FAKTA UNTUK ORANG BERAKAL

FAKTA UNTUK ORANG BERAKAL

Allōh ta'ala berfirman (yang artinya), “ Apabila kamu mengikuti kebanyakan manusia yang ada di atas muka bumi ini niscaya akan menyesatkanmu dari jalan Allōh.” (Qs. Al-An'am: 116).

Ibnu Katsir rahimahullōh berkata, “Allōh ta'ala mengabarkan tentang keadaan mayoritas penduduk bumi dari kalangan bani Adam bahwasanya -mereka itu- tersesat...” ( Tafsir al-Qur'an al-'Azhim [3/233]).

Syaikh as-Sa'di rahimahullōh berkata, “Ayat ini menunjukkan kebenaran tidak didasarkan pada banyaknya jumlah orang yang mengikutinya atau sedikitnya orang yang menempuh suatu jalan dalam perkara apa pun dijadikan pedoman untuk mengatakan bahwa ia tidak berada di atas kebenaran. Akan tetapi realita justru menunjukkan sebaliknya, sesungguhnya orang yang berada di atas kebenaran itu adalah orang-orang yang paling sedikit jumlahnya namun mereka adalah orang-orang yang paling mulia di sisi Allōh, dalam hal kedudukan maupun pahala...” ( Taisir al-Karim ar-Rohman, hal. 270)

Rosulullōh shallallōhu 'alayhi wasallam bersabda, "..
Telah ditampakkan padaku semua umat. Aku melihat seorang nabi yang hanya memiliki beberapa pengikut (3 sampai 9 orang). Ada juga nabi hanya memiliki satu atau dua orang pengikut saja.. (Muttafaq' alayh)

Nampaklah.. bahkan ada Nabi yang pengikutnya sedikit. Ini menunjukkan bahwa tidak selamanya jumlah pengikut yang banyak menunjukkan atas kebenaran. Yang jadi patokan kebenaran bukanlah jumlah, namun diilihat dari pedoman mengikuti Al Qur’an dan Sunnah, siapa pun dia dan di mana pun dia berada.

Follow ISNAD on TELEGRAM :arrow_heading_down:
bit.do/isnadnet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

_*NASEHAT UNTUK SEKIRANYA TIDAK MEMONDOKKAN ANAK SEBELUM MENCAPAI BALIGH*_

_*Telah Di Periksa Oleh Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Bin Soekojo Al Indonesiy حفظه الله تعالى*_                بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَن...