Apt. C Hidayat Abu Abdirrahman:
afwan ustadz ada pertanyaan dan syubhat dr kalangan sururiyun berikut ini... mohon jawabannya dan bantahannya jk memang salah...pang tny d group ikhwan
Umar Radhiyallahu ‘anhu mengidzinkan istri-istri nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan hajinya yang terakhir serta mengutus Utsman bin Affan dan Abdurrahman bin Auf Radhiyallahu ‘anhuma menemani mereka. Hadits tersebut dikeluarkan oleh Imam Bukhari. [Fathul Baari IV/72]
Bahkan imam syafi'i mempernolehkan haji bagi wanita tnpa mahrom asalkan brsma rmbongan yg dykini aman dr fitnah
[15/10 10:26] Shiddiq bin Muhammad:
Ini adalah pendapat yg lemah karena bertentangan dengan dalil
dan pendapat yang rajih adalah haramnya bagi wanita utk safar tanpa mahram dan ini pendapat Imam Ahmad dan salah satu ucapan As Syafi'i Ats Tsaury dan selainnya
Dalilnya adalah hadits ibnu 'Abbas muttafaqun alaih bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
dan pendapat yang rajih adalah haramnya bagi wanita utk safar tanpa mahram dan ini pendapat Imam Ahmad dan salah satu ucapan As Syafi'i Ats Tsaury dan selainnya
Dalilnya adalah hadits ibnu 'Abbas muttafaqun alaih bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلَّا وَمَعَهَا ذُو مَحْرَمٍ وَلَا تُسَافِرْ الْمَرْأَةُ إِلَّا مَعَ ذِي مَحْرَمٍ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ امْرَأَتِي خَرَجَتْ حَاجَّةً وَإِنِّي اكْتُتِبْتُ فِي غَزْوَةِ كَذَا
وَكَذَا قَالَ انْطَلِقْ فَحُجَّ مَعَ امْرَأَتِكَ
Jangan sekali2 seorang laki2 berkhalwat dgn perempuan kecuali bersamax mahramnya, dan tidak boleh seorang wanita safar kcl dgn mahramx kemudian salah seorang laki2 bangkit seraya berkata: wahai Rasulullah sesungguhnya istriku hendak berhaji sementara saya dapat tugas perang di demikian dan demikian, maka Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
"berangkatlah engkau berhaji bersama istrimu".
Dan atsar umar yg disebutkan, tdk sharih bhw mereka berhaji tanpa mahramnya, ada kemungkinan mereka bersama mahramnya, dan umar mengutus Utsman bin Affan dan Abdurrahman bin 'Auf menyertai mereka berupa bentuk penghormatan kpd istri2 Nabi shallallahu alaihi wa sallam
Dan amat jauh kemungkinan bahwa tdk bersama mereka mahramnya bersamaan dgn banyaknya yg berangkat haji dr madinah baik itu saudara laki2 keponakan paman kakek saudara sesusu
Ini salah satu jawaban ulama akan atsar tsb
Dan pendapat ini yg dikuatkan Syaikh bin Baz Syaikh Al Utsaimin Syaikh Muqbil dan selain mereka rahmatullahi alaihim
Syaikh bin Baz ditanya
Dan atsar umar yg disebutkan, tdk sharih bhw mereka berhaji tanpa mahramnya, ada kemungkinan mereka bersama mahramnya, dan umar mengutus Utsman bin Affan dan Abdurrahman bin 'Auf menyertai mereka berupa bentuk penghormatan kpd istri2 Nabi shallallahu alaihi wa sallam
Dan amat jauh kemungkinan bahwa tdk bersama mereka mahramnya bersamaan dgn banyaknya yg berangkat haji dr madinah baik itu saudara laki2 keponakan paman kakek saudara sesusu
Ini salah satu jawaban ulama akan atsar tsb
Dan pendapat ini yg dikuatkan Syaikh bin Baz Syaikh Al Utsaimin Syaikh Muqbil dan selain mereka rahmatullahi alaihim
Syaikh bin Baz ditanya
ﻳﻘﻮﻟﻮﻥ ﺇﻥ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﺣﺠﺖ ﻣﻊ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﺪﻭﻥ ﻣﺤﺮﻡ ؟
Mereka katakan: Aisyah rhadiyallahu anha berhaji bersama Utsman tanpa mahram?
ﻓﺄﺟﺎﺏ :
ﻓﺄﺟﺎﺏ :
Maka beliau menjawab
:
" ﻫﺬﺍ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻰ ﺩﻟﻴﻞ ، ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ : ﺣﺠﺖ ﺑﺪﻭﻥ ﻣﺤﺮﻡ ﺑﻐﻴﺮ ﺩﻟﻴﻞ ، ﻻ ﺑﺪ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻌﻬﺎ ﻣﺤﺮﻡ ، ﻓﻌﻨﺪﻫﺎ ﺃﺑﻨﺎﺀ ﺃﺧﻴﻬﺎ ، ﻋﻨﺪﻫﺎ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺃﺧﻮﻫﺎ ، ﻋﻨﺪﻫﺎ ﺃﺑﻨﺎﺀ ﺃﺧﺘﻬﺎ ﺃﺳﻤﺎﺀ ، ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻘﻮﻝ ﺇﻧﻬﺎ ﺣﺠﺖ ﺑﺪﻭﻥ ﻣﺤﺮﻡ ﻳﻜﻮﻥ ﻗﻮﻟﻪ ﻛﺬﺑﺎً ﺇﻻ ﺑﺪﻟﻴﻞ ،
Ini butuh dalil, tdk boleh dikatakan bahwa beliau berhaji tanpa mahram, pasti ada mahramnya, dia punya kemanakan dari saudara laki2nya dia punya saudara laki2 namanya Abdurrahman, punya kemanakan dr anak2 saudarinya Asma, yang mengatakan bahwa beliau berhaji tanpa mahram maka ucapannya adalah kedustaan kcl dia dtg dengan dalil.
ﺛﻢ ﻟﻮ ﻓﺮﺿﻨﺎ ﺃﻧﻬﺎ ﺣﺠﺖ ﺑﺪﻭﻥ ﻣﺤﺮﻡ ﻓﻬﻲ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﺼﻮﻣﺔ ، ﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﺼﻮﻡ ، ﺍﻟﺤﺠﺔ ﻓﻲ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻟﻪ ، ﻣﺎ ﻫﻮ ﺑﺤﺠﺔ ﻗﻮﻝ ﻓﻼﻥ ﺃﻭ ﻓﻼﻥ ، ﻣﺎ ﺧﺎﻟﻒ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻓﻼ ﺣﺠﺔ ﻓﻴﻪ ، ﺍﻟﺤﺠﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﺍﻟﻤﻄﻬﺮﺓ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ، ﻫﺬﺍ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﻋﻨﺪ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ، ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﺠﻤﻊ ﻋﻠﻴﻪ .
kemudian Aggaplah benar dia berhaji tanpa mahram maka dia tidak makshum (terjaga dari kesalahan), individu setiap sahabat itu tidak makshum, hujjah itu pada firman Allah dan sabda RasulNya, bukanlah hujjah pada ucapan fulan atau fulan, apa yang menyelisihi sunnah maka tiada hujjah padanya, hujjah ada pada sunnah yang suci yang shahih, inilah yang ma'ruf di sisi ahlul ilmi dan inilah yang disepakati atasnya.
ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ : ﺃﺟﻤﻊ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻣﻦ ﺍﺳﺘﺒﺎﻧﺖ ﻟﻪ ﺳﻨﺔ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺪﻋﻬﺎ ﻟﻘﻮﻝ ﺃﺣﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ .
ﻭﻗﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ : ﻣﺎ ﻣﻨَّﺎ ﺇﻻ ﺭﺍﺩ ﻭﻣﺮﺩﻭﺩ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻻ ﺻﺎﺣﺐ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻘﺒﺮ ، ( ﻳﻌﻨﻲ : ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ) .
ﺛﻢ ﻟﻮ ﻓﺮﺿﻨﺎ ﺃﻧﻬﺎ ﺣﺠﺖ ﺑﺪﻭﻥ ﻣﺤﺮﻡ ﻓﻬﻲ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﺼﻮﻣﺔ ، ﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﺼﻮﻡ ، ﺍﻟﺤﺠﺔ ﻓﻲ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻟﻪ ، ﻣﺎ ﻫﻮ ﺑﺤﺠﺔ ﻗﻮﻝ ﻓﻼﻥ ﺃﻭ ﻓﻼﻥ ، ﻣﺎ ﺧﺎﻟﻒ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻓﻼ ﺣﺠﺔ ﻓﻴﻪ ، ﺍﻟﺤﺠﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﺍﻟﻤﻄﻬﺮﺓ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ، ﻫﺬﺍ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﻋﻨﺪ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ، ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﺠﻤﻊ ﻋﻠﻴﻪ .
kemudian Aggaplah benar dia berhaji tanpa mahram maka dia tidak makshum (terjaga dari kesalahan), individu setiap sahabat itu tidak makshum, hujjah itu pada firman Allah dan sabda RasulNya, bukanlah hujjah pada ucapan fulan atau fulan, apa yang menyelisihi sunnah maka tiada hujjah padanya, hujjah ada pada sunnah yang suci yang shahih, inilah yang ma'ruf di sisi ahlul ilmi dan inilah yang disepakati atasnya.
ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ : ﺃﺟﻤﻊ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻣﻦ ﺍﺳﺘﺒﺎﻧﺖ ﻟﻪ ﺳﻨﺔ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺪﻋﻬﺎ ﻟﻘﻮﻝ ﺃﺣﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ .
ﻭﻗﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ : ﻣﺎ ﻣﻨَّﺎ ﺇﻻ ﺭﺍﺩ ﻭﻣﺮﺩﻭﺩ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻻ ﺻﺎﺣﺐ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻘﺒﺮ ، ( ﻳﻌﻨﻲ : ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ) .
Asy Syafi'i rahimahullah berkata:
"Manusia sepakat bahwasanya barangsiapa yang tampak baginya sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam maka tidak layak baginya meninggalkannya disebabkan ucapan salah seorang dari manusia.
Malik rahimahullah berkata:
"Tiada di antara kita melainkan menolak dan ditolak atasnya kecuali penghuni kuburan ini (yaituNabi shallallahu alaihi wa sallam)
ﺍﻟﻤﻘﺼﻮﺩ : ﺃﻥ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻞ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻭﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻫﻮ ﺍﻷﺧﺬ ﺑﺎﻟﺴﻨَّﺔ ، ﻻ ﻳﺠﺐ ﺃﻥ ﺗﻌﺎﺭﺽ ﻟﻘﻮﻝ ﻓﻼﻥ ﺃﻭ ﻓﻼﻥ ﺃﻭ ﻓﻼﻧﺔ ،
Yang dimaksudkan adalah: Merupakan kewajiban bagi ahlul islam dan mukminun utk mengambil sunnah, dan tidak mesti membenturkannya dengan ucapan fulan atau fulan atau fulanah,
ﺛﻢ ﻻ ﻳﻈﻦ ﺑﻌﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﻭﻫﻲ ﺍﻟﻔﻘﻴﻬﺔ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻓﺔ ﺃﻓﻘﻪ ﻧﺴﺎﺀ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ، ﻻ ﻳﻈﻦ ﺑﻬﺎ ﺃﻥ ﺗﺨﺎﻟﻒ ﺍﻟﺴﻨَّﺔ ﻭﺗﺤﺞ ﺑﻐﻴﺮ ﻣﺤﺮﻡ ، ﻭﻫﻲ ﺍﻟﺘﻲ ﺳﻤﻌﺖ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ " ﺍﻧﺘﻬﻰ .
Kemudian jangan disangkakan trhdp Aisyah rhadiyallahu anha sementara dia adalah seorang yang faqih dikenal sebagai wanita yang paling faqih di alam, tidak boleh kita menyangkanya menyelisihi sunnah dan berhaji tanpa mahram, semantaradialah yang mendenga hadits2 dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Selesai.
" ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﺑﻦ ﺑﺎﺯ " ( 25 / 361 ، 362 ) .
Fatawa Asy Syaikh bin Bazz 25/361-362
ﺛﻢ ﻻ ﻳﻈﻦ ﺑﻌﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﻭﻫﻲ ﺍﻟﻔﻘﻴﻬﺔ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻓﺔ ﺃﻓﻘﻪ ﻧﺴﺎﺀ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ، ﻻ ﻳﻈﻦ ﺑﻬﺎ ﺃﻥ ﺗﺨﺎﻟﻒ ﺍﻟﺴﻨَّﺔ ﻭﺗﺤﺞ ﺑﻐﻴﺮ ﻣﺤﺮﻡ ، ﻭﻫﻲ ﺍﻟﺘﻲ ﺳﻤﻌﺖ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ " ﺍﻧﺘﻬﻰ .
Kemudian jangan disangkakan trhdp Aisyah rhadiyallahu anha sementara dia adalah seorang yang faqih dikenal sebagai wanita yang paling faqih di alam, tidak boleh kita menyangkanya menyelisihi sunnah dan berhaji tanpa mahram, semantaradialah yang mendenga hadits2 dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Selesai.
" ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﺑﻦ ﺑﺎﺯ " ( 25 / 361 ، 362 ) .
Fatawa Asy Syaikh bin Bazz 25/361-362
[15/10 10:37] Shiddiq bin Muhammad:
Adapun sururiyyun dan semacam mereka dari rodjaliyyun mereka adalah org2 yg rusak manhajnya dan berpenyakit taqlid
Tidak ada disana pendapat keringanan kcl mereka akan taqlidi
Parahnya lagi apabila disampaikan kepada mereka dalil mereka tidak segan2 menampiknya dengan fatwa ulama yang merupakan ucapan manusia yang bertentangan dgn dalil tapi sesuai dgn hawa nafsu mereka wallahul musta'an
👎🏿Pada masalah gambar bernyawa dan TV
👎🏿Pada masalah pemilu
👎🏿Pada masalah Yayasan
👎🏿Pada masalah ngemis
Dst...
Agama mereka lembek dan rapuh disebabkan mencari2 keringanan dari fatwa ulama dan amat jauh dari tahqiq ilmiy ash shohih...
Tidak ada disana pendapat keringanan kcl mereka akan taqlidi
Parahnya lagi apabila disampaikan kepada mereka dalil mereka tidak segan2 menampiknya dengan fatwa ulama yang merupakan ucapan manusia yang bertentangan dgn dalil tapi sesuai dgn hawa nafsu mereka wallahul musta'an
👎🏿Pada masalah gambar bernyawa dan TV
👎🏿Pada masalah pemilu
👎🏿Pada masalah Yayasan
👎🏿Pada masalah ngemis
Dst...
Agama mereka lembek dan rapuh disebabkan mencari2 keringanan dari fatwa ulama dan amat jauh dari tahqiq ilmiy ash shohih...
wallahul musta'an.
@mrkiztoraut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar