Sikap Perwira Seorang Mukmin

 SIKAP PERWIRA SEORANG MUKMIN

( adalah Rujuk dari kesalahan menuju Kebenaran yang datang kepadanya )


Al Qadhi Ubaidullah Bin Hasan Al ‘Anbariy رحمه الله saat diberitahu akan kesalahan beliau, beliau rujuk dengan jujur. Al Imam Abdurrahman Bin Mahdiy رحمه الله bercerita tentang kejadian itu:


... فَأَطْرَقَ سَاعَةً ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ: إِذاً أَرْجِعُ وَأَنَا صَاغِرٌ، إِذاً أَرْجِعُ وَأَنَا صَاغِرٌ. لَأَنْ أَكُوْنَ ذَنَباً فِي اْلحَقِّ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَكُوْنَ رَأْساً فِي الْبَاطِلِ.


“... Lalu beliau (Ubaidullah Bin Hasan) menundukkan kepalanya sesaat, kemudian beliau mengangkat kepala beliau seraya berkata: “Jika demikian, saya rujuk, dan saya hina. Jika demikian, saya rujuk, dan saya hina. Sungguh saya menjadi ekor dalam kebenaran itu lebih saya sukai daripada saya menjadi pemimpin dalam kebatilan”. (“Tarikh Baghdad” (10/hal. 308), “Tahdzibul Kamal” (19/hal. 25), dan “Tahdzibut Tahdzib” (7/hal. 7)).

 

Al Imam Asy Syathibiy رحمه الله berkata tentang ketergelinciran yang pernah dialami oleh Al Qadhiy Ubaidullah Ibnul Hasan: “Kalaupun tuduhan tadi memang jelas terjadi pada beliau, maka hal itu adalah ketergelinciran dari seorang yang alim, dan beliau telah rujuk dari kekeliruan tadi dengan cara rujuknya tokoh-tokoh utama kepada kebenaran”. (“Al I’tisham”/hal. 113).


Syaikhul Islam رحمه الله berkata: “Maka senantiasa seorang hamba yang mukmin itu selalu menjadi jelaslah baginya kebenaran yang sebelumnya tidak diketahuinya, dan rujuk dari amalan yang dulu dia zholim di dalamnya.” (“Majmu’ul Fatawa”/3/hal. 348).

-------------------------


( "Hukum Gambar dan Sikap Yang Benar terhadap Perselisihan Para Pakar" | Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Qudsiy Al Jawiy )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

_*NASEHAT UNTUK SEKIRANYA TIDAK MEMONDOKKAN ANAK SEBELUM MENCAPAI BALIGH*_

_*Telah Di Periksa Oleh Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Bin Soekojo Al Indonesiy حفظه الله تعالى*_                بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَن...