⏳JIKA SESEORANG MASUK MASJID SEMENTARA MUADZDZIN MENGUMANDANGKAN ADZAN JUM'AT, APA YANG HARUS DILAKUKAN ?


Soal :

Apakah lebih Afdhal shalat tahiyatul masjid, ketika muadzdzin adzan shalat Jum'at ataukah menunggu hingga selesai adzan dulu ?
____

Ada 2 pendapat ulama dalam hal ini.

▪️ pendapat pertama:

ia segera shalat tahiyatul masjid.

Dengan maksud agar ia konsentrasi mendengarkan khutbah Jum'at, karena mendengarkan khutbah Jum'at hukumnya wajib, sementara menjawab panggilan muadzdzin hukumnya sunnah.

๐Ÿ–‹️Berkata Syaikh Al_'Utsaimiin rahimahullah :

ุฅุฐุง ุฏุฎู„ุช ูˆุงู„ู…ุคุฐู† ูŠุคุฐู† ู„ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ، ุจุงุฏุฑ ุจุชุญูŠุฉ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ، ูˆู„ุง ุชู†ุชุธุฑ ุงู†ุชู‡ุงุก ุงู„ู…ุคุฐู† ؛ ู„ุฃู† ุชูุฑุบูƒ ู„ุณู…ุงุน ุงู„ุฎุทุจุฉ ุฃูˆู„ู‰ ู…ู† ู…ุชุงุจุนุชูƒ ู„ู„ู…ุคุฐู† ؛ ุญูŠุซ ุฅู† ุงุณุชู…ุงุน ุงู„ุฎุทุจุฉ ูˆุงุฌุจ، ูˆุฅุฌุงุจุฉ ุงู„ู…ุคุฐู† ุบูŠุฑ ูˆุงุฌุจุฉ. ูˆุงู…ุง ุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ุฃุฐุงู† ู„ุบุจุฑ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ، ูุงู„ุฃูุถู„ ุงู† ุชุจู‚ูŠ ู‚ุงุฆู…ุง ุญุชู‰ ุชุฌูŠุจ ุงู„ู…ุคุฐู† ูˆุชุฏุนูˆ ุจุงู„ุฏุนุงุก ุงู„ู…ุนุฑูˆู ุจุนุฏ ุงู„ุฃุฐุงู†...ุซู… ุจุนุฏ ุฐู„ูƒ ุชุฃุชูŠ ุจุชุญูŠุฉ ุงู„ู…ุณุฌุฏ

Jika kami masuk (masjid) dalam keadaan muadzdzin sedang adzan untuk jum'at, bersegeralah untuk sholat tahiyyatul masjid dan jangan menunggu selesainya muadzdzin, karena konsentrasi untuk mendengar khutbah lebih utama dari pada mengikuti muadzdzin, dari sisi mendengarkan khutbah wajib sedangkan menjawab panggilan muadzdzin tidak wajib.

Adapun jika selain dari adzan untuk shalat jum'at, maka yang afdhalnya ia tetap berdiri menjawab panggilan muadzdzin dan berdoa dengan doa yang m'aruf setelah adzan, kemudian setelah itu ia melakukan tahitayatul masjid.

๐Ÿ“šAl-Fataawaa 14/295

▪️ pendapat kedua :

Ia menunggu hingga selesai adzan

๐Ÿ–‹️ Berkata Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz rahimahullah :

ู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ุฃูุถู„، ุฃู† ูŠุณู…ุน ุงู„ุฃุฐุงู†، ูˆูŠุฌูŠุจ ุงู„ู…ุคุฐู†، ุซู… ูŠุตู„ูŠ ุฑูƒุนุชูŠู†، ูˆู„ุง ูŠู…ู†ุนู‡ ุฐู„ูƒ ู…ู† ุณู…ุงุน ุงู„ุฎุทุจุฉ؛ ู„ุฃู† ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฑูƒุนุชูŠู† ุฃู…ุฑ ุฎููŠู، ูˆู‚ุชู‡ุง ุฎููŠู، ููŠ ุฅู…ูƒุงู†ู‡ ุฃู† ูŠุตู„ูŠู‡ุง، ูˆุงู„ุฎุทูŠุจ ู„ู… ูŠู†ุชู‡ ู…ู† ู…ู‚ุฏู…ุฉ ุงู„ุฎุทุจุฉ.  ... ูƒูˆู†ู‡ ูŠุฌู…ุน ุจูŠู† ุงู„ุณู†ุชูŠู†: ุณู†ุฉ ุฅุฌุงุจุฉ ุงู„ู…ุคุฐู†، ูˆุณู†ุฉ ุชุญูŠุฉ ุงู„ู…ุณุฌุฏ، ูู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ุฃูุถู„،

Yang afdhalnya ia mendengarkan adzan dan menjawab panggilan muadzdzin, kemudian shalat 2 raka'at dan hal itu tidaklah menghalanginya dari mendengarkan khutbah, karena shalat 2 raka'at tahiyatul masjid, perkara yang ringan dan waktunya singkat yang memungkinkan ia shalat, sementara khatib belum selesai dari pembukaan khutbah.

Karena mengumpul dua sunnah: Sunnah menjawab muadzdzin dan sunnah tahiyatul masjid sunnah (beliau rahimahullah menganggap hukum tahiyatul masjid Sunnah, pent' ) maka ini yang afdhal.

๐Ÿ“š Fatawa Nur 'ala Darb..

▪️Sebagai kesimpulan :

Pendapat yang kuat adalah ia langsung mengerjakan shalat. Karena mendengarkan khutbah itu sendiri hukumnya wajib dan shalat tahiyatul masjid hukumnya wajib, sehingga lebih utama mengedepankan perkara yang wajib.

Dan ini yang dikuatkan oleh Syaikh Al_Allamah Al_Bany rahimahullah ;

 ูู…ุง ูŠู†ุจุบูŠ ุฃู† ูŠู†ุชุธุฑ ู„ูŠูุฑุบ ุงู„ู…ุคุฐู† ู…ู† ุฃุฐุงู†ู‡ ุซู… ูŠุดุฑุน ููŠ ุงู„ุชุญูŠุฉ ، ู„ู…ุงุฐุง ؟ ู„ุฃู† ุฅุฌุงุจุฉ ู…ุคุฐู† ู‡ูˆ ุฃู…ุฑ ู…ุณุชุญุจ ، ูˆุงู„ุชุญูŠุฉ ูˆุงุฌุจุฉ ، ูˆุงู„ุฅุตุบุงุก ุฅู„ู‰ ุงู„ุฎุทูŠุจ ุฃูŠุถًุง ูˆุงุฌุจ 

Maka tak sepantasnya untuk menunggu selesainya muadzdzin dari adzannya, kemudian ia memulai shalat tahiyatul masjid, kenapa?

Karena menjawab muadzdzin adalah perkara sunnah dan shalat tahiyatul Masjid hukumnya wajib' dan mendengarkan dengan saksama khutbah hukumnya juga wajib.

๐Ÿ“š Silsilah Al_Huda wa Nur 15/490

Dan pendapat ini yang juga dikuatkan syaikhuna Hasan Basy_Syuaib hafidzahullah :

ุงู„ุฃูุถู„ ุฃู† ุชุนุฌู„ ุจุตู„ุงุฉ ุฑูƒุนุชูŠ ุชุญูŠุฉ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุญุชู‰ ุชุฏุฑูƒ ุณู…ุงุน ุงู„ุฎุทุจุฉ

Yang Afdhal adalah ia bersegera shalat tahiyatul masjid 2 raka'at supaya dapat mendengarkan khutbah.

๐Ÿ“š Fatawa beliau dalam telegram.

✍ Abu Hanan As-Suhaily

27 Rajab 1444 -18/2/2023


⏳ APAKAH BENAR UNGKAPAN KEBANYAKAN ORANG YANG MENGATAKAN SUNNAHNYA MEMINUM AIR ZAM ZAM DALAM KEADAAN BERDIRI?

ู†ุตู€ูŠู€ุญู€ุฉ ู„ู„ู€ู†ู€ู€ุณุงุก:
Mereka berdalilkan dengan hadits Muslim bahwa rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam minum air zam-zam dalam keadaan berdiri.

Dan juga sisi pengkhususannya bahwa yang dituntut pada air zam-zam adalah at-tadhallu' (meminumnya dengan banyak sampai puas hingga memenuhi lambung dan rongga tulang tulang rusuk) dengan sampainya keberkahan pada semua tulang, maka jika ia meminum dalam keadaan berdiri maka ini lebih memungkinkan seseorang untuk segar dan puas, dan maksud syari'at adalah seseorang merasa puas dengan air zamzam.
________

๐Ÿ“’Soal di atas kami ajukan pada ulama Yaman 

[14/1 15:37] ุงุจูˆ ุญู†ุงู† ุนุซู…ุงู† ุงู„ุณู†ุฏูƒุงู†ูŠ: ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชุฉ

ุงุญุณู† ุงู„ู„ู‡ ุฅู„ูŠูƒ ูŠุง ุดูŠุฎู†ุง 

ู‡ู„ ุงู„ุตุญูŠุญ ุจุนุถ ุงู„ู†ุงุณ ูŠู‚ูˆู„ูˆู† ุฃู† ุดุฑุจ ู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ู‚ุงุฆู…ุง ู…ุณุชุญุจ؟

ุจุงู„ุฏู„ูŠู„ ูƒู…ุง ูู‰ ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู… ุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุดุฑุจ ู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ู‚ุงุฆู…ุง.

ูˆูˆุฌู‡ ุงู„ุชุฎุตูŠุต ุฃู† ุงู„ู…ุทู„ูˆุจ ูู‰ ู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ุงู„ุชุถู„ุน ุจูˆุตูˆู„ ุจุฑูƒุชู‡ ุงู„ู‰ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุฃุนุถุงุก، ูุงุฐุง ุดุฑุจ ู‚ุงุฆู…ุง ูƒุงู† ุฃู…ูƒู† ูู‰ ุงู„ุฑูŠ ูˆู…ู‚ุตูˆุฏ ุงู„ุดุฑุน ุฃู† ูŠุฑุชูˆู‰ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู…ู† ู…ุงุก ุฒู…ุฒู…؟؟؟

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Ahsanallahu Ilakika Ya syaikhana .

Apakah shahih sebagian manusia mengatakan minum air zamzam dalam keadaan berdiri itu disunnahkan?

Dengan dalil sebagaimana dalam shahih Muslim bahwa rasulullah shalallahu alaihi wasallam minum air zamzam dalam keadaan berdiri.

Dan sisi pengkhususan bahwa yang dituntut pada air zam-zam adalah at-tadhallu' (meminumnya dengan banyak sampai puas hingga memenuhi lambung dan rongga tulang tulang rusuk) dengan sampainya keberkahan pada semua tulang, maka jika ia meminum dalam keadaan berdiri maka ini lebih memungkinkan untuk segar dan puas, dan maksud syari'at adalah seseorang merasa puas dengan air zamzam?

๐Ÿ–‹️ Jawaban Syaikh kami Thariq Al-Ba'dany hafidzahullah : 

[15/1 02:12] ุงู„ุดูŠุฎ ุทุงุฑู‚: ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡ .

ุดุฑุจ ุฒู…ุฒู… ุฎุงุต ุจู…ูˆุฑุฏู‡ ู‚ูŠู„ ู„ูˆุฌูˆุฏ ุงู„ุฒุญุงู… ูˆูŠุณุชุญุจ ุงู„ุดุฑุจ ุฌุงู„ุณุง ู…ู†ู‡ ูˆู…ู† ุบูŠุฑู‡ ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู…

Wa Alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh.

Minum air zam zam berdiri apalagi khusus di tempat sumbernya air, itu karena padatnya manusia dan hukumnya disunnahkan minum dalam keadaan duduk, baik dari air zamzam dan air selainnya. Wallahu A'lam

๐Ÿ–‹️ Jawaban Syaikh kami Abdul Ghani Al-Umary hafidzahullah ;

ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชุฉ.

ู„ุง، ุดุฑุจู‡ ุฌุงู„ุณุง ุฃูุถู„ ูˆู„ูˆ ุดุฑุจุชู‡ ู‚ุงุฆู…ุง ูŠุฌูˆุฒ ู„ูƒู† ุงู„ุฃูุถู„ ุฃู† ุชูƒูˆู† ุฌุงู„ุณุง ุฃูุถู„ ู„ู„ุฃุฏู„ุฉ ุบูŠุฑ ู‡ุฐุง.

Wa Alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh.
 
Tidak disunnahkan, meminum air zamzam lebih afdal dalam keadaan duduk, dan seandainya kamu meminumnya dalam keadaan berdiri, maka itu boleh, akan tetapi kamu minum dalam keadaan duduk itu lebih afdhal karena dalil dalil selain ini (yang disebutkan penanya)

๐Ÿ“š Selesai penukilan

Tambahan penjelasan :

•Telah datang hadits-hadits dari Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ tentang larangam minum berdiri.

Diantaranya : apa yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Anas dan dari Abi Sa'id al Khudry

ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฒَุฌَุฑَ ( ููŠ ู„ูุธ : ู†َู‡َู‰) ุนَู†ْ ุงู„ุดُّุฑْุจِ ู‚َุงุฆِู…ًุง .

 Bahwasanya Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ melarang minum berdiri.

• Dan juga telah datang hadits-hadits yang lain, bahwasanya Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ minum berdiri.


Diantaranya adalah apa yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim dari sahabat Ibnu Abbas _radhiyallahu ta'ala anhuma_ 

ุณَู‚َูŠْุชُ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู…ِู†ْ ุฒَู…ْุฒَู…َ ูَุดَุฑِุจَ ูˆَู‡ُูˆَ ู‚َุงุฆِู…ٌ .

Saya memberi minum kepada Rasulullaah _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ dari air zam-zam. Maka beliau meminumnya dalam keadaan berdiri. 

Dan diriwayatkan oleh imam Bukhari dari Ali bin Abi thalib :

ุฃู†ู‡ ุดَุฑِุจَ ู‚َุงุฆِู…ًุง ุซู… ู‚َุงู„َ : ุฅِู†َّ ู†َุงุณًุง ูŠَูƒْุฑَู‡ُ ุฃَุญَุฏُู‡ُู…ْ ุฃَู†ْ ูŠَุดْุฑَุจَ ูˆَู‡ُูˆَ ู‚َุงุฆِู…ٌ ، ูˆَุฅِู†ِّูŠ ุฑَุฃَูŠْุชُ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَุนَู„َ ูƒَู…َุง ุฑَุฃَูŠْุชُู…ُูˆู†ِูŠ ูَุนَู„ْุชُ .

Dan telah diriwayatkan imam Ahmad dengan sanad yang shahih bahwa : 

ุฃَู†َّ ุนَู„ِูŠَّ ุจْู†َ ุฃَุจِูŠ ุทَุงู„ِุจٍ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ุดَุฑِุจَ ู‚َุงุฆِู…ًุง ، ูَู†َุธَุฑَ ุฅِู„َูŠْู‡ِ ุงู„ู†َّุงุณُ ูƒَุฃَู†َّู‡ُู…ْ ุฃَู†ْูƒَุฑُูˆู‡ُ ูَู‚َุงู„َ : ู…َุง ุชَู†ْุธُุฑُูˆู†َ ! ุฅِู†ْ ุฃَุดْุฑَุจْ ู‚َุงุฆِู…ًุง ูَู‚َุฏْ ุฑَุฃَูŠْุชُ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَุดْุฑَุจُ ู‚َุงุฆِู…ًุง ، ูˆَุฅِู†ْ ุฃَุดْุฑَุจْ ู‚َุงุนِุฏًุง ูَู‚َุฏْ ุฑَุฃَูŠْุชُ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَุดْุฑَุจُ ู‚َุงุนِุฏًุง 

Bahwa Ali Radhiyallahu Anhu minum dalam keadaan berdiri, maka manusia pun melihatnya, seakan-akan mereka mengingkarinya.

Maka Ali Radhiyallahu Anhu mengatakan: 

Apa yang kalian lihat ?

Jika aku minum berdiri maka aku telah melihat rasulullah shalallahu alaihi wa sallam minum dalam keadaan berdiri, dan jika aku minum dalam keadaan duduk, maka sungguh aku telah melihat Nabi shalallahu alaihi wasallam minum dalam keadaan duduk.

Dan telah diriwayatkan oleh Imam At-tirmidzi dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albany .

ูƒُู†َّุง ู†َุฃْูƒُู„ُ ุนَู„َู‰ ุนَู‡ْุฏِ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูˆَู†َุญْู†ُ ู†َู…ْุดِูŠ ، ูˆَู†َุดْุฑَุจُ ูˆَู†َุญْู†ُ ู‚ِูŠَุงู…ٌ .

Kami dahulu pernah makan di masa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- sambil berjalan dan kami minum sambil berdiri.”

๐Ÿ“ŒDan sepakat para ulama antara hadits-hadits yang nenyebutkan tentang larangan minum berdiri, bukan menunjukkan keharoman. *Dan yang afdhol adalah minum dalam keadaan duduk.* dan hadits-hadits tentang Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ minum dalam keadaan berdiri menunjukkan bolehnya hal tersebut.

๐Ÿ’กBerkata Imam Annawawi _rahimahullaah_

"ู„َูŠْุณَ ูِูŠ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ุฃَุญَุงุฏِูŠุซ ุจِุญَู…ْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ ุชَุนَุงู„َู‰ ุฅِุดْูƒَุงู„ , ูˆَู„ุง ูِูŠู‡َุง ุถَุนْู , ุจَู„ْ ูƒُู„ّู‡َุง ุตَุญِูŠุญَุฉ , ูˆَุงู„ุตَّูˆَุงุจ ูِูŠู‡َุง ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّู‡ْูŠ ูِูŠู‡َุง ู…َุญْู…ُูˆู„ ุนَู„َู‰ ูƒَุฑَุงู‡َุฉ ุงู„ุชَّู†ْุฒِูŠู‡ . ูˆَุฃَู…َّุง ุดُุฑْุจู‡ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุงุฆِู…ًุง ูَุจَูŠَุงู† ู„ِู„ْุฌَูˆَุงุฒِ , ูَู„ุง ุฅِุดْูƒَุงู„ ูˆَู„ุง ุชَุนَุงุฑُุถ , ูˆَู‡َุฐَุง ุงู„َّุฐِูŠ ุฐَูƒَุฑْู†َุงู‡ُ ูŠَุชَุนَูŠَّู† ุงู„ْู…َุตِูŠุฑ ุฅِู„َูŠْู‡ِ .

ูَุฅِู†ْ ู‚ِูŠู„َ : ูƒَูŠْู ูŠَูƒُูˆู† ุงู„ุดُّุฑْุจ ู‚َุงุฆِู…ًุง ู…َูƒْุฑُูˆู‡ًุง ูˆَู‚َุฏْ ูَุนَู„َู‡ُ ุงู„ู†َّุจِูŠّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ؟

ูَุงู„ْุฌَูˆَุงุจ : ุฃَู†َّ ูِุนْู„ู‡ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฅِุฐَุง ูƒَุงู†َ ุจَูŠَุงู†ًุง ู„ِู„ْุฌَูˆَุงุฒِ ู„ุง ูŠَูƒُูˆู† ู…َูƒْุฑُูˆู‡ًุง , ุจَู„ْ ุงู„ْุจَูŠَุงู† ูˆَุงุฌِุจ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ , ูَูƒَูŠْู ูŠَูƒُูˆู† ู…َูƒْุฑُูˆู‡ًุง ูˆَู‚َุฏْ ุซَุจَุชَ ุนَู†ْู‡ُ ุฃَู†َّู‡ُ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุชَูˆَุถَّุฃَ ู…َุฑَّุฉ ู…َุฑَّุฉ ูˆَุทَุงูَ ุนَู„َู‰ ุจَุนِูŠุฑ ู…َุนَ ุฃَู†َّ ุงู„ุฅِุฌْู…َุงุน ุนَู„َู‰ ุฃَู†َّ ุงู„ْูˆُุถُูˆุก ุซَู„ุงุซًุง ูˆَุงู„ุทَّูˆَุงู ู…َุงุดِูŠًุง ุฃَูƒْู…َู„ , ูˆَู†َุธَุงุฆِุฑ ู‡َุฐَุง ุบَูŠْุฑ ู…ُู†ْุญَุตِุฑَุฉ , ูَูƒَุงู†َ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠُู†َุจِّู‡ ุนَู„َู‰ ุฌَูˆَุงุฒ ุงู„ุดَّูŠْุก ู…َุฑَّุฉ ุฃَูˆْ ู…َุฑَّุงุช , ูˆَูŠُูˆَุงุธِุจ ุนَู„َู‰ ุงู„ุฃَูْุถَู„ ู…ِู†ْู‡ُ, ูˆَู‡َูƒَุฐَุง ูƒَุงู†َ ุฃَูƒْุซَุฑ ูˆُุถُูˆุฆِู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุซَู„ุงุซ ุซَู„ุงุซًุง , ูˆَุฃَูƒْุซَุฑ ุทَูˆَุงูู‡ ู…َุงุดِูŠًุง , ูˆَุฃَูƒْุซَุฑ ุดُุฑْุจู‡ ุฌَุงู„ِุณًุง ، ูˆَู‡َุฐَุง ูˆَุงุถِุญ ู„ุง ูŠَุชَุดَูƒَّูƒ ูِูŠู‡ِ . ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ุฃَุนْู„َู…" ุงู‡ู€ .

Tidak ada pada hadits-hadits tersebut,_ dengan memuji kepada Allooh_ ada padanya isykal (permasalahan) dan tidak ada padanya kedhoifan bahkan seluruh hadits-hadits menunjukkan shohih dan yang benar pada hadits-hadits tersebut bahwasanya larangan minum berdiri itu dibawa hukumnya kepada makruh. Dan adapun minumnya Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ dalam keadaan berdiri itu menjelaskan tentang bolehnya hal tersebut. Tidak ada permasalahan dan pertentangan dan inilah yang kita telah sebutkan dan kita berjalan diatasnya.

❔Jika ada yang mengatakan bagaimana bisa minum dalam keadaan berdiri hukumnya makruh, sementara Nabi _shallalaahu 'alaini wa sallam_ melakukan hal tersebut?

❕Maka jawabannya,

Adapun perbuatan Nabi _shallalaahu 'alaihi wa sallam_ jika hal tersebut dilakukan dalam rangka penjelasan akan bolehnya (minum berdiri) maka hal tersebut tidak menjadi makruh pada diri Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam,_ bahkan penjelasan akan bolehnya minum berdiri adalah wajib atas Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ untuk menjelaskannya. 

Maka bagaimana mungkin hal tersebut menjadi makruh bagi Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ dan telah shohih bahwa Nabi _shallallaah 'alaihi wa sallam_ itu berwudhu satu kali satu kali dan juga Nabi thawaf di ka'bah diatas kendaraannya.

Bersamaan dengan itu bahwasanya Ijma' (kesepakatan para ulama) bahwasanya berwudhu tiga kali tiga kali. Dan thawaf dengan berjalan kaki. Itu lebih afdhol dan sempurna. 

Dan yang semisal ini sangat banyak tanpa terbatas. Maka Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ menjelaskan akan bolehnya sesuatu kadang sekali dan lebih dalam berwudhu untuk setiap anggota wudhu, akan tetapi Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ terus menerus melakukan apa yang lebih afdhol darinya (berwudhu tiga kali tiga kali) 

Dan demikianlah kebanyakan wudhu Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ tiga kali tiga kali. Dan kebanyakan thawafnya dengan berjalan kaki. Dan kebanyakan minumnya dalam keadaan duduk.
Dan ini yang sangat jelas, tidak ada keraguan didalamnya.

Wallahu a'lam.

๐Ÿ“šSyarah Shahih Muslim 13/195

Al-Maziri rahimahullah mengatakan: 

ุงِุฎْุชَู„َูَ ุงู„ู†َّุงุณ ูِูŠ ู‡َุฐَุง ، ูَุฐَู‡َุจَ ุงู„ْุฌُู…ْู‡ُูˆุฑ ุฅِู„َู‰ ุงู„ْุฌَูˆَุงุฒ ، ูˆَูƒَุฑِู‡َู‡ُ ู‚َูˆْู…

“Para ulama berselisih pendapat tentang masalah ini. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat boleh (makan dan minum sambil berdiri). Sebagian lainnya menyatakan makruh .” 

๐Ÿ“šLihat Fathul Bari, 10/ 82

Dan sebagian ulama menyebutkan beberapa udzur dan alasan yang menyebabkan rasulullah minum air zamzam dalam keadaan berdiri : 

ูˆู‚ุฏ ูƒุงู† ู„ุนุฐุฑ ูˆูŠุญู…ู„ ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ู„ู… ูŠุฌุฏ ู…ูˆุถุนุง ู„ู„ู‚ุนูˆุฏ ู„ุฅุฒุฏุญุงู… ุงู„ู†ุงุณ ุนู„ู‰ ู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ูˆุจุชู„ุงู„ ุงู„ู…ูƒุงู† ูˆู‚ูŠู„ ุฃู† ุดุฑุจ ู…ู† ู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ู…ู† ุบูŠุฑ ู‚ูŠุงู… ูŠุดู‚ ู„ุงุฑุชูุงุน ู…ุง ุนู„ูŠู‡ุง ู…ู† ุงู„ุญุงุฆุท ูˆู„ุฃู† ุงู„ู†ุงุณ ูƒุงู†ูˆุง ูŠู†ุธุฑูˆู† ุฅู„ูŠู‡ ู„ูŠุชู‚ุชุฏูˆุง ุจู‡ ูู‰ ู†ุณูƒู‡ู… ููƒุงู† ุงู„ู‚ุนูˆุฏ ูˆุงู„ุทู…ุงู†ูŠู†ุฉ ู…ุน ู‡ุฐุง ูƒู„ู‡ ูƒุงู„ู…ุชุนุฐุฑ

Dan beliau shalallahu alaihi wasallam melakukan minum berdiri karena suatu udzur, dan kemungkinan beliau tidak mendapatkan tempat untuk duduk karena padatnya manusia pada sumur zam-zam dan basahnya tempat tersebut, sebagian ulama mengatakan : minum air zamzam tanpa dengan berdiri, maka ini akan sulit dikarenakan tingginya dinding yang mengelilingi air zamzam, dan orang orang ( pada waktu haji dan umrah beliau) ingin melihat rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, agar mereka bisa mencontohi beliau dalam ibadah manasik mereka. Maka untuk minum dalam keadaan duduk dan tenang, bersamaan dengan semua apa yang telah disebutkan (berupa alasan rasulullah minum berdiri) itu seperti orang yang terhalangi dan sulit melakukannya (minum sambil duduk)

๐Ÿ“š Lihat Umdatul Qari 9/278, Kasyful Musykil 3/184, Syarh Sunan An-Nasai Lis-suyuti 5/237, Faidhul Qadir 6/440, Mirqatul Mafatih 8/164, Hasyiah As-sundi 5/237, Syarah Sunan Ibnu Majah 1/244.

Dan ini juga dijelaskan oleh Imam Ibnul Qayyim rahimahullah, beliau berkata,

ุฃู† ุงู„ู†ู‡ูŠ ู„ู„ูƒุฑุงู‡ุฉ ุงู„ุชู†ุฒูŠู‡ูŠุฉ، ูˆุฅู† ูุนู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุจูŠุงู† ู„ู„ุฌูˆุงุฒ ุนู†ุฏ ุงู„ุญุงุฌุฉ

“Larangan hadits tersebut menunjukkan karohah at-tanzih (makruh).
Sesungguhnya perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam minum berdiri menunjukkan bolehnya ketika ada hajat.” 

๐Ÿ“šLihat Zaadul Ma’ad 1/149, 4/229

Dan apabila ada hajat untuk minum berdiri, maka dibolehkan dan hukum makruh hilang.

Dan kaidah fikih :

ุงู„ูƒَุฑَุงู‡َุฉُ ุชَุฒُูˆْู„ُ ุจِุงู„ุญَุงุฌَุฉِ

“Sesuatu yang hukumnya makruh menjadi hilang (hukumnya) karena ada hajat (kebutuhan).”

๐Ÿ–‹️Dan Syaikhul Islam di tanya tentang makan dan minum berdiri, apakah halal, haram atau makruh ?

Beliau menjawab : 

ุฃู…ุง ู…ุน ุงู„ุนุฐุฑ ูู„ุง ุจุงุณ، ูู‚ุฏ ุซุจุช ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุดุฑุจ ู…ู† ู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ูˆู‡ูˆ ู‚ุงุฆู… ูุฅู† ุงู„ู…ูˆุถุน ู„ู… ูŠูƒู† ู…ูˆุถุน ู‚ุนูˆุฏ، ูˆุฃู…ุง ู…ุน ุนุฏู… ุงู„ุญุงุฌุฉ ููŠูƒุฑู‡ ู„ุฃู†ู‡ ุซุจุช ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู†ู‡ู‰ ุนู†ู‡ ูˆุจู‡ุฐุง ุงู„ุชูุตูŠู„ ูŠุญุตู„ ุงู„ุฌู…ุน ุจูŠู† ุงู„ู†ุตูˆุต.

"Adapun tanpa udzur, Mala tidak mengapa, telah shahih bahwa rasulullah minum air zamzam dalam keadaan berdiri, sebab tempat waktu itu bukan tempat untuk duduk. Adapun minum berdiri tanpa ada hajat, maka di 
makruhkan, sebab Nabi shalallahu alaihi wasallam melarang dari minum berdiri, dan inilah rincian yang dengannya terwujud kompromi antara dalil dalil.

๐Ÿ“š Majmu fatawa 32/211

Dan beliau juga berfatwa : 

ูˆูŠูƒุฑู‡ ุงู„ุฃูƒู„ ูˆุงู„ุดุฑุจ ู‚ุงุฆู…ุง ู„ุบูŠุฑ ุญุงุฌุฉ " ุงู†ุชู‡ู‰ .

Dimakhruhkan makan dan minum berdiri tanpa ada hajat.

๐Ÿ“š Fatawa Al-Kubro 5/477

Dan telah datang fatwa lajnah daaimah :

"ุงู„ุฃุตู„ ุฃู† ูŠุดุฑุจ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู‚ุงุนุฏุงً ، ูˆู‡ูˆ ุงู„ุฃูุถู„ ، ูˆู„ู‡ ุฃู† ูŠุดุฑุจ ู‚ุงุฆู…ุงً ، ูˆู‚ุฏ ูุนู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุงู„ุฃู…ุฑูŠู† ู„ู„ุฏู„ุงู„ุฉ ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ุฃู…ุฑ ููŠ ุฐู„ูƒ ูˆุงุณุน" ุงู‡ู€ .

Bahwasanya asal seseorang itu minum dalam keadaan duduk dan boleh baginya untuk minum dalam keadaan berdiri. Dan Nabi _shallallaahu 'alaihi wa sallam_ telah melakukan 2 perkara tersebut. Dan ini menunjukkan bahwasanya pada perkara tersebut terdapat keluasan.

๐Ÿ“š Fatawa Lajnah Daaimah 22/33

๐Ÿ–‹️ Dan ini juga yang difatwakan oleh Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah :

 ุงู„ุดุฑุจ ู‚ุงุนุฏุงً ุงูุถู„ ุจู„ุง ุดูƒ، 
 ุจู„ ูŠูƒุฑู‡ ุงู„ุดุฑุจ ู‚ุงุฆู…ุงً ุฅู„ุง ู„ุญุงุฌุฉ؛ ุฏู„ูŠู„ ุฐู„ูƒ ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุณู„ู…: 
«ู†ู‡ู‰ ุฃู† ูŠุดุฑุจ ุงู„ุฑุฌู„ ู‚ุงุฆู…ุงً».
 ูƒุฐู„ูƒ ุฃูŠุถุงً ุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ู…ูƒุงู† ุถูŠู‚ุงً ู„ุง ูŠู…ูƒู† ุฃู† ูŠุฌู„ุณ ูู„ูŠุดุฑุจ ู‚ุงุฆู…ุงً؛ ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… ุดุฑุจ ู…ู† ุฒู…ุฒู… ูˆู‡ูˆ ู‚ุงุฆู…. ุฃู…ุง ููŠ ุญุงู„ุฉ ุงู„ุณุนุฉ ูู„ูŠุดุฑุจ ูˆู‡ูˆ ู‚ุงุนุฏุงً. 

Minum dalam keadaan duduk lebih afdhal, tanpa diragukan lagi. Bahkan dimakruhkan minum berdiri kecuali kalau ada hajat, dan dalil akan hal tersebut: bahwa rasulullah shalallahu alaihi wasallam melarang seorang lelaki minum berdiri....

Demikian pula jika ditempat tersebut sempit, yang tidak memungkinkan duduk, hendaknya ia minum berdiri. Sebab Nabi shalallahu minum air zamzam dalam keadaan berdiri. Adapun dalam keadaan longgar, maka hendaknya ia minum dalam keadaan duduk.

๐Ÿ“š Nur 'Ala Darb 367

Dan pendapat ini juga dikuatkan oleh Imam Ibnu Baz rahimahullah : 

ุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ูˆุงุฑุฏุฉ ููŠ ู‡ุฐุง ุตุญูŠุญุฉ ุฌุงุก ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ุงู„ู†ู‡ูŠ ุนู† ุงู„ุดุฑุจ ู‚ุงุฆู…ًุง ูˆุงู„ุฃูƒู„ ู…ุซู„ ุฐู„ูƒ، ูˆุฌุงุก ุนู†ู‡ ๏ทบ ุฃู†ู‡ ุดุฑุจ ู‚ุงุฆู…ًุง، ูุงู„ุฃู…ุฑ ููŠ ู‡ุฐุง ูˆุงุณุน ูˆูƒู„ู‡ุง ุตุญูŠุญุฉ، ูˆุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡، ูุงู„ู†ู‡ูŠ ุนู† ุฐู„ูƒ ู„ู„ูƒุฑุงู‡ุฉ، ูุฅุฐุง ุงุญุชุงุฌ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุฅู„ู‰ ุงู„ุฃูƒู„ ูˆุงู‚ูًุง ุฃูˆ ุฅู„ู‰ ุงู„ุดุฑุจ ูˆุงู‚ูًุง ูู„ุง ุญุฑุฌ، ูˆู‚ุฏ ุซุจุช ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ุฃู†ู‡ ุดุฑุจ ู‚ุงุนุฏًุง ูˆู‚ุงุฆู…ًุง، ูุฅุฐุง ุงุญุชุงุฌ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุฅู„ู‰ ุฐู„ูƒ ูู„ุง ุญุฑุฌ ุฃู† ูŠุฃูƒู„ ู‚ุงุฆู…ًุง ูˆุฃู† ูŠุดุฑุจ ู‚ุงุฆู…ًุง، ูˆุฅู† ุฌู„ุณ ูู‡ูˆ ุฃูุถู„ ูˆุฃุญุณู†، 

Hadits-hadits yang datang dalam masalah ini shahih. 

Datang riwayat dari Nabi shalallahu alaihi wasallam akan larangan minum berdiri dan makan demikian juga. Dan juga datang hadits kalau beliau minum sambil berdiri. Maka perkara ini ada kelapangan, semuanya shahih.

Dan larangan makan berdiri itu bermakna makruh. Jika seorang membutuhkan untuk makan berdiri atau minum sambil berdiri maka tidak mengapa dan telah shahih dari beliau bahwa beliau pernah minum sambil duduk dan sambil berdiri. 

Apabila seorang membutuhkan hal itu, maka tidak mengapa makan atau minum sambil berdiri. Dan jika dia duduk maka itu lebih afdhal dan lebih baik.

๐Ÿ“šMajmu Al-Fatawa 25/275

Jadi meminum air zamzam walaupun dimudahkan pada hari ini baik di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, hanya saja di tempat tersebut seringnya basah dengan air, tempatnya sempit karena padatnya manusia, yang kadang hal itu menyulitkan untuk duduk, terkhusus lagi saat waktu haji dan waktu umrah ramadhan. Adapun jika dimudahkan untuk minum dalam keadaan duduk, maka itu lebih utama dan afdhal.

Kesimpulannya bahwa sunnah dalam minum dari zamzam adalah duduk dengan dalil umum dari hadits-hadits yang melarang minum sambil berdiri kecuali karena suatu keperluan mendesak dan kebutuhan, dan ini dikuatkan dengan apa yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari 

Dari Asy-Sya'biy bahwa : 

ุฃَู†َّ ุงุจْู†َ ุนَุจَّุงุณٍ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُู…َุง ุญَุฏَّุซَู‡ُ ู‚َุงู„َ ุณَู‚َูŠْุชُ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู…ِู†ْ ุฒَู…ْุฒَู…َ ูَุดَุฑِุจَ ูˆَู‡ُูˆَ ู‚َุงุฆِู…ٌ ู‚َุงู„َ ุนَุงุตِู…ٌ ูَุญَู„َูَ ุนِูƒْุฑِู…َุฉُ ู…َุง ูƒَุงู†َ ูŠَูˆْู…َุฆِุฐٍ ุฅِู„َّุง ุนَู„َู‰ ุจَุนِูŠุฑٍ

Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma menceritakan kepadanya, dia berkata: "Aku memberi minum Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam dengan air zamzam. Maka Beliau meminumnya sambil berdiri". Berkata, 'Ashim: 'Ikrimah bersumpah bahwa saat itu Beliau shalallahu alaihi wasallam tidak lain kecuali berada diatas untanya. (HR Bukhari 2/167)

Jadi bukanlah seperti yang dipahami sebagian orang bahwasanya termasuk dari sunnah adalah meminum air zamzam dengan berdiri.

Jadi hukum minum air zamzam berdiri adalah makruh dan boleh dilakukan dalam keadaan berdiri jika ada hajat (kebutuhan), misalnya sulit untuk duduk, atau keadaan lainnya yang tidak memungkinkan duduk sebagaimana yang telah lewat penjelasannya.

Wallahu A'lam 

Di susun : 

Abu Hanan As_suhaily.

22 Jumadil Tsani 1444 -15/1/20



╭─┅─═เฆŠเฆŠเฆˆ═─┅─╮ 
       SEBARKANLAH 
       ENGKAU AKAN 
       MENDAPATKAN 
           PAHALANYA 
╰─┅─═เฆŠเฆŠเฆˆ═─┅─╯ 

 ๐Ÿ…น๐Ÿ…พ๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฝ ๐Ÿ…ฒ๐Ÿ…ท๐Ÿ…ฐ๐Ÿ…ฝ๐Ÿ…ฝ๐Ÿ…ด๐Ÿ…ป ๐Ÿ†ƒ๐Ÿ…ด๐Ÿ…ป๐Ÿ…ด๐Ÿ…ถ๐Ÿ†๐Ÿ…ฐ๐Ÿ…ผ 
๐Ÿ“ก https://t.me/fawaaidassunnah

Web : https://bit.ly/Fawaaidassunnah 

⏳SIFAT DAN KANDUNGAN AIR ZAM ZAM

ู†ุตู€ูŠู€ุญู€ุฉ ู„ู„ู€ู†ู€ู€ุณุงุก:


๐Ÿ“’ SOAL YANG KAMI AJUKAN LANGSUNG PADA ULAMA YAMAN.

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Ahsanallahu ilaika ya syaikhana.

Bagaimana kebenaran pemberitahuan ini yang kadang manusia tidak mengetahuinya.

Seorang pakar peneliti mengatakan:
Di sana ada dua cairan yang keduanya tidak ada penisbatan terhadap cairan cairan yang lain kecuali nama saja yaitu

Air zamzam dan kencingnya onta!!

Air zamzam mencakup penanaman air akan tetapi berbeda akan dasar komposisi airnya.

Seluruh air yang ada dimuka bumi ini ada penisbatan akan komponen asam!! Kecuali air zamzam.

Maka air zamzam itu bersifat basa . Subhanallah dan tidak didapatkan air yang bersifat basa pada selainnya dari sisi yang paling sederhana kecuali air zamzam!!

Maka karena itulah ketika meminumnya dengan banyak maka dalam tubuh ada antibodi yang kuat untuk melawan virus, sebab virus tidak akan akan mampu bertahan hidup pada ekologi suasana bersifat basa!

Dan karena itu pula Allah menjadikan di kota Makkah dengan kedatangan tamu tamu Allah dari para haji dan orang yang melakukan umrah itu kadang membawa dengan berbagai wabah dan penyakit dari negeri mereka.

Maka siapa yang minum dan mengisi perutnya dengan memenuhi air zamzam (sampai puas) pada waktu haji dan umrah, tidak akan ditimpa penyakit apapun yang dibawa dari para haji dan yang melakukan umrah. Subhanallah.

Dan cairan yang bersifat basa adalah sumber utama dalam melawan virus dan menguatkan tubuh.

Dan yang terakhir telah kita diketahui makna At-tadhallu' terhdap air zamzam (yaitu memperbanyak saat meminumnya hingga memenuhi lambung dan rongga tulang rusuk hingga merasa puas)

Dan kebanyakan manusia tidak mengetahui makna at-tadhallu' dengan air zamzam dengan niat mencari kesembuhan.

Sepantasnya lambung kosong sekali dan alangkah bagusnya berpuasa.

Kemudian meminum memakai cangkir dengan bilangan ganjil 3, 5, 7, 9.....

Hingga perutnya penuh.
Setelah itu perhatikan beberapa saat, air kencing berubah warnanya dan tubuh mulai nampak titik dengan warna cerah demikianlah. Ulangi sekali, dua kali tiga kali hingga dia sembuh dengan idzin Allah.

Apakah ini arti at-tadhallu' dengan air zamzam dengan niat mencari kesembuhan?

[28/12 14:15] ุงุจูˆ ุญู†ุงู† ุนุซู…ุงู† ุงู„ุณู†ุฏูƒุงู†ูŠ: ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชุฉ

ุงุญุณู† ุงู„ู„ู‡ ุฅู„ูŠูƒ ูŠุง ุดูŠุฎู†ุง
ู…ุง ุตุญุฉ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ุนู„ูˆู…ุฉ؟

  ู…ุนู„ูˆู…ุฉ  ู‚ุฏ ู„ุง ู†ุนุฑูู‡ุง :
ูŠู‚ูˆู„ ุงู„ุจุญุซ ุงู„ุนู„ู…ูŠ ، ู‡ู†ุงูƒ ุณุงุฆู„ุงู† ู„ุงูŠู†ุชู…ูŠุงู† ู„ู„ุณูˆุงุฆู„ ุงู„ุฃุฎุฑู‰ ุฅู„ุง ุจุงู„ุฃุณู… !! ูˆู‡ู…ุง :
ู…ุงุก ุฒู…ุฒู… !! ุจูˆู„  ุงู„ุฃุจู„ .
ูู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ูŠุญู…ู„ ุฃุณู… ( ู…ุงุก ) ู„ูƒู†ู‡ ูŠุฎุชู„ู ุฌุฐุฑูŠุงً ุนู† ู…ุฑูƒุจุงุช ุงู„ู…ุงุก !
ูุฌู…ูŠุน ู…ูŠุงู‡ ุงู„ุฏู†ูŠุง ุชู†ุชู…ูŠ ู„ู„ู…ุฑูƒุจ ุงู„ุญู…ุถูŠ !! ุนุฏุง ( ู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ) !!
ูู‡ูˆ ( ู‚ู„ูˆูŠ !! ) ุณุจุญุงู† ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุนุธูŠู… ، ูˆู„ุงูŠูˆุฌุฏ ู…ุงุก ู‚ู„ูˆูŠ ุบูŠุฑู‡ ุนู„ู‰ ูˆุฌู‡ ุงู„ุจุณูŠุทุฉ ، ุนุฏุง ู…ุงุก ุฒู…ุฒู… !!
ู„ุฐุง ، ูุนู†ุฏ ุดุฑุจู‡ ุจูƒุซุฑุฉ ูŠูƒูˆู† ู„ุฏู‰ ุฌุณู… ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู…ู†ุงุนุฉ ู‚ูˆูŠุฉ ุถุฏ ุงู„ููŠุฑูˆุณุงุช !! ู„ุฃู† ุงู„ููŠุฑูˆุณ ู„ุงูŠุนูŠุด ููŠ ุงู„ุจูŠุฆุฉ ุงู„ู‚ู„ูˆูŠุฉ !
ู„ุฐุง ، ุฌุนู„ู‡ ุงู„ู„ู‡ ููŠ ู…ูƒุฉ ، ู„ูˆููˆุฏ ุฎู„ู‚ ุงู„ู„ู‡ ู…ู† ุงู„ุญุฌูŠุฌ ูˆุงู„ุนู…ุงุฑ، ู…ุญู…ู„ูŠู† ุจูƒู„ ูˆุจุงุก ู…ู† ุฏูŠุงุฑู‡ู… ! ูู…ู† ูŠุดุฑุจ ( ูˆูŠุนุจ ) ุฃูŠ ูŠู…ู„ุฃ ุจุทู†ู‡ ู…ู†ู‡ ูˆู‚ุช ุงู„ุญุฌ ูˆุงู„ุนู…ุฑุฉ ، ู„ุงูŠุตูŠุจู‡ ุฃูŠ ุฏุงุก ู…ุญู…ูˆู„ ู…ู† ุงู„ุญุฌูŠุฌ ( ุณุจุญุงู† ุงู„ู„ู‡ ) .

ูˆุงู„ุณุงุฆู„ ุงู„ู‚ู„ูˆูŠ ู‡ูˆ ู…ุตุฏุฑ ุฏูุงุน ุนู† ุงู„ููŠุฑูˆุณุงุช ูˆู…ู‚ูˆูŠ ู„ู„ุฌุณู… !!
( ุณุจุญุงู† ุงู„ู„ู‡ )

ูˆุฃุฎูŠุฑุงً ุนุฑูู†ุง ู…ุนู†ู‰ ุงู„ุชุถู„ุน ุจู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ..                    
ุงู„ูƒุซูŠุฑ ู…ู†ุง ู„ุงูŠุนุฑู ุงู„ุชุถู„ุน ุจู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ุจู†ูŠุฉ ุงู„ุดูุงุก ..
ูŠู†ุจุบูŠ ุงู„ู…ุนุฏุฉ ุชูƒูˆู† ูุงุถูŠุฉ ุฌุฏุงً ูˆูŠุงู„ูŠุช ูŠูƒูˆู† ุตุงูŠู…  ุฃูุถู„ ..
ุซู… ูŠุดุฑุจ ูƒุฃุณ ุฃุนุฏุงุฏ ูุฑุฏูŠุฉ 3 ุฃูƒูˆุงุจ ุฃูˆ - 5 -7 -9 -11-
ุญุชู‰ ูŠู…ุชู„ุฆ ุจุทู†ู‡
ุจุนุฏ ูุชุฑู‡ ูŠู„ุงุญุธ:
ุงู„ุจูˆู„ ← ูŠุชุบูŠุฑ ู„ูˆู†ู‡ .
ูˆุฌุณู…ู‡ ← ุจุฏุฃ ุจู‡ ู†ู‚ุท ุฃู„ูˆุงู† ุฎููŠูุฉ ูˆู‡ูƒุฐุง ..
ู…ุฑุฉ .. ูˆู…ุฑุชูŠู† .. ูˆุซู„ุงุซ ุญุชู‰ ูŠุดูู‰ ุจู…ุดูŠุฆุฉ ุงู„ู„ู‡ ..

ู‡ู„ ู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ุชุถู„ุน ุจู…ุงุก ุฒู…ุฒู… ؟؟؟

๐Ÿ–‹️Jawaban Syaik kamiThariq Al-Ba'dany hafidzahullah ;

[29/12 16:13] ุงู„ุดูŠุฎ ุทุงุฑู‚ : ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
ู†ุนู… ู…ุงุกุฒู…ุฒู… ูŠุนุฏ ู…ู† ุงู„ู‚ู„ูˆูŠุงุช ุงู„ุชูŠ ุชู‚ุชู„ ุงู„ููŠุฑูˆุณุงุช
ูˆู†ุนู… ุญุซ ุงู„ุดุงุฑุน ุฃู† ู†ุชุถู„ุน ู…ู†ู‡ ูˆุงู„ุญูƒู… ูŠุดู…ู„ ู…ู† ูƒุงู† ุดุงุฑุจุง ู„ู‡ ููŠ ู…ูƒุฉ ุงูˆ ููŠ ุบูŠุฑู‡ุง

Wa Alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh.

Iya ( pemberitahuan itu benar).  Air zamzam terhitung dari cairan bersifat basa yang membunuh virus virus.

Dan iya (itu benar makna at-tadhallu') di mana syariat mendorong minum air zamzam dengan at-tadhallu' ( memperbanyak saat meminumnya hingga memenuhi lambungnya dan rongga-rongga tulang rusuknya ) dan hukum ini mencakup siapa yang meminumnya dengan niat untuk apa yang diinginkan di Makkah atau selain Makkah.

๐Ÿ“š Selesai penukilan

Abu Hanan as_suhaily.

21 Jumadil Tsani 1444 -14/1/2023



╭─┅─═เฆŠเฆŠเฆˆ═─┅─╮ 
       SEBARKANLAH 
       ENGKAU AKAN 
       MENDAPATKAN 
           PAHALANYA 
╰─┅─═เฆŠเฆŠเฆˆ═─┅─╯ 

 ๐Ÿ…น๐Ÿ…พ๐Ÿ…ธ๐Ÿ…ฝ ๐Ÿ…ฒ๐Ÿ…ท๐Ÿ…ฐ๐Ÿ…ฝ๐Ÿ…ฝ๐Ÿ…ด๐Ÿ…ป ๐Ÿ†ƒ๐Ÿ…ด๐Ÿ…ป๐Ÿ…ด๐Ÿ…ถ๐Ÿ†๐Ÿ…ฐ๐Ÿ…ผ 
๐Ÿ“ก https://t.me/fawaaidassunnah

Web : https://bit.ly/Fawaaidassunnah 

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...