NO TIPU-TIPU

UCAPAN "LAA KHILAABAH" (NO TIPU-TIPU) DALAM MENJUAL.

Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Yusuf telah mengabarkan kepada kami Malik dari 'Abdullah bin Dinar dari 'Abdullah bin 'Umar radhiallâhu 'anhum bahwa ada seorang laki-laki menceritakan kepada Nabi ﷺ bahwa dia tertipu dalam berjual beli. Maka Beliau bersabda: "Jika kamu berjual beli katakanlah "Maaf, namun jangan ada penipuan" .(HR.Bukhari:1974,2230,2237)

Dan telah di riwayatkan dari jalur lain, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far telah menceritakan kepada kami Syu'bah keduanya dari 'Abdullah bin Dinar dengan isnad seperti ini, namun dalam hadits keduanya disebutkan; "Bahwa apabila dia melakukan jual beli, dia mengatakan; "Laa Khilaabah.! Jangan menipu.."(HR. MUSLIM;2826)

dalam riwayat lain dikatakan "Siapapun yang kalian ajak berjual beli, katakanlah, 'Laa Khilaabah' (Awas, Jangan ada unsur TIPU-TIPU, jangan ada unsur penipuan)."

Nafi' berkata; Ibnu 'Umar berkata, "Demi Allôh, saya mendengar setiap kali dia (laki-laki itu) menjual ia berkata, 'LAA KHILAABAH.' Dengan suara yang keras." (HR. Ahmad: 5258, 5860) (HR. Daud:3037)

Follow ISNAD on TELEGRAM
https://telegram.me/isnadnet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

_*NASEHAT UNTUK SEKIRANYA TIDAK MEMONDOKKAN ANAK SEBELUM MENCAPAI BALIGH*_

_*Telah Di Periksa Oleh Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Bin Soekojo Al Indonesiy حفظه الله تعالى*_                بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَن...