💻 Jual Beli OnLine 💻

Fatwa Asy Syaikh Al Faqih Muhammad bin Hizam:

بسم اللــــه الرحمـــــــــن الرحيم

 

💻 Jual Beli OnLine 💻

 

📩 الســـــؤال :-

 

يقول السائل: في هذه الأيام أصبح كثير من الناس يتبايعون عبر الإنترنت فيدفع على السلعة مقدماً عبر الكروت البنكية ثم تباع له السلعة أو تصل إليه بعد يوم أو يومين من شرائها، هل هذا البيع جائز ؟

Pertanyaan ::

 

Si penanya berkata : pada hari hari ini banyak dari kalangan manusia melakukam jual beli melalui internet, pembeli memberikan uang/membayar terlebih dahulu untuk barang yang akan dia beli melalui perantara bank, kemudian barang tersebut baru di jual kepadanya (si pembeli) atau barang tersebut akan sampai kepada si pembeli (melalui pengiriman) setelah satu hari atau dua hari mulai dari pembelian , apakah jual beli ini di perbolehkan ?

 

📝 الإجـــــــــابة :-

 

إذا كانت هذه السلعة معلومة مضمونة معلومة بأوصافها _ قد وصفت وصفاً دقيقاً يعلمها على حالها التي سيستلمها ومع تحديد أجل الٱستلام فلابأس أن يقدم المال عبر هذه الشركات وعبر البنوك وبعدها تأتي السلعة على الوصف الذي طلبه - هذا البيع جائز .

 

Jawaban ::

 

Apa bila barang yang dijual tersebut telah diketahui, terjamin dan diketahui sifat2nya, dalam artian barang tadi telah di sebutkan sifat  sifat nya secara terperinci / detail sehingga pembelipun mengetahui keadaan barang secara pasti dan terperinci yg disertai dengan penentuan waktu penerimaanya , maka tidak mengapa si pembeli untuk memberikan uangnya /membayar terlebih dahulu melalui bisnis ini dan melalui bank, kemudian setelah itu penjual mendatangkan barang sesuai sifat yang diinginkan pembeli, maka jual beli seperti ini di perbolehkan.

_____________________

Selesai

 

Diterjemah oleh :

    Admin Chanel 

 

🔍 Dikoreksi Oleh ::

   Al Ustadz Abu Zakariyya Harits Al Jabaly جزاه الله خيرا

 


Join Telegram: https://t.me/fawaaidassunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

_*NASEHAT UNTUK SEKIRANYA TIDAK MEMONDOKKAN ANAK SEBELUM MENCAPAI BALIGH*_

_*Telah Di Periksa Oleh Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Bin Soekojo Al Indonesiy حفظه الله تعالى*_                بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَن...