TAKBIR ‘IEDUL FITHR
1 Hukum takbir ‘Iedul Fithr.
(وَلِتُكْمِلُوا العِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ عَلَى
مَاهَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ)
“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu
mengagungkan Alloh atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu
bersyukur.” [QS. Al-Baqoroh:185]
Dan takbir pada hari ‘Iedul Fithr adalah mustahab, dan ini adalah
pendapat Jumhur Ahlul ‘Ilmi. [lihat “Al-Mughni” (2/368)]
2 Kapan memulai takbir ketika ‘Iedul
Fithr?
An-Nawawi rohimahulloh mengatakan:
وَأَوَّلُ وَقْتِ تَكْبِيْرِ الفِطْرِ إِذَا
غَابَتِ الشَّمْسِ مِنْ لَيْلَةِ الفِطْرِ لِقَولِهِ عَزَّوَجَلَّ (وَلِتُكْمِلُوا
العِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ عَلَى مَاهَدَاكُمْ) وَاِكْمَالُ العِدَّةِ بِغُروبِ
الشَّمْسِ مِنْ لَيلَة الفِطْرِ
“Awal waktu takbir fithr apabila tenggelam matahari pada malam (‘Ied)
fithr, sebagaimana firman Alloh:
(وَلِتُكْمِلُوا العِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا
اللهَ عَلَى مَاهَدَاكُمْ)
“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu
mengagungkan Alloh atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu
bersyukur.” [QS. Al-Baqoroh:185]
Maka menyempurnakan bilangan adalah dengan tenggelamnya matahari dari
malam (‘ied) fithri.” [lihat “Al-Majmu’” (5/30)]
3 Disunnahkan menampakkan takbir ketika
malam ‘Iedul Fithr.
Az-Zuhri rohimahulloh mengatakan:
» أظهروا التكبير يوم الفطر ؛ فإنه يوم تكبير«
“Tampakkanlah takbir pada hari (‘Ied) fithr, karena itu adalah hari
takbir.” [lihat “Ahkamul ‘Iedain” oleh Al-Firyabi (no.38)]
Ibnu Qudamah rohimahulloh mengatakan:
«يُسْتَحَبُّ لِلنَّاسِ إِظْهَارُ التَّكْبِيْرِ
فِي لَيْلَتَي العِيْدَينِ فِي مَسَاجِدِهِمْ وَمَنَازِلِهمْ وَطُرُقِهِمْ مُسَافِرِينَ
كَانُوا أَوْ مُقِيْمِيْنَ لِظَاهِرِ الآيةِ الَمذْكُورَةِ»
“Disukai bagi orang-orang menampakkan takbir pada malam dua ‘Ied
(‘iedul fithri dan ‘iedul Adha) di masjid, rumah dan jalan-jalan mereka, dalam
keadaan musafir maupun muqim sebagaimana dzohir ayat (QS. Al-Baqoroh:185) yang
telah disebuntukan.” [Al-Mughni (2/225)]
4 Disunnahkan bertakbir ketika hendak
menuju Musholla ‘Ied
عَنِ ابْنِ عُمَرَ: « أَنَّهُ كَانَ يُكَبِّرُ
إِذَا غَدَا إِلَى المُصَلَّى يَومَ العِيْدِ«
Dari ‘Ibnu ‘Umar; bahwasanya beliau bertakbir apabila pergi ke Musholla
pada hari ‘Ied.” [lihat “Ahkamul ‘Iedain” oleh Al-Firyabi (no.35)]
Ibnu Qudamah rohimahulloh mengatakan:
«وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يُكَبِّرَ فِي طَرِيْقِ
العِيْدِ وَيَجْهَرُ بِالتَّكْبِيْرِ»
“Disukai untuk bertakbir ketika dalam perjalanan (menuju musholla) ‘Ied
serta mengeraskan dengan takbir.” [lihat “Al-Mughni” (2/225)]
5 Kapan akhir waktu takbir ‘Iedul
Fithr?
Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rohimahulloh mengatakan:
«فَإِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ آخِرُ يَومٍ
مِنْ رَمَضَانَ سَنَّ التَّكْبِيرُ المُطْلَقُ مِنَ الغُرُوبِ إِلَى أَنْ تُفْرَغَ
الخُطْبَةَ، لَكِنْ إِذَا جَاءَت الصَّلاَةُ فَسَيُصَلِّي الإِنْسَانُ وَيَسْتَمِعُ
الخَطْبَةَ بَعدَ ذَلِكَ.وَلِهَذَا قَالَ بَعْضُ العُلَمَاء: مِنَ الغُرُوبِ إِلَى
أَنْ يُكَبِّرَ الإِمَامُ لِلصَّلاَةِ».
“Apabila matahari telah terbenam dari hari terakhir Romadhon, di
sunnahkan untuk bertakbir secara mutlak dari terbenamnya matahari sampai
selesai khutbah, akan tetapi apabila telah datang waktu sholat, manusia
menunaikan sholat dan mendengarkan khutbah, oleh karena itu sebagian ‘Ulama
berkata: dari terbenamnya matahri sampai imam bertakbir untuk sholat.” [lihat
“Syarhul Mumti’” (5/157)]
TANBIH:
takbir mutlak maksudnya adalah setiap saat. Al-Qodhi ‘Iyadh
rohimahulloh mengatakan: “Mutlak adalah pada setiap keadaan, di pasar-pasar dan
pada setiap saat.” [lihat Al-“Mughni” (2/369)]
6 Lafadz
takbir ‘Ied!
Takbir dari ‘Abdulloh bin Mas’ud rodhiyaAllohu anhu dengan sanad
shohih:
«اللهُ أَكْبَر، اللهُ أَكْبَر، لاَ إِلَهَ
إِلاَّ اللهُ وَ اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر وَللهِ الحَمْد»
[HR. Ath-Thobroni dalam “Al-Kabir” (no.9538) Ibnu Abi Syaibah (no.5653)
Ibnu Muldzir (4/304) dishohihkan oleh Asy-Syaikh Zayid dalam “Ahkamul ‘Iedain”
(no.277)]
Takbir Ibnu ‘Abbas rodhiyaAllohu anhuma dengan sanad shohih:
«اللهُ أَكْبَر كبيرًا، اللهُ أَكْبَر كبيرًا
وأَجل، اللهُ أَكْبَر وَللهِ الحَمْد»
[HR. Ibnu Abi Syaibah (1/489) Ibnu Mundzir (4/301) dishohihkan oleh
Asy-Syaikh Zayid dalam “Ahkamul ‘Iedain” (no.277)]
Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rohimahulloh mengatakan:
«وَالمَسْأَلَةُ لَيْسَ فِيْهَا نَصٌّ يَفْصِلُ
بَينَ المُتَنَازِعَيْنَ مِنْ أَهْلِ العِلْمِ، وَإِذَا كَانَ كَذِلَكَ فاَلأَمْرُ
فِيْهِ سَعَةٌ، إِنْ شِئْتَ فَكَبِّرْ شَفْعًا، وَإِنْ شِئْتَ فَكَبِّرْ وِتْرًا، وَإِنْ
شِئْتَ وِتْرًا فِي الأُولَى وَشَفْعًا فِي الثَّانِيَةِ».
“Dan pada permasalahan ini tidak ada nash yang menerangkan di antara
yang berselisih dari Ahlul ‘Ilmi. Dan kalau perkaranya seperti ini, maka
permasalahan dalam hal ini ada keleluasaan, terserah engkau mau bertakbir
dengan genap, atau engkau ingin bertakbir dengan witir, atau engkau ingin witir
di awal dan dengan bilangan genap di kedua.” [lihat “Asy-Syarhul Mumti’”
(5/171)]
7 Hukum takbir ‘Ied bagi wanita!
Ibnu Rojab rohimahulloh
mengatakan:
«وَلاَ خِلَافَ فِي أَنَّ النِّسَاءَ يُكَبِّرْنَ
مَعَ الرِّجَالِ تَبَعًا ، إِذَا صَلَّيْنَ مَعَهُمْ جَمَاعَةً ، وَلَكِنْ المَرْأَةُ
تَخْفِضُ صَوْتَهَا بِالتَّكْبِيْرِ»
.
“Tidaklah ada khilaf bahwa wanita bertakbir bersama lelaki dengan
keadaan mengikuti saja, apabila mereka (wanita) sholat bersama para lelaki
dengan berjama’ah, akan tetapi seorang wanita hendaknya melirihkan suaranya
ketika bertakbir.” (lihat “Fathul Bari” oleh Ibnu Rojab (9/27)]
8 Hukum takbir ‘Ied berbarengan!
Asy-Syaikh bin Baz rohimahulloh mengatakan:
وَالتَّكْبِيُر الجَمَاعِي مُحْدَثٌ فَهُوَ
بِدْعَةٌ. وَعَمَلُ النَّاسِ إِذَا خَالَفَ الشَّرْعَ المُطَهَّرَ وَجَبَ مَنْعُهُ
وَإِنْكَارُهُ ؛ لِأَنَّ العِبَادَاتِ تَوْقِيْفِيَّةٌ لاَ يُشْرَعُ فِيْهَا إِلَّا
مَا دَلَّ عَلَيهِ الكِتَابُ وَالسُّنَّةُ ، أَمَّا أَقْوَالُ النَّاسِ وَآرَاؤُهُمْ
فَلاَ حُجَّةَ فِيهَا إِذَا خَالَفَتْ الأَدِلَّةُ الشَّرْعِيَّةُ... الى قوله:
وَإِنَّمَا هُوَ مِنَ التَكْبِيْرِ المَشْرُوعِ
؛ .. كُلٌّ يُكَبِّرُ عَلَى حَالِهِ»
“Takbir bersama-sama muhdats dan itu adalah bid’ah. Dan perbuatan
manusia apabila menyelisihi syari’at yang suci ini wajib untuk di cegah dan di
ingkari. Karena ibadah-ibadah ini tauqifiyyah, tidak di syari’atkan kecuali apa
yang di tunjukkan oleh Al-Kitab dan As-Sunnah, adapun perkataan manusia dan
pendapatnya bukanlah hujjah apabila menyelisihi dalil-dalil syar’i…-sampai
perkataan beliau t-: dan yang di syari’atkan adalah seorang muslim bertakbir
dengan sifat yang di syari’atkan secara pasti dengan dalil-dalil syar’iyyah
yang itu adalah takbir dengan sendiri-sendiri…” [lihat “Kitab Ath-Thoharoh wa
Ash-Sholat” (2/219)]
9 Hukum takbir ‘Ied dengan pengeras
suara pada setiap selesai Adzan?
Di tanya Syaikhuna Yahya Al-Hajuri hafidzohulloh:
Apa hukum takbir di pengeras suara pada hari-hari ‘Ied pada setiap selesai
adzan?
Jawab Asy-Syaikh hafidzohulloh:
«بِهَذِهِ الصِّفَةِ مُحْدَثٌ، يُسْتَحَبُّ
لِلعِيدِ سَوَاءٌ فِي السُّوقِ أَو فِي البَيْتِ أَوْ فِي الطَّرِيْقِ أَوْ عَلَى السَّيَّارَةِ
أَوْ عَلَى الفِرَاشِ أَوْ مَا إِلَى ذَلِكَ، يُكَبِّرُ، وَأَمَّا تَحَرِّي اتِّفَاقُ
الأَصْوَاتِ مَا عَلَيهِ دَلِيْلٌ، وَأَمَّا تَحَرِّي أَنْ يَقُومَ شَخْصٌ يُكَبِّرُ
عَلَى المِيكْرُفُونَ فَهَذَا أَيْضًا خَطَأٌ؛ هُوَ لَيْسَ أَذَانًا يُطْلَبُ إِسْمَاعُ
النَّاسِ إِيَّاهُ».
“Dengan sifat seperti ini muhdats, disukai (mustahab) ketika ‘Ied; sama
saja apakah di pasar, di rumah, di jalan, di kendaraan, di kasur atau dimanapun
untuk bertakbir. Adapun terus menerus untuk berbarengan suara, (maka) tidak
terdapat padanya dalil. Adapun terus
menerusnya seseorang untuk bertakbir di mikrofun, ini juga salah, karena hal
itu (takbir) bukanlah adzan yang di tuntut diperdengarkan manusia tentang hal
itu.” [lihat “Kanzuts Tsamin” (2/476)]
ust. Fuad Hasan Abu Muhammad
ngawi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar