PENAMPILAN 'ABDULLÔH BIN MAS'UD -RODHIYALLOHU 'ANHU

PENAMPILAN 'ABDULLÔH BIN MAS'UD -RODHIYALLOHU 'ANHU

'Abdullôh bin Sakhbaroh -rohimahullohu- mengatakan: "Dahulu aku bersama 'Abdullôh
bin Mas'ud, dia adalah seorang lelaki berkulit sawo matang, terlihat padanya sisa-sisa ketampanan, memiliki kulit yang lembut dan daging yang sedikit".

Hasan. Diriwayatkan Al-Hakim di Al-Mustadrok No. 5370

'Abdullôh bin Mas'ud -rodhiyallohu 'anhu- berkata bahwa dahulu beliau memetik kayu siwak dari jenis kayu Araak. Beliau memiliki dua betis yang kecil, lalu datanglah angin yang membuat beliau terhuyung, sehingga orang-orang menertawakannya.
Maka Rosulullōh Shollallōhu 'Alaihi Wasallam bertanya: "Apakah perkara yang membuat kalain semua tertawa?". Mereka menjawab: "Wahai Nabiyullōh, sebab kecilnya kedu betisnya". Maka beliau bersabda:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، لَهُمَا أَثْقَلُ فِي الْمِيزَانِ مِنْ أُحُدٍ

"Demi Yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sungguh kedua betis itu lebih berat dalam timbangan dari (bukit) Uhud".

Shohih dengan penguat hadits-hadits yang lain. Hadits ini riwayat Ahmad No. 3991, dengan sanad hasan. Semua perowinya adalah perowi Shohih Al-Bukhori atau pun Muslim, kecuali 'Ashim bin Abi Nujud.

Dalam riwayat yang lain dari 'Ali -rodhiyallohu 'anhu-, dia berkata: "Rosulullōh Shollallōhu 'Alaihi Wasallam menyuruh Ibnu Mas’ud untuk memanjat sebatang pohon, beliau menyuruhnya untuk mengambil sesuatu dari pohon itu.
Maka para shohabat Nabi melihat betis' Abdullôh bin Mas’ud ketika dia memanjat pohon tersebut, sehingga mereka menertawakannya disebabkan kedua betisnya yang kecil.

Rosulullōh Shollallōhu 'Alaihi Wasallam bersabda:

ماَتَضْحَكُونَ؟ لَرِجْلُ عَبْدِاللّهِ أَثْقَلُ فِي الْمِيزَانِ يَوْمَ الْقِيَا مَةِ مِنْ أُحُدٍ

"Apa yang kalian semua tertawakan? Sungguh kaki 'Abdullôh pada hari kiamat lebih berat dalam timbangan dari (bukit) Uhud".

Shohih dengan penguat hadits-hadits yang lain. Hadits ini adalah riwayat Ahmad No. 920, dengan sanad yang hasan. Semua perowinya adalah perowi Shohih Al-Bukhori dan Muslim, kecuali Ummu Musa.

Qois bin Abi Hazim -rohimahullohu- berkata: "Aku telah melihat 'Abdullôh bin Mas'ud, seorang lelaki yang tipis dagingnya".
Shohih. Diriwayatkan Ibnu Sa'ad di Ath-Thobaqot Al-Kubro (3/116).

Juga merupakan perkara yang dikenal dari beliau, dimana beliau menjaga penampilannya seperti memakai pakaian yanh putih bersih, minyak wangi, dan merapikan rambutnya.
Lihat: Sifat As-Shofwah li Ibnu Jauziy (1/149)

Hubairoh bin Maryam -rohimahullōh- berkata:

"Dahulu rambut 'Abdullôh bin Mas'ud sampai ke tulang bahunya. Apabila dia melakukan sholat maka dia menyisipkan rambutnya ke belakang telinganya". Hadits Hasan. Diriwayatkan Ibnu Sa'ad di Ath-Thobaqot Al-Kubro (3/117).

Dalam riwayat yang lain, Hubairoh -rohimahullohu- berkata: "Dahulu 'Abdullôh memiliki rambut yang dia angkat ke atas telinganya, sepertinya dibentuk dengan madu". Hadits Hasan. Diriwayatkan Ibnu Sa'ad di Ath-Thobaqot Al-Kubro (3/117).

:books: Sumber: kitab 'Pengajaran dan faedah perjalanan hidup Abdulloh bin Mas'ud' karya Abu Ja'far Al-Minangkabawiy -hafidzohullohu-, halaman 2-5, Penerbit Majaalis Ahlusunnah

:arrow_right: Follow ISNAD on TELEGRAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...