TAKBIR ‘IEDUL FITHR

TAKBIR ‘IEDUL FITHR

1       Hukum takbir ‘Iedul Fithr.

(وَلِتُكْمِلُوا العِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ عَلَى مَاهَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ)

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Alloh atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” [QS. Al-Baqoroh:185]

Dan takbir pada hari ‘Iedul Fithr adalah mustahab, dan ini adalah pendapat Jumhur Ahlul ‘Ilmi. [lihat “Al-Mughni” (2/368)]

2       Kapan memulai takbir ketika ‘Iedul Fithr?

An-Nawawi rohimahulloh mengatakan:

وَأَوَّلُ وَقْتِ تَكْبِيْرِ الفِطْرِ إِذَا غَابَتِ الشَّمْسِ مِنْ لَيْلَةِ الفِطْرِ لِقَولِهِ عَزَّوَجَلَّ (وَلِتُكْمِلُوا العِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ عَلَى مَاهَدَاكُمْ) وَاِكْمَالُ العِدَّةِ بِغُروبِ الشَّمْسِ مِنْ لَيلَة الفِطْرِ

“Awal waktu takbir fithr apabila tenggelam matahari pada malam (‘Ied) fithr, sebagaimana firman Alloh:

(وَلِتُكْمِلُوا العِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ عَلَى مَاهَدَاكُمْ)

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Alloh atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” [QS. Al-Baqoroh:185]

Maka menyempurnakan bilangan adalah dengan tenggelamnya matahari dari malam (‘ied) fithri.” [lihat “Al-Majmu’” (5/30)]

3   Disunnahkan menampakkan takbir ketika malam ‘Iedul Fithr.

Az-Zuhri rohimahulloh mengatakan:

» أظهروا التكبير يوم الفطر ؛ فإنه يوم تكبير«

“Tampakkanlah takbir pada hari (‘Ied) fithr, karena itu adalah hari takbir.” [lihat “Ahkamul ‘Iedain” oleh Al-Firyabi (no.38)]

Ibnu Qudamah rohimahulloh mengatakan:

«يُسْتَحَبُّ لِلنَّاسِ إِظْهَارُ التَّكْبِيْرِ فِي لَيْلَتَي العِيْدَينِ فِي مَسَاجِدِهِمْ وَمَنَازِلِهمْ وَطُرُقِهِمْ مُسَافِرِينَ كَانُوا أَوْ مُقِيْمِيْنَ لِظَاهِرِ الآيةِ الَمذْكُورَةِ»

“Disukai bagi orang-orang menampakkan takbir pada malam dua ‘Ied (‘iedul fithri dan ‘iedul Adha) di masjid, rumah dan jalan-jalan mereka, dalam keadaan musafir maupun muqim sebagaimana dzohir ayat (QS. Al-Baqoroh:185) yang telah disebuntukan.” [Al-Mughni (2/225)]

4     Disunnahkan bertakbir ketika hendak menuju Musholla ‘Ied

عَنِ ابْنِ عُمَرَ: « أَنَّهُ كَانَ يُكَبِّرُ إِذَا غَدَا إِلَى المُصَلَّى يَومَ العِيْدِ«

Dari ‘Ibnu ‘Umar; bahwasanya beliau bertakbir apabila pergi ke Musholla pada hari ‘Ied.” [lihat “Ahkamul ‘Iedain” oleh Al-Firyabi (no.35)]

Ibnu Qudamah rohimahulloh mengatakan:
«وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يُكَبِّرَ فِي طَرِيْقِ العِيْدِ وَيَجْهَرُ بِالتَّكْبِيْرِ»

“Disukai untuk bertakbir ketika dalam perjalanan (menuju musholla) ‘Ied serta mengeraskan dengan takbir.” [lihat “Al-Mughni” (2/225)]

5    Kapan akhir waktu takbir ‘Iedul Fithr?

Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rohimahulloh mengatakan:

«فَإِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ آخِرُ يَومٍ مِنْ رَمَضَانَ سَنَّ التَّكْبِيرُ المُطْلَقُ مِنَ الغُرُوبِ إِلَى أَنْ تُفْرَغَ الخُطْبَةَ، لَكِنْ إِذَا جَاءَت الصَّلاَةُ فَسَيُصَلِّي الإِنْسَانُ وَيَسْتَمِعُ الخَطْبَةَ بَعدَ ذَلِكَ.وَلِهَذَا قَالَ بَعْضُ العُلَمَاء: مِنَ الغُرُوبِ إِلَى أَنْ يُكَبِّرَ الإِمَامُ لِلصَّلاَةِ».

“Apabila matahari telah terbenam dari hari terakhir Romadhon, di sunnahkan untuk bertakbir secara mutlak dari terbenamnya matahari sampai selesai khutbah, akan tetapi apabila telah datang waktu sholat, manusia menunaikan sholat dan mendengarkan khutbah, oleh karena itu sebagian ‘Ulama berkata: dari terbenamnya matahri sampai imam bertakbir untuk sholat.” [lihat “Syarhul Mumti’” (5/157)]

TANBIH:
takbir mutlak maksudnya adalah setiap saat. Al-Qodhi ‘Iyadh rohimahulloh mengatakan: “Mutlak adalah pada setiap keadaan, di pasar-pasar dan pada setiap saat.” [lihat Al-“Mughni” (2/369)]

6     Lafadz takbir ‘Ied!

Takbir dari ‘Abdulloh bin Mas’ud rodhiyaAllohu anhu dengan sanad shohih:

«اللهُ أَكْبَر، اللهُ أَكْبَر، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر وَللهِ الحَمْد»

[HR. Ath-Thobroni dalam “Al-Kabir” (no.9538) Ibnu Abi Syaibah (no.5653) Ibnu Muldzir (4/304) dishohihkan oleh Asy-Syaikh Zayid dalam “Ahkamul ‘Iedain” (no.277)]

Takbir Ibnu ‘Abbas rodhiyaAllohu anhuma dengan sanad shohih:

«اللهُ أَكْبَر كبيرًا، اللهُ أَكْبَر كبيرًا وأَجل، اللهُ أَكْبَر وَللهِ الحَمْد»

[HR. Ibnu Abi Syaibah (1/489) Ibnu Mundzir (4/301) dishohihkan oleh Asy-Syaikh Zayid dalam “Ahkamul ‘Iedain” (no.277)]

Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rohimahulloh mengatakan:

«وَالمَسْأَلَةُ لَيْسَ فِيْهَا نَصٌّ يَفْصِلُ بَينَ المُتَنَازِعَيْنَ مِنْ أَهْلِ العِلْمِ، وَإِذَا كَانَ كَذِلَكَ فاَلأَمْرُ فِيْهِ سَعَةٌ، إِنْ شِئْتَ فَكَبِّرْ شَفْعًا، وَإِنْ شِئْتَ فَكَبِّرْ وِتْرًا، وَإِنْ شِئْتَ وِتْرًا فِي الأُولَى وَشَفْعًا فِي الثَّانِيَةِ».

“Dan pada permasalahan ini tidak ada nash yang menerangkan di antara yang berselisih dari Ahlul ‘Ilmi. Dan kalau perkaranya seperti ini, maka permasalahan dalam hal ini ada keleluasaan, terserah engkau mau bertakbir dengan genap, atau engkau ingin bertakbir dengan witir, atau engkau ingin witir di awal dan dengan bilangan genap di kedua.” [lihat “Asy-Syarhul Mumti’” (5/171)]

7      Hukum takbir ‘Ied bagi wanita!

 Ibnu Rojab rohimahulloh mengatakan:
«وَلاَ خِلَافَ فِي أَنَّ النِّسَاءَ يُكَبِّرْنَ مَعَ الرِّجَالِ تَبَعًا ، إِذَا صَلَّيْنَ مَعَهُمْ جَمَاعَةً ، وَلَكِنْ المَرْأَةُ تَخْفِضُ صَوْتَهَا بِالتَّكْبِيْرِ» .

“Tidaklah ada khilaf bahwa wanita bertakbir bersama lelaki dengan keadaan mengikuti saja, apabila mereka (wanita) sholat bersama para lelaki dengan berjama’ah, akan tetapi seorang wanita hendaknya melirihkan suaranya ketika bertakbir.” (lihat “Fathul Bari” oleh Ibnu Rojab (9/27)]

8     Hukum takbir ‘Ied berbarengan!

Asy-Syaikh bin Baz rohimahulloh mengatakan:

وَالتَّكْبِيُر الجَمَاعِي مُحْدَثٌ فَهُوَ بِدْعَةٌ. وَعَمَلُ النَّاسِ إِذَا خَالَفَ الشَّرْعَ المُطَهَّرَ وَجَبَ مَنْعُهُ وَإِنْكَارُهُ ؛ لِأَنَّ العِبَادَاتِ تَوْقِيْفِيَّةٌ لاَ يُشْرَعُ فِيْهَا إِلَّا مَا دَلَّ عَلَيهِ الكِتَابُ وَالسُّنَّةُ ، أَمَّا أَقْوَالُ النَّاسِ وَآرَاؤُهُمْ فَلاَ حُجَّةَ فِيهَا إِذَا خَالَفَتْ الأَدِلَّةُ الشَّرْعِيَّةُ... الى قوله:
وَإِنَّمَا هُوَ مِنَ التَكْبِيْرِ المَشْرُوعِ ؛ .. كُلٌّ يُكَبِّرُ عَلَى حَالِهِ»

“Takbir bersama-sama muhdats dan itu adalah bid’ah. Dan perbuatan manusia apabila menyelisihi syari’at yang suci ini wajib untuk di cegah dan di ingkari. Karena ibadah-ibadah ini tauqifiyyah, tidak di syari’atkan kecuali apa yang di tunjukkan oleh Al-Kitab dan As-Sunnah, adapun perkataan manusia dan pendapatnya bukanlah hujjah apabila menyelisihi dalil-dalil syar’i…-sampai perkataan beliau t-: dan yang di syari’atkan adalah seorang muslim bertakbir dengan sifat yang di syari’atkan secara pasti dengan dalil-dalil syar’iyyah yang itu adalah takbir dengan sendiri-sendiri…” [lihat “Kitab Ath-Thoharoh wa Ash-Sholat” (2/219)]

9     Hukum takbir ‘Ied dengan pengeras suara pada setiap selesai Adzan?

Di tanya Syaikhuna Yahya Al-Hajuri hafidzohulloh:
Apa hukum takbir di pengeras suara pada hari-hari ‘Ied pada setiap selesai adzan?

Jawab Asy-Syaikh hafidzohulloh:

«بِهَذِهِ الصِّفَةِ مُحْدَثٌ، يُسْتَحَبُّ لِلعِيدِ سَوَاءٌ فِي السُّوقِ أَو فِي البَيْتِ أَوْ فِي الطَّرِيْقِ أَوْ عَلَى السَّيَّارَةِ أَوْ عَلَى الفِرَاشِ أَوْ مَا إِلَى ذَلِكَ، يُكَبِّرُ، وَأَمَّا تَحَرِّي اتِّفَاقُ الأَصْوَاتِ مَا عَلَيهِ دَلِيْلٌ، وَأَمَّا تَحَرِّي أَنْ يَقُومَ شَخْصٌ يُكَبِّرُ عَلَى المِيكْرُفُونَ فَهَذَا أَيْضًا خَطَأٌ؛ هُوَ لَيْسَ أَذَانًا يُطْلَبُ إِسْمَاعُ النَّاسِ إِيَّاهُ».

“Dengan sifat seperti ini muhdats, disukai (mustahab) ketika ‘Ied; sama saja apakah di pasar, di rumah, di jalan, di kendaraan, di kasur atau dimanapun untuk bertakbir. Adapun terus menerus untuk berbarengan suara, (maka) tidak terdapat padanya dalil. Adapun  terus menerusnya seseorang untuk bertakbir di mikrofun, ini juga salah, karena hal itu (takbir) bukanlah adzan yang di tuntut diperdengarkan manusia tentang hal itu.” [lihat “Kanzuts Tsamin” (2/476)]


ust. Fuad Hasan Abu Muhammad ngawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta

Berhutang Atau Berniaga Lebih Baik Daripada Meminta-minta Ditulis oleh: Abu Fairuz Abdurrohman Al Qudsy Al Jawy Al Indonesy -semoga Alloh me...