุชุฏุจุฑ ูƒู„ุงู…ู‡ ุนุฑู ุงู„ุฑุจ ุนุฒ ูˆุฌู„، ูˆุนุฑู ุนุธูŠู… ุณู„ุทุงู†ู‡ ูˆู‚ุฏุฑุชู‡، ูˆุนุฑู ุนุธูŠู… ุชูุถู„ู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู†، ูˆุนุฑู ู…ุง ุนู„ูŠู‡ ู…ู† ูุฑุถ ุนุจุงุฏุชู‡، ูุฃู„ุฒู… ู†ูุณู‡ ุงู„ูˆุงุฌุจ، ูุญุฐุฑ ู…ู…ุง ุญุฐุฑู‡ ู…ูˆู„ุงู‡ ุงู„ูƒุฑูŠู…، ูˆุฑุบุจ ููŠู…ุง ุฑุบุจู‡ ููŠู‡،

‎ูˆู…ู† ูƒุงู†ุช ู‡ุฐู‡ ุตูุชู‡ ุนู†ุฏ ุชู„ุงูˆุชู‡ ู„ู„ู‚ุฑุขู† ูˆุนู†ุฏ ุงุณุชู…ุงุนู‡ ู…ู† ุบูŠุฑู‡ ูƒุงู† ุงู„ู‚ุฑุขู† ู„ู‡ ุดูุงุก، ูุงุณุชุบู†ู‰ ุจู„ุง ู…ุงู„، ูˆุนุฒ ุจู„ุง ุนุดูŠุฑุฉ، ูˆุฃู†ุณ ุจู…ุง ูŠุณุชูˆุญุด ู…ู†ู‡ ุบูŠุฑู‡،

‎ูˆูƒุงู† ู‡ู…ู‡ ุนู†ุฏ ุงู„ุชู„ุงูˆุฉ ุงู„ุณูˆุฑุฉ ุฅุฐุง ุงูุชุชุญู‡ุง: ู…ุชู‰ ุฃุชุนุธ ุจู…ุง ุฃุชู„ูˆู‡؟
‎ูˆู„ู… ูŠูƒู† ู…ุฑุงุฏู‡ ู…ุชู‰ ุฃุฎุชู… ุงู„ุณูˆุฑุฉ؟
‎ูˆุฅู†ู…ุง ู…ุฑุงุฏู‡ ู…ุชู‰ ุฃุนู‚ู„ ู…ู† ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฎุทุงุจ؟ ู…ุชู‰ ุฃุฒุฏุฌุฑ؟
‎ู…ุชู‰ ุฃุนุชุจุฑ؟

‎ู„ุฃู† ุชู„ุงูˆุชู‡ ู„ู„ู‚ุฑุขู† ุนุจุงุฏุฉ، ูˆุงู„ุนุจุงุฏุฉ ู„ุง ุชูƒูˆู† ุจุบูู„ุฉ، ูˆุงู„ู„ู‡ ุงู„ู…ูˆูู‚.

‎ุงู†ุชู‡ู‰ ูƒู„ุงู…ู‡ ู…ู† ูƒุชุงุจู‡ ุฃุฎู„ุงู‚ ุญู…ู„ุฉ ุงู„ู‚ุฑุขู† ุต= ูฆ
‎ุท/ ุฏุงุฑ ุงุจู† ุงู„ุฌูˆุฒูŠ

๐Ÿƒ ๐Ÿƒ ๐Ÿƒ ๐Ÿƒ ๐Ÿƒ ๐Ÿƒ

Maros, 24 Safar 1438H

๐ŸŒพู…ู† ู…ุฌู…ูˆุนุฉ ู†ุตูŠุญุฉ ู„ู„ู†ุณุงุก๐ŸŒพ

Ikuti NashihatuLinnisa’ di TELEGRAM

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...