apakah da'i2nya rodja' termasuk salafi atau tidak ?

TANYA :

Bismillah. Afwan ustadz, ada yg bertanya apakah da'i2nya  rodja' termasuk  salafi atau tidak ? 

Hujjahnya apa ya, kok mereka mengaku salafi..? 

Pernah ana dengar beberapa kajiannya sama dengan asatidz disini. Afwan ana masih jahil.

Bagaimana kita menanggapi pertanyaan yg demikian ustadz? 

Jazaakallohu khoiron ustadz.

 

JAWAB :

Bismillaah...

Na'am... Mereka bukan salafy melainkan mereka adalah para da'i dunia... Walaupun mereka mengaku dirinya adalah salafy... Karena Sekedar pengakuan tidak mengubah kenyataan... Sekarang jika kita perhatikan... Banyak para hizbiyyiin selain RODJA dkk mengaku ahli sunnah wal jama'ah... Seperti : IM (Ikhwanul Muslimin ; PKS kalo di Indonesia -edt) (mengaku salafiyyuun), SYUFIYYIIIN (mengaku ASWAJA) Dsm.. Namun pengakuan mereka tidaklah mengubah kenyataan, karena kenyataannya amalan mereka jauh dari pada amalan ahli sunnah wal jama'ah.

 

- masalah JARH WA TA'DIL (Celaan dan pujian -edt) menggunakan kaidah: MUWAAZANAH (menimbang-nimbang) kebaikan hizbiyyiin atau ahli bida' dalam artian menurut mereka "jika kita mentahdzir/menyebutkan kejelekan ahli bida' wa dholaal kita juga harus menyebutkan kebaikan mereka, karena mereka juga memiliki kebaikan"....

 

๐Ÿ‘‰๐Ÿฝadapun ahli sunnah di dalam mentahdzir (memperingatkan) kaum muslimin dari kesesatan ahli bida' cukup menyebutkan kejelekan dan bahayanya mereka tanpa harus menyebutkan kebaikan mereka.

 

- masalah METODE DALAM BERDAKWAH mereka bermudah mudahan dalam membolehkan semua sarana dakwah yang penting menghasilkan mashlahat yg besar (menurut mereka) sehingga tidak asing lagi jika mereka membolehkan TV, VIDEO makhluk bernyawa, YAYASAN, TASAWWUL, PROPOSAL dsm.

 

๐Ÿ‘‰๐Ÿฝadapun ahli sunnah wal jama'ah mereka menempuh metode para salaf di dalam berdakwah tanpa adanya TAKALLUF, TASAWWUL, YAYASAN dsm.

 

- masalah MENGAMBIL ILMU mereka tidak pandang atau tidak pilih pilih pengajarnya, asalkan yg di ajarkan adalah SUNNAH maka boleh kita bermajlis dg mereka walaupun yg mengajar adalah para hizbiyyiin dsm.

 

๐Ÿ‘‰๐ŸฝAdapun ahli sunnah wal jama'ah mereka memilih pengajar di dalam mengambil ilmu yaitu pengajar yg kokoh tegak di atas Alquran dan sunnah dg pemahaman salaful ummah baik ucapannya ataupun amalannya.

 

- masalah PAKAIAN WANITA MUSLIMAH mereka bermudah mudahan di dalam membolehkan segala fariasi, seperti : cadar buterr fly (model kupu kupu) dsm... Berhijab /bercadar warna warni.. Jadi jangan heran jika wanita (akhwat) mereka memakai cadar /hijab dg warna yg menarik..

 

๐Ÿ‘‰๐Ÿฝadapun kita Ahli sunnah wal jama'ah tidak demikian... Bahkan kita memilih warna pakaian luar /cadar /hijab untuk para wanita kita WARNA yg tidak menimbulkan fitnah (warna gelap) seperti : hitam, coklat tua , biru tua dsm.

 

- masalah MU'AAMALAH jual beli sebagian mereka bermudah mudahan membuka rekening bank dan bahkan menyimpan uang di bank.

 

๐Ÿ‘‰๐Ÿฝadapun ahli sunnah mereka berusaha semaksimal mungkin untuk tidak masuk atau ikut campur dalam perkara yang di dalamnya ada unsur riba.

 

๐Ÿ‘†๐Ÿฝ๐Ÿ‘†๐Ÿฝ๐Ÿ‘†๐Ÿฝ

Mungkin ini yang bisa ana sampaikan secara ringkasnya semoga bermanfaat bagi kita semuanya.....

 

Allohul musta'aann. Wallohu a'lam.

 

๐ŸผDijawab oleh :

๐Ÿ’ŽUst Abu Zakariya Harits Al Jabaliy Jogja –hafidzhohulloh–


Join Telegram: https://t.me/fawaaidassunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

_*NASEHAT UNTUK SEKIRANYA TIDAK MEMONDOKKAN ANAK SEBELUM MENCAPAI BALIGH*_

_*Telah Di Periksa Oleh Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Bin Soekojo Al Indonesiy ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰*_                ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†...