๐Ÿƒ Di mana seorang istri berdiri dalam shaf tatkala sholat bersama dengan suaminya??

 ๐Ÿƒ Di mana seorang istri berdiri dalam shaf tatkala sholat bersama dengan suaminya??


๐Ÿ“™Soal 

Assalaamu 'alaykum warohmatullaah wa baarokaatuh

 Kalu suami meng imami istrinya posisi wanita sejajar dengan imam atau tidak jika mereka berdua. Dari Bahrul tanjung pinang ..


┈┉┅━❀๐Ÿƒ๐ŸŒน๐Ÿƒ❀━┅┉┈



Ada dua pendapat ulama 


1️⃣ Berdiri di samping suaminya , dan ini yang dikuatkan oleh Syaikh Sholih Al Fauzan hafdzahullooh 


๐Ÿ–Šberkata asy_syaukh Sholih Al Fauzan hafdzahullooh :


 ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุฒูˆุฌุชู‡ ุชุตู„ูŠ ู…ุนู‡ ุจุญุฐุงุฆู‡ ู…ุง ููŠ ู…ุญุฐูˆุฑ، ุฅู†ู…ุง ู‡ุฐุง ุฅุฐุง ุตู„ุช ู…ุนู‡ ุฅู…ุฑุฃุฉ ุฃุฌู†ุจูŠุฉ ู„ูŠุณุช ู…ู† ู…ุญุงุฑู…ู‡ ุชูƒูˆู† ุฎู„ูู‡



Seorang wanita istrinya sholat bersama suaminya, maka ia  sejajar dengannya, ini tidak ada bahaya didalamnya(karena mahramnya). Dan adapun jika perempuan asing bukan dari mahramnya, maka dibelakang imam .  (Audio syaihk Sholih Al Fauzan).


2️⃣ Berdiri  dibelakang imam , berdalilkan dengan hadits anas bin Malik


ْ ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุตَู„َّู‰ ุจِู‡ِ ูˆَุจِุฃُู…ِّู‡ِ ุฃَูˆْ ุฎَุงู„َุชِู‡ِ ู‚َุงู„َ ูَุฃَู‚َุงู…َู†ِูŠ ุนَู†ْ ูŠَู…ِูŠู†ِู‡ِ ูˆَุฃَู‚َุงู…َ ุงู„ْู…َุฑْุฃَุฉَ ุฎَู„ْูَู†َุง ) ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… 


Bahwa Rasulullah sholat dengan Anas, ibunya, atau bibinya , maka Anas berkata : maka Rasulullah mendirikanku di samping kanan, dan mendirikan perempuan dibelakang kami (HR Muslim).


Hadits Anas rodhialloohu ;


 ุนู†ุฏู…ุง ุตู„ู‰ ุจู‡ ุงู„ู†ุจูŠ  ูุตู ุฃู†ุณ ูˆุงู„ูŠุชูŠู… ูˆุฑุงุก ุงู„ู†ุจูŠ  ูˆุตูุช ุฌุฏุชู‡ ุฎู„ูู‡ู… ู„ูˆุญุฏู‡ุง , ูˆุงู„ุญุฏูŠุซ ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡ .


Ketika nabi sholat dengannya , maka Anas dan anak yatim berdiri di belakang nabi dan kakeknya berdiri dibelakang shaf sendiri (muttafaqun 'alaihi).



Dan pendapat inilah yang dikuatkan oleh para ulama 



๐Ÿ–Šberkata imam Al kasaany Rohimahullooh 


ุฅุฐุง ูƒุงู† ู…ุน ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู…ุฑุฃุฉ ุฃู‚ุงู…ู‡ุง ุฎู„ูู‡ .


Jika bersama dengan seorang wanita, maka ia mendirikannya di belakang shaf.


๐Ÿ–Šberkata Ibnu Rusyd Rohimahullooh 


ูˆู„ุง ุฎู„ุงู ููŠ ุฃู† ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุงู„ูˆุงุญุฏุฉ ุชุตู„ูŠ ุฎู„ู ุงู„ุฅู…ุงู… ูˆุฃู†ู‡ุง ุฅุฐุง ูƒุงู†ุช ู…ุน ุงู„ุฑุฌู„ ุตู„ู‰ ุงู„ุฑุฌู„ ุฅู„ู‰ ุฌุงู†ุจ ุงู„ุฅู…ุงู… ูˆุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุฎู„ูู‡ .


Tidak ada perbedaan pada seorang wanita yang seorang diri, itu sholat dibelakang imam, dan wanita tersebut bersama seorang lelaki ,sholat bersama seorang imam , maka lelaki tersebut berdiri disampingnya imam, dan wanita dibelakang imam 


๐Ÿ“š Ahkaamu Al imamah wal i'timam.hal 319_ 320.


 

 

๐Ÿ–Š ูˆู†ู‚ู„ ุงุจุชูุงู‚ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุชุตู„ูŠ ุฎู„ู ุงู„ุฑุฌู„ ูˆู„ูˆ ูƒุงู†ุช ู„ูˆุญุฏู‡ุง .

ุฃู…ุง ุงุตุทูุงูู‡ุง ุนู† ูŠู…ูŠู† ุฒูˆุฌู‡ุง ููŠุตุญ  ูˆู†ุต ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ


Dan syaikhul Islam

 menukil kesepakatan ulama bahwa seorang wanita sholat dibelakang seorang lelaki , walaupun wanita itu sendiri.


 Adapun menjadikan shaf wanita di samping kanan suaminya, maka sah sholatnya, dan ulama telah menyatakan akan hal itu .


๐Ÿ“š lihat dalam Al iq'na dan Al_ Muntaha 


Dan yang lebih utama  adalah seorang istri berdiri  di belakang shaf.


Dan pendapat ini juga yang dikuatkan oleh asy Syaikh Al allaamah muqbil Al wadi'i Rohimahullooh 

๐Ÿ“šlihat ijaabatus Saul hal 64.


๐Ÿ–ŠDan juga asy Syaikh Al Utsaimin Rohimahullooh , beliau berkata 


ุงู„ู…ู‡ู… ุฃู† ู…ูˆู‚ู ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ู…ุน ุงู„ุฑุฌุงู„ ุฎู„ูู‡ู…، ุณูˆุงุก ู…ู† ู…ุญุงุฑู…ู‡ุง ุฃูˆ ู…ู† ุบูŠุฑ ู…ุญุงุฑู…ู‡ุง. .. ูˆุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ุฅุฐุง ุตู„ู‰ ุงู„ุฑุฌู„ ุฅู…ุงู…ุงً ุจุฒูˆุฌุชู‡ ูุฅู†ู‡ุง ุชู‚ู ุฎู„ูู‡.



Yang terpenting bahwa tempat berdiri seorang wanita bersama dengan kaum lelaki adalah dibelakang mereka, sama saja kaum lelaki tersebut dari mahramnya atau bukan mahramnya...atas dasar inilah ,jika seorang lelaki sebagai imam sholat bersama istrinya, maka ia berdiri di belakang suaminya.


๐Ÿ“šsumber ๐Ÿ‘‡๐Ÿผ

 ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ ู…ุฌู…ูˆุน ูุชุงูˆู‰ ูˆุฑุณุงุฆู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุตุงู„ุญ ุงู„ุนุซูŠู…ูŠู† ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ - ุงู„ู…ุฌู„ุฏ ุงู„ุฎุงู…ุณ ุนุดุฑ - ุจุงุจ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฌู…ุงุนุฉ. ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุตุงู„ุญ




ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู… ุจุงู„ุตูˆุงุจ 


Abu Hanan As-Suhaily .


18 Safar 1440 _ 27 Oktober 2018.


‎๐ŸŒพ *ู…ู† ู…ุฌู…ูˆุนุฉ ู†ุตูŠุญุฉ ู„ู„ู†ุณุงุก* ๐ŸŒพ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

_*NASEHAT UNTUK SEKIRANYA TIDAK MEMONDOKKAN ANAK SEBELUM MENCAPAI BALIGH*_

_*Telah Di Periksa Oleh Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Bin Soekojo Al Indonesiy ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰*_                ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†...