Laa hijrota ba'da tsalas : tidak ada hjr setelah tiga hari ,rowahu muslim nomor hadits 2562

Muroja'ah dari Rekaman audio majlis ilmu ahlussunnah di Markiz Kaliwungu kecamatan Mandiraja kabupaten Banjarnegara propinsi Jawa Tengah

 

๐ŸŽ™ Bersama Ustadz Abu Hamam Yasiruddin -hafidzhohulloh-

 

Di antara isi ta'lim nya :

[๐Ÿ“•๐Ÿ“ฒ Laa hijrota ba'da tsalas : tidak ada hjr setelah tiga hari ,rowahu muslim nomor  hadits 2562.

๐Ÿ–Faidah hadits:

๐Ÿ–Š hukum asal menghjr seorang muslim adalah haram,karena dalam hadits lain di sebutkan

๐Ÿ–Laa yahillu.......: tidak halal menghajr seorang muslim lebih dari tiga hari

๐Ÿ–Š] dibolehkan untuk menghajr saudara nya tidak lebih dari tiga hari,[Untuk melampiaskan kemarahan pada diri nya

[๐Ÿ“—Larangan menghajr saudara nya di atas tiga hari,tahrim harom,misal nya sama teman nya terjadi perselisihan boleh menghajr 3 hari lebih dari itu harom

๐Ÿ“•[Kisah sahabat yang di hajr yaitu ka'ab bin malik.....

[๐Ÿ–Orang yang menentang allooh dan rosul nya di boleh kan di hajr sampai bertobat

[๐Ÿ“•Di hajr sampai 50 hari hampir dua bulan,tidak di ajak bicara tidak di salami,salam tidak di jawab yang terjadi pada sahabat ka'ab bin malik

[ ๐Ÿ“—Apa yang menjadikan sebab di hajr sahabat ka'ab bin malik dan dua sahabat yang lain karena mereka tertinggal dari perang tabuk dan tidak punya udzur,rosul menghajr mereka bertiga, sampai akhir nya 40 hari istri ka'ab pun di perintahkan di suruh berpisah bukan cerai tapi jangan bersama dulu,biar hidup sendirian,ka'ab bin malik berkata ke istri nya 'pulanglah kamu ke keluarga mu,hari 40 sampai ke 50 nya begitu sangat dahsyat luar biasa hajr nya ,sampai allooh menerima taubat mereka ,karena mereka orang yang jujur,setelah itu baru selesai hajr nya

[: ๐Ÿ“•Dari pelajaran tersebut diambil istimbat ,boleh nya menghajr sampai bertobat

[๐Ÿ“˜ Faidah berikut nya hendak lah ia melihat maslahah dan mafsadat,Dan melihat kekuatan,pengaruh yang menghajr dan di hajr,Perhatikan ini masalah penting

[๐Ÿ“—Ketika di mekah siapa orang nya yang di hajr oleh rosul ketika berda'wah selama 13 tahun baik orang muslim atau kafir,pertanyaan yang membutuhkan jawaban,jawaban nya tidak ada yang di hajr,padahal ada kafiriin,musyrikin,paman nya abu tholib tapi rosul tidak menghajr nya bahkan di da'wahi,di da'wahi,.....

๐Ÿ“•[Jadi selama di mekkah tidak ada yang di hajr, Baru terjadi hajr ketika di madinah

[๐Ÿ“—Berapa kali rosul menghajr sahabat,Hanya satu kali

๐Ÿ“•Terkadang pemahaman orang jaman sekarang ini tidak benar,Bentar,bentar hajr.bentar,bentar hajr,kalau menghajr terus siapa yang kita da'wahi, Kamu da'i kamu adalah yang berda'wah kepada manusia, Kalau kamu menghajr, ya udah kamu pergi ke gunung sendirian

 ๐Ÿ“—Kadang orang tidak faham masalah hajr

๐Ÿ“˜ Kenapa kamu tidak menghajr bapak mu

Ibu mu,kakak mu ,hiduplah kamu sebatang kara

[๐Ÿ“•Kamu masih hidup dengan masyarakat,kamu masih jual beli dengan cina ,gimana itu?

๐Ÿ“• Hajr akan tetapi di fahami dengan hawa

[๐Ÿ“•Hajr itu tidak wajib pada segala sesuatu tapi melihat maslahah dan mafsadat

๐Ÿ“˜Kita orang sedikit,kalau kita punya prinsip 'orang yang tidak seperti kita, kita hajr,berarti kita tidak bisa beli motor juga,yang menjual motor,orang2 nya kafir,orang2 pada ngga betul, Beli beras saja susah,pedagang beras nya terkadang nakal,Kamu jualan roti,kamu bilang yang tidak sholat tidak boleh beli roti ke kamu, gimana itu?

๐Ÿ“˜Jadi pemahaman hajr harus di pahami betul2,Contoh nya ahlu sunnah sudah 80%,kamu bisa hajr orang,akhir nya yang di hajr bertobat,Misal nya kamu di kampung cuman 10 orang ,yah tambah mudhorot pada kamu bila menghajr orang sekampung malah kamu tidak bisa menyampaikan al- haq,dan tidak bisa berda'wah dan sebagai nya

๐Ÿ“—Oleh karena itu rosul tidak menghajr selama di mekah, Bahkan berda'wah

๐Ÿ“•Di madinah terjadi hajr dan hajr nya bermanfaat,Kenapa karena yang di hajr bertobat pada allooh dan jujur

๐Ÿ“—Abdullooh bin ubaid (pimpinan orang munafik) 'innal munaafiqiina fii dar qil asfari minannaar, berapa hari di hajr rosul?tapi rosul tidak menghajr nya

๐Ÿ“•Orang2 munafiqin membuat mesjid ghiror,yang mana mereka berkeinginan membunuh rosul di mesjid itu

๐Ÿ“—Kalau menghajr abdulllooh bin ubed bin salul bisa menghasilkan mafsadah,dia punya pasukan yang besar,dia pemuka qobilah punya masyarakat,punya simpatisan yang banyak,punya ta'ashub yang banyak dari kaum nya jadi akan menghasilkan mafsadah,walloohu 'alam,Bisa2 madinah menjadi pertumpahan darah,Maslahah nya tidak di hajr,akan tetapi mu'amalah2 biasa

๐Ÿ“˜Jadi ngga sembarangan hajr,hajr,hajr,hajr,di whatsaap hajr,hajr ,orang itu harus teliti apa manfaat nya,apa mudhorot nya

๐Ÿ“•Yang menghajr tumbang ,ya tidak ada manfaat nya

๐Ÿ“—Masalah hajr perkara yang sempit,bukan perkara yang luas

 ๐Ÿ“˜Banyak nya masalah hajr akan tetapi tidak paham tentang hajr

๐Ÿ“• Masalah hajr butuh pertimbangan

๐Ÿ–ŠSubhaanakalloohumma wabihamdika asyhadu ala ilaa ha ilaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaiik

Abu Hanif Sofyan Al Batami: 

Na'am itu penjelasan dari Ustadz Abu Hammam jangan sampai di salah pahami bagi ikhwah yang belum paham karena adahal yang butuh di tanyakan masalah hajr،yang jadi persoalan bagaimana batasan dalam menghajr dan yang bagaimana keadaan orang yang pantas untuk di hajr karena kita juga perlu penjelasan yang lebih detail bagaimana menerapkan hajr yang benar karena kalau belum paham kuatir nya kita salah penerapan،misal nya orang hizbi yang bagaimana yang harus di hajr karena kwatir niat untuk mendakwahi orang hizbi akhir nya bergaul dengan mereka sedangkan dia tidak punya ilmu yang cukup dalam dalam menghadapi subhat ahlul bid'ah akhir nya dia terkena subhat dan ikut pemahaman ahlul bid'ah tersebut jadi kita perlu penjelasan dari Ustadz tentang apa saja batasan dalam hajr dan bagaimana orang yang pantas di hajr dan yang tidak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...